Prabowo Subianto Berenang Usai Mencoblos, Akui Ada Masalah Pada Kakinya: Ternyata Ini Sederet Manfaatnya Untuk Lansia
Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto. (Istimewa)
07:14
15 Februari 2024

Prabowo Subianto Berenang Usai Mencoblos, Akui Ada Masalah Pada Kakinya: Ternyata Ini Sederet Manfaatnya Untuk Lansia

Aktivitas Prabowo Subianto yang memilih berenang di kediamannya usai mencoblos di TPS 033 Bojong Koneng, Hambalang, Jawa barat, Rabu (14/2/2024) menjadi sorotan banyak pihak. 

Dalam video yang beredar, Prabowo tampak berenang di kolam renang yang cukup besar. Ia bertelanjang dada dengan penutup kepala dan kacamata renang.

Olahraga ini sendiri dipilihnya secara khusus, karena ia mengaku memiliki masalah pada kaki kirinya. Selain itu, Prabowo juga mengaku merasa lebih segar setelah berenang.

"Karena saya punya masalah dengan kaki kiri saya sudah enggak bisa lagi lari. Jadi berenang paling bagus bagi saya. Dengan berenang, saya bisa merenung di air," tutur Prabowo.

Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto berenang usai mencoblos di kediamannya kawasan Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). [Antara/HO-Tim Media Prabowo]Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto berenang usai mencoblos di kediamannya kawasan Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). [Antara/HO-Tim Media Prabowo]

Ia juga mengaku bisa berenang selama satu jam.

"Tergantung waktu yang tersedia. Kalau bisa satu jam, ya satu jam," ucap Prabowo.

Renang sendiri adalah jenis olahraga aerobik yang aman untuk semua usia, termasuk lansia. Seperti kebanyakan olahraga lain, berenang membantu menjaga kesehatan tulang sehingga dapat menurunkan risiko osteoporosis. 

Setiap gerakan renang membangun kekuatan otot, meningkatkan fleksibilitas tubuh, dan dapat membantui meredakan nyeri sendi. Saat berenang, lansia juga akan belajar mengatur pernapasannya sehingga olahraga ini dapat menjaga kesehatan jantung. 

Bahkan, berenang bisa bantu atasi stres dan depresi lho. Dikutip Alodokter, saat berenang, otak akan melepaskan hormon endorfin lebih banyak. Hormon ini berperan dalam membuat diri merasa nyaman dan bahagia, sekaligus mengilangkan perasaan cemas, takut, panik, sedih, serta stres. 

Beberapa studi juga menyebutkan bahwa renang berguna dalam menstimulasi pertumbuhan sel-sel otak baru dan mengoptimalkan aliran darah ke otak sehingga meningkatkan kemampuan fokusnya. 

Efek meredakan stres ini diduga muncul juga dari potensi menenangkan pada warna airnya yang biru kehijauan serta kegiatan sosialisasi yang bisa Anda lakukan misalnya jika Anda berenang di tempat umum.

Tentu saja, ini bisa bermanfaat bagi Prabowo yang saat ini berusia 72 tahun. Terlebih, berenang yang dilakukannya sehabis mencoblos bisa membuatnya lebih tenang sambil menunggu hasil quick count Pemilu 2024.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #prabowo #subianto #berenang #usai #mencoblos #akui #masalah #pada #kakinya #ternyata #sederet #manfaatnya #untuk #lansia

KOMENTAR