Perawatan Kulit ala Korea: 5 Manfaat Telur untuk Bantu Mengurangi Noda dan Bintik Hitam, Hadirkan Wajah Berseri yang Sehat
Ilustrasi 5 manfaat telur untuk kulit. (Pixabay)
13:40
16 Oktober 2024

Perawatan Kulit ala Korea: 5 Manfaat Telur untuk Bantu Mengurangi Noda dan Bintik Hitam, Hadirkan Wajah Berseri yang Sehat

- Perawatan kulit ala korea telah memberikan banyak manfaat untuk banyak perempuan di dunia. Meskipun sudah terkenal, ada satu tren kecantikan yang belum populer di beberapa belahan dunia yaitu penggunaan telur pada kulit.

Telur merupakan sumber protein yang ideal untuk tubuh, dan juga bagus untuk kulit. Telur memberikan manfaat karena dapat membantu menghilangkan pigmentasi, bintik hitam, dan bahkan kulit kecokelatan akibat sinar matahari.

Protein dan vitamin yang ada dalam telur dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan juga memperlambat penuaan. Telur kaya akan vitamin, mineral, dan unsur lain yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit.

Telur juga mengandung protein, vitamin A, D, E, dan antioksidan yang akan membantu meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya tampak lebih muda. Putih telur sebagian besar terdiri dari air dan protein.

Khususnya albumin yang membantu mengencangkan pori-pori dan meminimalkan garis-garis halus sehingga menghasilkan kulit bertekstur merata. Bagian kuning telur berfungsi membantu menutupi kulit kering karena mengandung minyak dan vitamin sehat yang ideal untuk kulit kering.

Keduanya memiliki sifat yang melembabkan dan mengencangkan. Hal ini membuat telur menjadi salah satu perawatan yang cocok untuk hampir semua jenis kulit. Telur juga mengandung asam amino esensial yang membantu menyembuhkan kulit rusak.

Dilansir dari Health Shots, inilah 5 manfaat telur untuk kulit.

1. Memberikan nutrisi pada kulit

Kuning telur memiliki kandungan lemak dan vitamin yang dapat membantu menghidrasi kulit dan membantu mengurangi kekeringan kulit yang ekstrem. Kandungan ini cocok untuk pemilik kulit kering.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrients menyatakan bahwa telur, khususnya kuning telur mengandung hampir semua vitamin, kecuali vitamin C. Kandungan ini sangat menyehatkan untuk kulit.

2. Mengencangkan kulit

Putih telur mengandung protein yang disebut dengan albumin. Protein ini memiliki efek yang dapat mengencangkan kulit. Albumin juga dapat mencegah pembentukan pori-pori besar dan gari-garis kerutan yang dapat membantu meratakan warna kulit yang tidak merata.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Handbook of Biopolymers menyatakan bahwa albumin yang terdapat dalam putih telur akan secara aktif digunakan sebagai penghilang kerutan.

Putih telur yang dioleskan ke kulit akan membantu mengencangkan kulit serta menghaluskan kerutan pada wajah. Kulit akan terlihat muda dan tidak nampak penuaan.

3. Membersihkan kulit

Telur dapat menjadi salah satu bahan alami untuk membuat kulit yang berseri. Hal ini karena telur mengandung protein yang dapat membantu pengelupasan kulit secara lembut.

Proses ini juga sekaligus membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah. Selain itu, telur juga dapat membantu sekresi sebum yang membantu mencegah jerawat.

Menggunakan telur sebagai bahan perawatan kulit juga dapat mencegah ruam serta kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

4. Menghambat penuaan

Telur memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, dan E. Kandungan ini dapat mempercantik kulit, mempercepat pemulihannya, dan menghambat penuaan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermato Endocrinology mengatakan bahwa produk vitamin E alami ini dapat mencegah ikatan silang kolagen dan peroksidasi lipid. Keduanya dikenal memiliki keterkaitan dengan penuaan kulit.

5. Mengontrol minyak

Konsistensi putih telur yang kental akan membantu menyerap minyak berlebih yang diproduksi oleh sel-sel kulit. Oleh karena itu, perawatan ini cocok untuk orang dengan kulit berminyak atau rentan berjerawat.

Kandungan yang terdapat dalam putih telur ini dapat membantu mencegah kilap dan jerawat, serta meningkatkan kesehatan dan kebersihan kulit.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #perawatan #kulit #korea #manfaat #telur #untuk #bantu #mengurangi #noda #bintik #hitam #hadirkan #wajah #berseri #yang #sehat

KOMENTAR