Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ENFJ, Kepribadian Penuh Empati dan Karismatik
Ilustrasi kepribadian ENFJ./Sumber foto: Pexels
11:00
15 Februari 2024

Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ENFJ, Kepribadian Penuh Empati dan Karismatik

 

 

 

 - ENFJ merupakan salah satu di antara 16 kepribadian yang ada di dalam Myers-Briggs Type Indicator alias MBTI.

ENFJ adalah orang yang selalu ingin memberi dampak lebih dalam hidup. Mereka juga tak malu-malu membicarakan dampak tersebut.

Mereka bisa jujur tentang ide dan pendapatnya sambil tetap memperhatikan perasaan orang lain. ENFJ juga biasanya akan mengartikulasikan dan mempertahankan keyakinannya.

Orang-orang ini sangat bersemangat, tetapi mereka tidak membiarkan hal ini mengalihkan perhatian mereka dari kebutuhan orang-orang di sekitar mereka. 

Mereka biasanya berempati dan secara intuitif akan menemukan cara untuk membantu orang-orang di sekitar mereka. Mereka merasa terdorong untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan terus mencari peluang untuk memperbaiki keadaan.

Selain itu, ENFJ biasanya bisa diandalkan, karismatik, dan penuh empati. Dengan kelebihan tersebut, tentu ada beberapa pekerjaan yang cocok mereka jalani.

Dilansir dari Indeed, Kamis (15/2), berikut ini adalah pekerjaan yang cocok untuk tipe kerpribadian ENFJ.

1. Konsultan

Sifat ENFJ yang sangat empati membuat mereka sangat pandai dalam memberikan konseling kepada orang lain. Mereka secara alami cenderung mencoba mempelajari lebih banyak tentang orang-orang di sekitar mereka dan mencari cara untuk membantu. 

Sebagai seorang konsultan, tipe orang ini dapat memuaskan keinginannya untuk membantu orang lain meningkatkan kehidupannya setiap hari.

Beberapa pekerjaan ENFJ terbaik adalah pekerjaan yang berhubungan langsung dengan menciptakan pengalaman positif bagi orang lain.

2. Guru

Salah satu julukan umum untuk tipe kepribadian ENFJ adalah “guru”, jadi tidak mengherankan jika karier ini sangat cocok untuk individu tersebut. Mereka terampil dalam menjelaskan konsep kepada orang lain berdasarkan gaya belajarnya . 

ENFJ juga sangat berempati, yang merupakan keterampilan penting bagi guru yang perlu mengevaluasi dan memahami pikiran dan perasaan siswanya.

Seorang guru dengan kepribadian ENFJ kemungkinan besar pandai berhubungan dengan siswanya dan menemukan cara yang bermakna untuk terhubung dengan mereka.

3. Hubungan Masyarakat (Humas)

Memahami kebutuhan dan motivasi orang lain juga sangat berharga dalam karir humas. ENFJ sering kali menyadari bahwa mereka secara intuitif tahu cara menavigasi situasi sulit atau sensitif.

Mereka juga sangat mengendalikan diri dan mengarahkan diri sendiri, yang membantu mereka unggul dalam bidang yang bergerak cepat ini.

Sifat kreatif individu ENFJ juga berharga dalam hubungan masyarakat karena para profesional ini harus tahu cara menarik perhatian publik secara efektif terhadap merek dan organisasi.

4. Manajer penjualan

Interaksi pribadi penting bagi ENFJ, yang menjadikan mereka kandidat kompetitif untuk peran manajer penjualan.

Orang-orang ini menikmati proses mencari tahu apa yang diminati orang lain dan mengidentifikasi cara-cara untuk memenuhi kebutuhan orang lain. 

Terorganisir dengan baik dan memiliki motivasi diri, seorang ENFJ tidak memerlukan banyak motivasi dari luar untuk membangun daftar klien yang besar.

Tipe kepribadian ini sangat cocok untuk seorang tenaga penjualan yang bekerja dengan produk atau layanan yang diyakini secara pribadi.

5. Direktur Sumber Daya Manusia

Menarik dan mudah bergaul, ENFJ mudah dihubungkan dengan orang lain. Hal ini membuat mereka sangat cocok untuk pekerjaan di bidang hubungan manusia yang bertugas membuat tempat kerja nyaman dan produktif bagi karyawan.

Intuisi seorang ENFJ juga membantu mereka memahami emosi orang lain dengan baik, sehingga menjadikan mereka komunikator yang hebat.

6. Direktur seni

ENFJ sering kali memiliki minat yang kuat pada seni. Mereka juga pandai mengevaluasi dan memahami preferensi orang lain. Semua keterampilan ini dapat ditransfer dengan baik ke posisi direktur seni.

Dalam bidang ini, seorang ENFJ kemungkinan besar akan sangat baik dalam mengidentifikasi konsep-konsep yang menarik bagi banyak orang. Keterampilan mengajar dan komunikasi alami mereka juga berharga untuk menyampaikan ide kepada klien.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pekerjaan #yang #cocok #untuk #kepribadian #enfj #kepribadian #penuh #empati #karismatik

KOMENTAR