Ria Ricis Sempat Lakukan Tari Pagar Saat Nikah Bareng Teuku Ryan, Maknanya Kesiapan Selalu Dukung Suami?
Potret Pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan. (Instagram/@teukuryantr)
15:02
6 Februari 2024

Ria Ricis Sempat Lakukan Tari Pagar Saat Nikah Bareng Teuku Ryan, Maknanya Kesiapan Selalu Dukung Suami?

Usai beredarnya kabar gugatan cerai, Teuku Ryan dan Ria Ricis kini masih menjadi perbincangan. Bahkan, pernikahan keduanya yang dilaksanakan pada 2021 lalu juga menjadi perhatian kembali.

Hal ini karena pernikahan Ria ricis dan Teuku Ryan dilaksanakan secara meriah. Pernikahan keduanya diketahui mengusung adat Palembang pada saat akad. Terlihat Ria Ricis juga sempat melakukan tarian adat Palembang dalam pernikahannya tersebut.

Terlihat dalam unggahan lamanya, Ria Ricis bersama beberapa penari lainnya melakukan gerakan untuk tarian yang dikenal dengan nama Tari Pagar. Tari satu ini menjadi salah satu khas dari pernikahan adat Palembang.

Makna Tari Pagar

Tari yang dilakukan pada pernikahan Teuku Ryan dan Ria Ricis ini juga tidak sembarangan. Pasalnya, tarian ini memiliki makna yang sangat mendalam. Dikutip dari berbagai sumber, Tari Pagar asal Palembang ini memiliki simbol pengantin perempuan telah melepas masa lajangnya dan memasuki fase rumah tangga.

Gerakan yang terdapat dalam tarian ini juga bercerita tentang kesiapan istri untuk selalu mendukung suami demi menciptakan rumah tangga dengan baik. Selain itu, dalam gerakan tarian juga terdapat makna tentang memohon doa restu agar "dua keluarga" yang menjadi satu ini bisa selalu rukun serta dilingkupi kebahagiaan.

Bukan cuma itu, Tari Pagar ini juga mengandung gerakan yang bermakna kalau istri sudah menjadi tanggung jawab suami. Hal ini terlihat sebagai mempelai pria yang akan melihat di belakang pasangan perempuannya saat tarin berlangsung.

Oleh sebab itu, suami memiliki tanggung jawab menafkahi dan menempuh pendidikan kehidupan rumah tangga. Dengan demikian, pergaulan dari kedua pasangan tidak lagi sama seperti masa lajang.

Keduanya, nsudah memiliki tanggung jawab satu sama lain dalam membanggun rumah tangga. Untuk itu, pasangan harus sama-sama memahami dan menghargai satu sama lain. Pasangan juga harus bisa untuk berpegang tangan dalam menghadapi masalah.

Itu dia makna Tari Pagar yang dilakukan pada pernikahan Ria Ricis. Sementara itu, pernikahannya itu juga menghabiskan banyak biaya yang disebut capai miliaran rupiah. Hal ini yang membuat pernikahannya menjadi salah satu yang termegah pada saat itu.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #ricis #sempat #lakukan #tari #pagar #saat #nikah #bareng #teuku #ryan #maknanya #kesiapan #selalu #dukung #suami

KOMENTAR