Apakah Benar Aloe Vera atau Lidah Buaya dapat Mengurangi Hiperpigmentasi? Simak Informasi Berikut Ini
Lidah Buaya dapat Mengurangi Hiperpigmentasi. (healthShots)
11:14
13 Oktober 2024

Apakah Benar Aloe Vera atau Lidah Buaya dapat Mengurangi Hiperpigmentasi? Simak Informasi Berikut Ini

 

 

 - Lidah buaya diyakini efektif dalam mengurangi hiperpigmentasi karena sifat antiinflamasi dan antioksidannya.

Dikutip dari Health Shots, Minggu (13/10), hiperpigmentasi sendiri merupakan suatu kondisi ketika bercak-bercak kulit menjadi lebih gelap daripada kulit di sekitarnya.

Kondisi ini terjadi ketika melanin berlebih, pigmen yang memberi warna pada kulit, diproduksi di area tertentu.

Produksi berlebih ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, cedera, perubahan hormon, pengobatan tertentu, dan kondisi medis yang mendasarinya.

Hiperpigmentasi dapat muncul sebagai bintik-bintik hitam, bercak-bercak, atau perubahan warna dan merupakan masalah kulit umum, seperti dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ginseng Research.

Penyebabnya bisa dari paparan sinar matahari, cedera kulit seperti bekas luka bakar, perubahan hormon serta obat-obatan tertentu termasuk pil KB.

Penting untuk dicatat bahwa ini hanyalah beberapa kemungkinan penyebabnya, dan penyebab spesifik hiperpigmentasi dapat bervariasi.

Senyawa dalam lidah buaya, seperti aloin dan emodin, dapat membantu menghambat produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit.

Selain itu, sifat lidah buaya yang menenangkan dan menghidrasi dapat membantu mengurangi peradangan serta meningkatkan pergantian sel kulit.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine Baltimore, penggunaan gel lidah buaya dapat mengurangi visibilitas hiperpigmentasi.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #apakah #benar #aloe #vera #atau #lidah #buaya #dapat #mengurangi #hiperpigmentasisimak #informasi #berikut

KOMENTAR