Gaya Anggun Titiek Soeharto Pakai Tas Lokal Karya Ibu-Ibu Desa, Harganya Gak Sampai Rp1 Juta
Titiek Soeharto (Instagram/Titieksoeharto)
19:20
15 Februari 2024

Gaya Anggun Titiek Soeharto Pakai Tas Lokal Karya Ibu-Ibu Desa, Harganya Gak Sampai Rp1 Juta

Gaya Titiek Soeharto mendadak jadi perbincangan di media sosial TikTok. Tak main-main, video yang berisikan gaya anggun Titiek Soeharto sudah ditonton lebih dari 3 juta kali per hari Kamis (15/2/2024).

Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok dengan nama gatessoflight. Cuplikan itu berasal dari acara kampanye Pesta Rakyat Prabowo-Gibran di Gelora Bung Karno (GBK) pada 10 Februari 2024 kemarin.

Dalam video tersebut, Titiek Soeharto nampak sibuk menyapa pendukung Prabowo dan Gibran yang hadir di GBK. Hal yang mencuri perhatian banyak netizen adalah tas Titiek Soeharto.

Titiek Soeharto yang saat itu mengenakan busana biru muda khas Paslon 02 melengkapi penampilannya dengan tas cantik model crossbody. Rupanya tas Titiek Soeharto merupakan koleksi merek lokal.

Informasi ini diketahui dari ukiran nama di bagian depan tas Titiek Soeharto serta komentar sejumlah netizen. Usut punya usut, merek tas putri keempat Soeharto itu adalah Dowa.

"Kenapa pencarian ku harga tas dowa. Ternyata tas lokal oalah, bangganya pakai produk lokal," kata netizen. "Salfok sama tasnya. Aku juga pake tas dowa bu bangga sama produk lokal," sahut yang lain. "Tasnya bu titik jogja pride tas dowa," komentar yang lain.

Merangkum berbagai sumber, Dowa merupakan merek tas rajut lokal asal Yogyakarta. Merek tersebut dirintis oleh seorang ibu rumah tangga bernama Delia Murwihartini pada tahun 1989.

Sebagai pemilik Dowa, Delia Murwihartini ingin memancarkan kesabaran hingga ketekunan melalui produk ciptaannya. Prinsip ini berhasil membawa produk Dowa menembus pasar internasional.

"Keindahan DOWA terletak pada bagaimana kami membuatnya, yaitu perpaduan antara kesabaran, ketekunan, ketelitian, seni kerajinan tangan dan fashion kelas dunia" kata DM alias Delia Murwihartini, dikutip dari website resmi Dowa.

Para pengrajin merek Dowa sebagian besar adalah perempuan yang bekerja dari rumah masing-masing. Mereka tersebar di pedesaan di wilayah kaupaten Kulon Progo, Bantul, dan Sleman.

"Para ibu di pedesaan dapat merajut setelah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga mereka," ujar Delia Murwihartini lagi.

Soal harga, produk tas Dowa dipatok mulai dari Rp225 ribu hingga Rp1,6 juta. Sejauh ini Titiek Soeharto diperkirakan memakai seri Dowa Gaya Crossbody yang harganya hanya Rp800 ribu. Cukup terjangkau, bukan?

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #gaya #anggun #titiek #soeharto #pakai #lokal #karya #desa #harganya #sampai #juta

KOMENTAR