Yakin Krim Mata dapat Membantu Hilangkan Mata Panda? Cek Fakta dan Cara Alternatif untuk Mengatasi Dark Spot di Bawah Mata
Ilustrasi mata panda atau dark spot di bawah mata (allaboutvision.com)
15:46
19 Februari 2024

Yakin Krim Mata dapat Membantu Hilangkan Mata Panda? Cek Fakta dan Cara Alternatif untuk Mengatasi Dark Spot di Bawah Mata

- Mata panda atau dark spot di bawah mata, menjadi keluhan kulit yang paling umum terjadi, tidak jarang sebagian orang merasa frustasi untuk memperbaiki kondisi hitam di bawah matanya.

Kebanyakan orang dengan kondisi mata panda atau dark spot menggunakan krim mata dan serum, yang memiliki klaim dapat memperbaiki lingkar hitam di bawah mata.

Dilansir dari nytimes.com, sebagian produk krim mata maupun serum belum menjalani uji laboratorium atau uji klinis yang intensif, sehingga kegunaanya juga tidak efektif.

Daniel Friedmann seorang dokter kulit dan direktur peneliti klinis di Westlake Dermatology Austin, Texas, menyatakan bahwa lingkar hitam disebabkan oleh berbagai hal.

Munculnya dark spot juga memiliki berbagai macam warna, seperti ungu, coklat, hingga hitam, dan tidak ada solusi yang universal untuk menghilangkanya.

Apa penyebab lingkar hitam atau dark spot di bawah mata?

Seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata akan menjadi lebih tipis dan kehilangan kolagen, sehingga pembuluh darah di bawahnya bisa menyembul.

Hal tersebut membuat perubahan warna kebiruan di bawah mata, pada saat yang sama, kulit bawah mata juga dapat mengendur.

Selain itu, lingkar mata atau dark spot juga bersifat genetik dan kemungkinan anggota keluarga juga mengalami hal yang sama.

Tidak hanya itu, warna kulit memiliki peran penting dalam menimbulkan gejala dark spot atau mata panda.

Orang dengan kulit lebih gelap mungkin lebih rentan mengalami lingkaran hitam akibat pigmentasi kecoklatan di bawah mata mereka.

Selain itu, alergi, dehidrasi, merokok, kurang tidur, dan menggosok mata, juga dapat memperburuk lingkar hitam.

Bisakah krim mata atau serum membantu kondisi dark spot atau lingkar hitam di bawah mata?

Meskipun terdapat klaim pada kemasan maupun iklan produk krim maupun serum mata yang menyatakan bahwa produk tersebut dapat membantu dark spot di bawah mata.

Menurut Ronald Moy seorang dokter kulit dan ahli bedah plastik di Beverly Hills California, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan produk-produk tersebut dapat menghilangkan lingkar hitam di bawah mata.

Namun, Ronald Moy telah melakukan penelitian terhadap protein di dalam beberapa produk perawatan kulit, terkait dengan faktor pertumbuhan epidermal.

Hasil menunjukkan bahwa faktor tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan sel pada kulit dan terbukti dapat mengurangi kantung mata dan kemungkinan juga dapat mencerahkan lingkar hitam di bawah mata, hingga tingkatan warna tertentu.

Beberapa dokter lainnya juga mengatakan bahwa krim dan serum mata yang mengandung asam hialuronat, antioksidan, atau kafein, dapat meminimalkan lingkaran hitam.

Tetapi, dalam penggunaan produk tersebut hanya sebatas perbaikan sementara dan tidak akan menghilangkan dark spot secara permanen.

Selain itu, beberapa cara alternatif perawatan kulit, seperti laser, pengelupasan secara kimia, jarum mikro, dan fillers, juga dapat membantu mengatasi dark spot atau lingkar hitam di bawah mata.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #yakin #krim #mata #dapat #membantu #hilangkan #mata #panda #fakta #cara #alternatif #untuk #mengatasi #dark #spot #bawah #mata

KOMENTAR