Jangan Pernah Mengabaikan, Ini 8 Tanda Tubuh Anda Memberi Peringatan Bahwa Sudah Saatnya Beristirahat
Ilustrasi seseorang yang sedang istirahat akibat kelelahan akibat burnout (Freepik/gratispik)
15:46
15 Oktober 2024

Jangan Pernah Mengabaikan, Ini 8 Tanda Tubuh Anda Memberi Peringatan Bahwa Sudah Saatnya Beristirahat

- Mengalami stres dan merasa kewalahan merupakan aspek umum dalam menghadapi tantangan di masa dewasa.

Tetapi jika Anda tidak dapat menenangkan sistem saraf Anda, ini merupakan tanda tubuh Anda memperingatkan Anda bahwa sudah waktunya untuk beristirahat.

Organisasi Kesehatan Dunia mendefinisikan burnout sebagai 'Sindrom yang dikonseptualisasikan sebagai akibat dari stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil dikelola.'

WHO mengkarakterisasi burnout menurut tiga dimensi: Perasaan kehabisan energi dan kelelahan, perasaan jauh dari pekerjaan, dan berkurangnya efikasi profesional.

Kelelahan dapat terjadi seiring waktu, yang berarti tidak selalu mudah untuk menentukan gejala fisik dan psikologisnya. Penting untuk memperhatikan pesan yang dikirim tubuh Anda sehingga Anda dapat merawat diri dengan baik.

Dilansir JawaPos.com dari laman YourTango, Selasa (15/10), berikut delapan tanda tubuh Anda memberi peringatan bahwa sudah waktunya untuk Anda beristirahat.

1. Anda mengalami kelelahan kronis

Jika Anda mengalami kelelahan kronis, itu adalah tanda yang jelas bahwa tubuh Anda memberi peringatan bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. Merasa lelah bahkan setelah tidur semalaman penuh menunjukkan bahwa tubuh Anda sudah melampaui kapasitasnya.

Menyisihkan waktu dari stresor akut di tempat kerja dapat membantu menyegarkan sistem saraf dan memungkinkan Anda mendapatkan istirahat yang dibutuhkan.

2. Anda menderita masalah gastrointestinal

Tanda lain yang menunjukkan bahwa tubuh Anda memberi peringatan bahwa sudah waktunya untuk beristirahat adalah mengalami masalah gastrointestinal yang terus-menerus. Sakit perut, masalah pencernaan, dan perubahan nafsu makan merupakan tanda-tanda kelelahan.

3. Anda mengalami kabut mental

Mengalami kabut otak merupakan tanda bahwa tubuh Anda mengirimkan peringatan bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. Psychology Today mendefinisikan kabut otak sebagai sejenis disfungsi kognitif yang ditandai dengan daya ingat yang buruk, kesulitan fokus, kebingungan, dan kelelahan mental.

4. Anda merasa mati rasa secara emosional

Merasa terputus dari emosi Anda sendiri atau dari orang-orang di sekitar Anda merupakan tanda kelelahan, dan cara tubuh Anda memberi peringatan bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. Merasa terasing dan memiliki perasaan negatif tentang pekerjaan Anda juga merupakan gejala kelelahan.

5. Anda mengalami peningkatan rasa jengkel

Dr. Freudenberger menjelaskan bahwa tanda-tanda perilaku kelelahan meliputi meningkatnya rasa frustrasi dan amarah. Merasa terpicu oleh hal-hal kecil yang biasanya tidak mengganggu Anda merupakan tanda yang jelas bahwa tubuh Anda memperingatkan Anda bahwa sudah waktunya untuk beristirahat.

6. Kamu selalu khawatir

Jika Anda merasa khawatir atau gugup terus-menerus tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu pertanda tingkat kegelisahan Anda sedang berlebihan, sehingga sulit untuk tenang.

Kecemasan dapat menimbulkan serangkaian gejala fisik, seperti jantung berdebar-debar, sesak napas, dan sistem kekebalan tubuh yang menurun, yang dapat menyebabkan penyakit.

Merasa cemas sepanjang waktu merupakan tanda peringatan bahwa sudah waktunya beristirahat dan mengatur ulang sistem saraf Anda.

7. Anda sering mengalami sakit kepala dan nyeri otot

Tanda lain yang memperingatkan tubuh Anda bahwa sudah waktunya beristirahat adalah jika Anda mengalami sakit kepala berulang dan nyeri otot secara keseluruhan. Sakit kepala merupakan indikasi bahwa Anda menahan stres dan ketegangan ekstra dalam tubuh Anda.

8. Anda memiliki perawatan diri yang buruk

Kelelahan sering kali disertai dengan depresi, yang dapat sangat memengaruhi kemampuan Anda untuk merawat diri sendiri pada tingkat yang paling mendasar. Jika Anda merasa perawatan diri Anda menurun drastis, itu pertanda tubuh Anda perlu istirahat.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jangan #pernah #mengabaikan #tanda #tubuh #anda #memberi #peringatan #bahwa #sudah #saatnya #beristirahat

KOMENTAR