Mengenal INFJ, Kepribadian Introvert Paling Langkah di Dunia, Suka Menghabiskan Waktu Sendiri
Ilustrasi orang berdiri (Freepik)
17:22
16 Oktober 2024

Mengenal INFJ, Kepribadian Introvert Paling Langkah di Dunia, Suka Menghabiskan Waktu Sendiri

 

Tipe kepribadian INFJ adalah Introvert, Intuitive, Feeling, dan Judging, yang berarti mereka bersemangat saat menyendiri, fokus pada pemahaman ide dan konsep, dibimbing oleh nilai-nilai dan intuisi mereka, dan pembuat keputusan yang tegas. Kombinasi preferensi kepribadian ini menghasilkan orang-orang yang sangat idealis, autentik, dan empatik.

Meskipun INFJ cenderung tidak memiliki banyak teman dekat, mereka menghargai hubungan yang dalam dan keintiman emosional dengan teman dekat dan keluarga mereka. INFJ percaya bahwa dunia dapat menjadi tempat yang lebih baik, dan mereka berkonsentrasi untuk melakukan yang terbaik untuk membantu mewujudkannya.

Dilansir dari truity berikut serba-serbi seorang INFJ

  1. Tipe kepribadian INFJ

INFJ adalah salah satu dari enam belas tipe kepribadian yang diciptakan oleh Katharine Briggs dan Isabel Myers, pencipta Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Masing-masing dari empat huruf kode INFJ menandakan ciri kepribadian utama dari tipe ini. Huruf-huruf INFJ mewakili dimensi kepribadian berikut, berdasarkan karya psikolog CG Jung:

  • Introvert: INFJ bersemangat dengan waktu menyendiri
  • Intuitif: INFJ berfokus pada ide dan konsep daripada fakta dan detail
  • Perasaan: INFJ membuat keputusan berdasarkan perasaan dan nilai-nilai
  • Penilaian: INFJ lebih suka direncanakan dan diatur daripada spontan dan fleksibel
  1. Nilai dan Motivasi INFJ

INFJ dipandu oleh serangkaian nilai pribadi yang sangat dipertimbangkan. Mereka sangat idealis, dan dapat dengan jelas membayangkan masa depan yang lebih bahagia dan lebih sempurna.

Mereka dapat menjadi putus asa oleh kenyataan pahit saat ini, tetapi mereka biasanya termotivasi dan gigih dalam mengambil tindakan positif. INFJ merasakan dorongan intrinsik untuk melakukan apa pun yang mereka bisa untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

INFJ menginginkan kehidupan yang bermakna dan hubungan yang mendalam dengan orang lain. Mereka tidak cenderung berbagi diri secara bebas, tetapi menghargai keintiman emosional dengan beberapa orang terpilih yang berkomitmen. Meskipun kehidupan batin mereka yang kaya terkadang membuat mereka tampak misterius atau tertutup bagi orang lain, mereka sangat menghargai hubungan yang autentik dengan orang yang mereka percaya.

Sebagai idealis sejati, INFJ memiliki banyak ide tentang cara memperbaiki masyarakat dan menjadikan dunia tempat yang lebih baik. INFJ percaya bahwa dunia yang lebih baik hanya dapat dicapai jika kita berkonsentrasi untuk melakukan apa yang benar, terlepas dari konsekuensi jangka pendek. Namun, hubungan yang harmonis juga sangat penting bagi INFJ.

Mereka adalah mediator terampil yang mencari akar sumber konflik untuk menemukan titik temu dengan orang lain. Karena itu, mereka cenderung lebih menyukai gaya komunikasi diplomatis dan berhati-hati untuk tidak membuat keributan yang tidak perlu.

INFJ sangat menghormati potensi manusia dan sangat tertarik untuk memahami pikiran. Karena itu, mereka termotivasi untuk mengejar pengembangan diri yang autentik dan berusaha untuk mencapai potensi sejati mereka, sambil mendorong dan membimbing orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Menurut INFJ yang idealis, jika kita percaya pada kemampuan kita untuk mencapai hal yang luar biasa, hal yang luar biasa itu akan langsung menjadi kemungkinan  "impikanlah dan Anda dapat mencapainya," seperti kata pepatah. Namun, karena integritas dan empati mereka terhadap orang lain, INFJ tidak biasa mengambil jalan pintas atau menyakiti orang lain untuk mencapai keadaan masa depan yang mereka inginkan.

  1. Orang luar melihat INFJ

INFJ sering kali tampak pendiam, peduli, dan sensitif, dan mungkin ditemukan mendengarkan dengan penuh perhatian ide atau kekhawatiran orang lain. Mereka sangat tanggap terhadap orang lain dan ingin membantu orang lain mencapai pemahaman.

INFJ tidak takut dengan masalah pribadi yang rumit; pada kenyataannya, mereka sendiri cukup rumit, dan memiliki kehidupan batin yang kaya yang hanya diketahui oleh sedikit orang. Mereka merenungkan panjang lebar tentang masalah etika, dan merasakan banyak hal secara mendalam.

Karena Konselor awalnya tampak begitu lembut dan pendiam, mereka mungkin mengejutkan orang lain dengan intensitas mereka ketika salah satu nilai mereka terancam atau dipertanyakan. Penampilan luar mereka yang tenang memungkiri kompleksitas dunia batin mereka.

Karena INFJ adalah orang yang sangat kompleks, mereka mungkin enggan bergaul dengan orang lain yang mungkin tidak memahami atau menghargai mereka, dan karenanya sulit untuk dikenali.

Meskipun mereka ingin bergaul dengan orang lain dan mendukung mereka dalam mencapai tujuan, mereka sangat setia pada sistem nilai mereka sendiri dan tidak akan mengikuti orang lain di jalan yang tidak mereka rasa autentik.

Ketika mereka merasa bahwa nilai-nilai mereka tidak dihormati, atau ketika intuisi mereka memberi tahu mereka bahwa niat seseorang tidak murni, mereka cenderung menarik diri.

Kenalan-kenalan INFJ kemungkinan akan menggambarkan mereka sebagai orang yang pendiam, cerdas, serius, lembut, dan mungkin sedikit penyendiri.

Orang lain umumnya menganggap INFJ sebagai orang yang menyenangkan untuk diajak bergaul, tetapi mungkin juga menyadari bahwa mereka bisa murung, menyendiri, atau bahkan agak pemarah pada saat-saat tertentu. Secara keseluruhan, orang-orang yang jarang bertemu dengan mereka cenderung melihat INFJ sebagai orang yang sulit didekati dan bahkan mungkin menganggap mereka sedikit menakutkan.

  1. Seberapa langkah INFJ

INFJ adalah salah satu tipe yang paling langka di antara populasi. Ini adalah tipe yang paling jarang ditemukan di antara pria dan ketiga paling jarang ditemukan di antara wanita (setelah INTJ dan ENTJ ). INFJ terdiri dari:

  • 2,3% dari populasi umum
  • 3,1% wanita
  • 1,4% pria

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengenal #infj #kepribadian #introvert #paling #langkah #dunia #suka #menghabiskan #waktu #sendiri

KOMENTAR