Meningkatkan Rasa Kenyang: 6 Manfaat Makan Lambat untuk Tubuh, Lebih Baik daripada Makan Cepat
Ilustrasi manfaat makan lambat untuk tubuh./Pexels
08:47
14 Oktober 2024

Meningkatkan Rasa Kenyang: 6 Manfaat Makan Lambat untuk Tubuh, Lebih Baik daripada Makan Cepat

Makan lambat adalah praktik makan makanan dengan kecepatan yang lebih lambat, yang memungkinkan konsumsi yang lebih penuh perhatian.

Cara ini akan mendorong seseorang untuk mengunyah makanan secara menyeluruh, menikmati rasa, dan memperhatikan sinyal lapar dan kenyang dari tubuh.

Makan dengan lambat juga dapat meningkatkan pencernaan yang lebih baik dan membantu mencegah masalah yang berlebihan.

Makan perlahan biasanya menghabiskan waktu setidaknya 20 hingga 30 menit untuk menyelesaikan waktu makan.

Durasi ini memberi waktu bagi otak untuk mencatat rasa kenyang. Hal ini karena biasanya dibutuhkan sekitar 20 menit bagi lambung untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa ia sudah kenyang.

Dilansir dari Health Shots, inilah manfaat makan lambat untuk tubuh.

1. Pencernaan yang lebih baik

Orang yang mengunyah perlahan memiliki pencernaan yang lebih baik. Makan perlahan memungkinkan seseorang melakukan pengunyahan menyeluruh. Hal ini dapat memecahkan makanan menjadi potongan yang lebih kecil.

Dengan begitu, makanan yang dimakan akan lebih mudah diproses oleh sistem pencernaan. Ini dapat membantu mencegah masalah seperti gas, kembung, dan gangguan pencernaan.

2. Meningkatkan rasa kenyang dan mengontrol nafsu makan

Dalam sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, ditemukan bahwa partisipan yang makan perlahan melaporkan peningkatan rasa kenyang yang lebih besar setelah makan.

Makan perlahan memberi waktu bagi otak untuk mengenali tanda-tanda kenyang. Memperlambat makan juga dapat membantu kalian terhindari dari makan berlebihan dan mengatur ukuran porsi makan dengan lebih baik.

3. Meningkatkan kenikmatan makanan

Meluangkan waktu makan memungkinkan kalian dapat menikmati rasa, tekstur, dan aroma pada makanan di depan kalian. Hal ini dapat membuat makanan terlihat lebih nikmat dan memuaskan.

Dengan begitu, kegiatan makan akan menjadi pengalaman yang lebih bermakna dan menyenangkan.

Menikmati makanan juga akan membuat kalian lebih menghargai apa yang dimakan dan tidak meninggalkan sisa di piring.

4. Manajemen berat badan yang lebih baik

Orang yang makan dengan lambat sering kali lebih menyadari tanda-tanda lapar. Mereka sudah bisa menentukan dan membuat keputusan yang lebih sadar kapan harus berhenti makan.

Dengan pola yang terus berulang, tanpa sadar, hal ini dapat menurunkan konsumsi kalori secara keseluruhan dan membantu menjaga berat badan yang sehat dari waktu ke waktu. Berat badan akan lebih ideal dengan porsi makan yang pas.

5. Peningkatan penyerapan nutrisi

Dengan mengunyah makanan dengan lebih seksama dan makan dengan kecepatan lambat, tubuh dapat mengekstrak lebih banyak nutrisi dari apa yang kalian konsumsi.

Cara ini tentunya bermanfaat untuk tubuh dalam menerima nutrisi yang ada di makanan.

Terutama ketika tubuh membutuhkan nutrisi kompleks seperti karbohidrat kompleks yang memerlukan pencernaan yang tepat untuk diserap dengan baik.

6. Kebiasaan makan yang penuh perhatian

Makan perlahan mendorong kesadaran dan membantu kalian untuk fokus selama makan.

Kesadaran ini dapat meningkatkan hubungan kalian dengan makanan, mengurangi makan karena emosi dan stres, dan mendukung pilihan yang lebih sehat dalam diet.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #meningkatkan #rasa #kenyang #manfaat #makan #lambat #untuk #tubuh #lebih #baik #daripada #makan #cepat

KOMENTAR