Pengaruh Melajang Terhadap Kondisi Mental dan Emosi: Ketahui Bagaimana Pengaruhnya, Baik Atau Buruk?
Ilustrasi seorang perempuan lajang (pexels)
14:58
14 Oktober 2024

Pengaruh Melajang Terhadap Kondisi Mental dan Emosi: Ketahui Bagaimana Pengaruhnya, Baik Atau Buruk?

- Terkadang, menjadi lajang bisa terasa menantang, terutama ketika melihat banyak orang di sekitar yang sedang menjalin hubungan. Mungkin Anda merasa lelah dengan dunia kencan dan ingin mencoba menikmati kesendirian, atau baru saja keluar dari sebuah hubungan dan belum siap untuk terjun kembali ke dunia kencan.

Apapun alasannya, penting untuk diingat bahwa menjadi lajang bukanlah hal yang buruk, dan bahkan bisa menjadi kunci untuk mengembangkan hubungan yang lebih sehat di masa depan.

Menjadi lajang memberi Anda waktu dan ruang untuk mengenal diri sendiri lebih baik. Selain itu, Anda bisa fokus pada perkembangan pribadi tanpa tekanan dari sebuah hubungan.

Dilansir dari kanal Youtube Psych2Go, Senin (14/10), berikut adalah enam cara bagaimana menjadi lajang dapat memengaruhi Anda secara mental dan emosional:

1. Merangkul Kesendirian

Sebuah penelitian dari Pew Research Center pada tahun 2023 menemukan bahwa 30% populasi orang dewasa Amerika mengidentifikasi diri sebagai lajang, baik secara sukarela maupun tidak. Menjadi lajang kadang-kadang adalah pilihan, namun di waktu lain, itu terjadi di luar kendali kita.

Hal yang dapat kita kendalikan adalah sudut pandang kita. Menurut psikolog sosial Teresa E. DiDonato, menjadi lajang bisa menghilangkan tekanan yang seringkali ada dalam hubungan romantis, memungkinkan kita untuk berkembang dan memperbaiki diri tanpa banyak batasan.

2. Menikmati Kesendirian

Bagaimana Anda memandang kesendirian? Apakah Anda menyambutnya atau justru menghindarinya? Kesendirian dapat memunculkan perasaan dan pikiran yang tidak nyaman, namun juga bisa menjadi waktu untuk refleksi diri.

Orang yang nyaman dengan kesendirian cenderung lebih sedikit merasa kesepian dibandingkan mereka yang merasa takut sendirian. Bagi mereka yang lajang, waktu sendirian bisa dimanfaatkan secara konstruktif untuk meningkatkan kualitas hidup.

3. Mengenal Diri Sendiri

Menjadi lajang memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah waktu tanpa batasan dari pasangan romantis. Anda memiliki kesempatan untuk benar-benar mengenal diri sendiri, mengeksplorasi karier, dan menentukan apa yang diinginkan dalam hidup, termasuk dalam hubungan. Tidak ada aturan baku yang menentukan harus dengan siapa Anda menghabiskan hidup, dan waktu ini bisa digunakan untuk memahami tipe orang yang benar-benar cocok untuk Anda.

4. Memahami Cinta dengan Lebih Matang

Cinta muda seringkali digambarkan sebagai penuh gairah, namun seiring bertambahnya usia, pemahaman kita tentang cinta dapat menjadi lebih dalam dan matang. Momen lajang memungkinkan Anda untuk memahami diri sendiri dan kebutuhan emosional Anda sebelum benar-benar berkomitmen pada sebuah hubungan. Ini membantu dalam membangun hubungan yang lebih kuat dan sehat di masa depan.

5. Membangun Ketangguhan Emosional

Membangun kemandirian emosional adalah bagian penting dari pertumbuhan pribadi. Jika Anda takut sendirian, Anda mungkin cenderung berakhir dengan pasangan yang tidak sehat, hanya karena takut akan kesendirian. Namun, dengan melatih ketangguhan emosional, Anda bisa menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada pasangan untuk kebahagiaan.

6. Menghadapi Stigma

Terakhir, banyak orang mungkin menghindari mengatakan bahwa mereka lajang karena takut dihakimi. Meskipun 30% orang dewasa di Amerika mengidentifikasi diri sebagai lajang, banyak yang masih merasa takut ditinggalkan atau kesepian. Hal ini bisa membuat seseorang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat hanya karena takut sendirian. Psikoterapis Anna Jackson mengingatkan bahwa tidak perlu memiliki pasangan untuk merasa lengkap, dan tidak ada rasa malu dalam menjadi lajang.

Menjadi lajang tidak perlu dianggap sebagai sesuatu yang negatif. Ini adalah waktu untuk mengembangkan diri, membangun kemandirian, dan menemukan kebahagiaan sejati tanpa perlu tergantung pada orang lain.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #pengaruh #melajang #terhadap #kondisi #mental #emosi #ketahui #bagaimana #pengaruhnya #baik #atau #buruk

KOMENTAR