Pria yang Selalu Menyalahkan Orang Lain Atas Kesalahan dalam Hidup, Biasanya Menunjukkan 7 Sikap Ini
ilustrasi seseorang yang menyalahkan orang lain. (Sumber foto: Freepik)
17:48
18 Oktober 2024

Pria yang Selalu Menyalahkan Orang Lain Atas Kesalahan dalam Hidup, Biasanya Menunjukkan 7 Sikap Ini

- Dalam lingkar pertemanan kita, pasti ada seorang pria yang tak mau kalah dan kalaupun salah, ia selalu mencari kambing hitamnya. 

Baik itu hubungan yang gagal, kesempatan yang hilang, atau kemunduran karier, pria-pria ini tidak pernah mau bertanggung jawab, malah menyalahkan orang lain atas setiap rintangan di jalan.   Jika Anda pernah bertanya-tanya apa yang mendorong pria itu tak bertanggung jawab dalam hidupnya, mari kita bahas di sini.    Dikutip dari geediting, inilah alasan pria tak bertanggung jawab dan sering menyalahkan orang lain dalam hidupnya.   

  1) Penghindaran tanggung jawab   Penghindaran tanggung jawab ini merupakan upaya untuk mengalihkan kesalahan kepada orang lain, siapa pun itu, alih-alih mengakui kekurangan mereka sendiri.   Itulah cara mereka menyelamatkan muka dan melindungi ego mereka yang tinggi.    Gagasan untuk mengakui bahwa mereka melakukan kesalahan atau bahwa mereka seharusnya bisa berbuat lebih baik, bagi mereka adalah sesuatu yang salam    2) Ketidakamanan dan harga diri rendah   Saat seorang pria merasa tak mau salah, ketidakamanan adalah sifat yang sering menyertainya.    Ia selalu beranggapan bahwa bila sekali saja melakukan salah, maka dirinya tak aman lagi dan akan dipandang rendah oleh yang lainnya.   3) Rasa berhak yang kuat   Orang-orang seperti ini biasanya merasa bahwa mereka pada hakikatnya berhak mendapatkan hak istimewa atau perlakuan khusus tertentu, terlepas dari kontribusi mereka sendiri atau kurangnya kontribusi tersebut.   Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kepribadian dan Psikologi Sosial menemukan bahwa orang-orang saat ini lebih merasa berhak daripada sebelumnya.   Pria yang memiliki rasa berhak yang kuat sering kali percaya bahwa dunia berutang sesuatu kepada mereka.   Ketika mereka tidak menerima apa yang mereka yakini sebagai hak mereka, mereka akan menyalahkan orang lain atas kegagalan mereka mencapai hasil yang diinginkan.   4) Kurangnya empati  

  Kurangnya empati ini menyebabkan mereka mengabaikan dampak tindakan atau perkataan mereka terhadap orang lain. Yang terpenting adalah mereka sendiri.    Bila mereka menyalahkan orang lain, mereka gagal mempertimbangkan bagaimana kesalahan ini dapat memengaruhi orang yang disalahkan. Mereka tidak mampu menempatkan diri pada posisi orang lain dan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.   5) Resistensi terhadap perubahan   Pria yang sering cari kambing hitam selalu menolak perubahan. Karena perubahan mengharuskan mereka keluar dari zona nyaman dan menghadapi kemungkinan bahwa mereka mungkin menjadi bagian dari masalah.   Alih-alih menerima perubahan sebagai peluang untuk berkembang, mereka justru melihatnya sebagai ancaman.    Mereka berpegang teguh pada pola menyalahkan dan menyangkal yang sudah biasa mereka lakukan karena lebih mudah daripada mengakui bahwa mereka mungkin perlu berubah.   6) Takut gagal  

  Sesungguhnya rasa takut gagal inilah yang menghantui mereka yang selalu tak ingin salah.  Ketakutan ini bukan hanya tentang kegagalan dalam mencapai tujuan. Ketakutan ini juga tentang ketakutan dianggap kurang sempurna, takut dicap sebagai penipu.   Ketakutan ini tentang kerentanan dan kemungkinan penghakiman yang dapat menyertainya.   Dalam upaya putus asa mereka untuk menghindari ketakutan ini, mereka akhirnya menyalahkan orang lain.   7) Kesulitan menerima kritik   Bagi pria yang selalu melemparkan kesalahan pada orang lain, kritik bisa menyakitkan. Mereka tak bisa menilai kritik juga merupakan alat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan.    Pria yang terbiasa menyalahkan orang lain sering kali berjuang dengan pemisahan ini. Mereka melihat kritik sebagai serangan pribadi dan bereaksi secara defensif, sering kali menyalahkan pengkritik daripada mengatasi masalahnya sendiri.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #pria #yang #selalu #menyalahkan #orang #lain #atas #kesalahan #dalam #hidup #biasanya #menunjukkan #sikap

KOMENTAR