5 Fakta Menarik Golongan Darah O dari Sisi Medis, Salah Satunya Disebut Memiliki Daya Ingat yang Tinggi
5 Fakta Menarik Golongan Darah O dari Sisi Medis (pexel)
13:20
4 Februari 2024

5 Fakta Menarik Golongan Darah O dari Sisi Medis, Salah Satunya Disebut Memiliki Daya Ingat yang Tinggi

- Golongan darah O menjadi jenis golongan darah yang paling banyak ditemukan di dunia, bahkan di Indonesia. Jumlah populasinya mencapai sekitar 44 persen di seluruh dunia.

Oleh sebab itu, fakta golongan darah O ini akan menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Dilansir dari siloamhospitals.com, berikut 5 fakta golongan darah tipe O yang ditinjau secara medis.

1. Pendonor Universal

Pemilik golongan darah O telah dikenal oleh masyarakat umum sebagai pendonor universal. Sebab, golongan darah O ini diketahui dapat mendonorkan darahnya ke seluruh golongan darah lainnya, seperti O, AB, A, ataupun B.

Sayangnya, kekurangan seseorang dengan golongan darah O ini hanya bisa memperoleh transfusi darah dari jenis golongan darah O yang sama.

2. Risiko Mengalami Pembekuan Darah Lebih Rendah

Jenis golongan darah O memiliki jumlah protein yang lebih rendah daripada golongan darah lainnya. Hal inilah yang akhirnya membuat risiko terjadinya pembekuan darah pemilik golongan darah O lebih rendah daripada tipe golongan darah A, AB ataupun B.

Meski begitu, pemilik golongan darah O tetap harus berhati-hati dan menghindari segala hal yang dapat memicu terjadinya gangguan pembekuan darah.

3. Risiko Mengalami Alzheimer Lebih Rendah

Golongan darah tipe O diketahui memiliki kadar gray matter yang lebih tinggi daripada golongan darah tipe lainnya. Gray matter ini adalah bagian otak yang berperan penting dalam memproses informasi dan ingatan di dalam otak.

Jika kadar bagian gray matter otak tinggi, maka seseorang akan terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan kemampuan daya ingat, seperti demensia dan Alzheimer.

4. Berisiko Mengalami Masalah Kesuburan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Albert Einstein College of Medicine tahun 2011, wanita bergolongan darah O memiliki kadar hormon perangsang folikel (follicle-stimulating hormone atau FSH) yang lebih banyak dibandingkan golongan darah lainnya.

Untuk diketahui, kadar FSH yang tinggi ini mempengaruhi jumlah cadangan ovum (sel telur) yang rendah (diminished ovarian reserve), sehingga dapat memicu infertilitas pada wanita.

Kendati demikian, hal tersebut tidak begitu saja dapat membuat wanita bergolongan darah O memiliki gangguan kesuburan. Sebab, selain golongan darah, masih banyak faktor lainnya yang memiliki peran besar dalam produksi sel telur pada wanita.

5. Efektivitas Diet untuk Pemilih Golongan Darah O

Diet golongan darah ini didasari dengan suatu teori bahwa, setiap jenis golongan darah memiliki cara yang berbeda untuk tubuhnya dapat mencerna protein lektin (protein yang dapat mengikat gula atau karbohidrat).

Orang dengan golongan darah O ini memiliki kadar protein yang cenderung lebih rendah, sehingga dianjurkan untuk menerapkan diet paleo yang mengutamakan makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat, seperti daging tanpa lemak, ikan, minyak zaitun, dan lain-lain.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #fakta #menarik #golongan #darah #dari #sisi #medis #salah #satunya #disebut #memiliki #daya #ingat #yang #tinggi

KOMENTAR