Mengenal Nilai dan Motivasi Seseorang dengan Kepribadian INFJ, Salah Satu dari ke-16 Kepribadian yang Memiliki Pandangan Masa Depan
Gambar kekuatan dari seseorang dengan kepribadian INFJ (16personalities.com)
12:08
11 Februari 2024

Mengenal Nilai dan Motivasi Seseorang dengan Kepribadian INFJ, Salah Satu dari ke-16 Kepribadian yang Memiliki Pandangan Masa Depan

 - INFJ adalah salah satu dari enam belas tipe kepribadian yang diciptakan oleh Katharine Briggs dan Isabel Myers. 

Kepribadian INFJ disebut juga dengan konselor karena kecenderungannya yang idealis, penyayang, dan sensitif, serta disebut juga sebagai sang visioner, yang memiliki pandangan dan wawasan yang luas terhadap masa depan

Kepribadian INFJ singkatan dari (Introvert, iNtuitif, Perasaan atau Feeling, dan Penilaian atau Judging).

Orang dengan jenis kepribadian ini akan mendapat energi dari waktu sendirian, fokus pada pemahaman ide dan konsep, dipimpin oleh nilai-nilai dan intuisi, serta pengambil keputusan yang tegas.

Dilansir dari truity.com, kepribadian ini menghasilkan orang-orang yang sangat idealis, autentik, dan berempati. 

Meskipun INFJ cenderung tidak memiliki banyak orang di dekatnya, mereka mereka merupakan seseorang yang menghargai hubungan yang mendalam dan keintiman emosional dengan teman dekat dan keluarga. 

INFJ tersusun dari alfabet yang menandakan ciri utama dari kepribadian jenis ini, berikut penjelasannya.

  • Introvert: seseorang dengan kepribadian ini akan diberi energi oleh waktu sendiri.

  • iNtuitif: kepribadian ini akan fokus pada ide dan konsep dari pada fakta dan detail.

  • Perasaan atau feeling: dalam membuat keputusan, kepribadian ini akan berdasar pada perasaan dan nilai.

  • Penilaian atau judging:  lebih suka terencana dan terorganisir daripada spontan dan fleksibel.

Selain itu, INFJ memiliki nilai dan motivasi yang digunakan untuk menjadikan seseorang dengan kepribadian ini, identik dengan empat ciri utama tersebut. 

Nilai dan Motivasi INFJ

Seseorang dengan kepribadian INFJ akan mengacu pada serangkaian nilai-nilai pribadi yang dipertimbangkan secara mendalam.

Mereka, seseorang dengan kepribadian INFJ, sangat idealis dan dapat dengan jelas membayangkan masa depan yang lebih bahagia dan sempurna. 

Mereka mungkin putus asa karena kenyataan pahit yang ada saat ini, namun mereka biasanya termotivasi dan gigih dalam mengambil tindakan positif. 

INFJ merasakan dorongan dari dalam dirinya untuk melakukan apa yang mereka bisa, sebagai upaya membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Kepribadian ini akan menginginkan kehidupan yang bermakna serta hubungan yang mendalam dengan orang lain. 

Kecenderungan mereka yaitu tidak membagikan diri mereka secara bebas tetapi menghargai keintiman emosional dengan segelintir orang yang terpilih dan berkomitmen. 

Meskipun kehidupan batin mereka yang kaya terkadang membuat mereka tampak misterius atau tertutup bagi orang lain, mereka sangat menghargai hubungan yang dapat dipercaya dengan orang-orang yang mereka percayai.

Sebagai kepribadian yang idealis, INFJ mempunyai banyak gagasan tentang cara memperbaiki masyarakat, sehingga membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

INFJ percaya bahwa dunia yang lebih baik hanya dapat dicapai jika kita berkonsentrasi melakukan hal yang benar dan baik, apa pun konsekuensi jangka pendeknya. 

Tetapi, hubungan harmonis juga sangat penting bagi INFJ. Mereka adalah mediator yang terampil untuk mencari akar masalah sebagai upaya menemukan titik temu dengan pihak lain dan solusi. 

Oleh karena itu, mereka cenderung memilih gaya komunikasi diplomatis dan berhati-hati untuk tidak membuat keributan yang tidak perlu.     

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #mengenal #nilai #motivasi #seseorang #dengan #kepribadian #infj #salah #satu #dari #kepribadian #yang #memiliki #pandangan #masa #depan

KOMENTAR