Ajak Anak-anak Lakukan Petualangan di Alam, Taro Rangers Camp Asah Significant Seven untuk Tumbuhkan 5 Nilai Dasar Kehidupan
Para peserta Taro Rangers Camp. (IST)
14:04
11 Oktober 2024

Ajak Anak-anak Lakukan Petualangan di Alam, Taro Rangers Camp Asah Significant Seven untuk Tumbuhkan 5 Nilai Dasar Kehidupan

– Bersentuhan dengan alam memang diperlukan anak-anak di masa tumbuh kembangnya. Ketika berpetualang di alam terbuka, anak-anak tidak hanya merasakan senang tapi juga bisa belajar tentang nilai-nilai kehidupan.

Hal itu pula yang digagas Taro lewat program Taro Rangers Camp. Mengusung tema The Greatest Adventaro, Taro Rangers Camp dirancang untuk anak-anak dengan kegiatan petualangan outdoor edukatif berbasis experiential learning dan character building. Berlangsung dari 28-29 September 2024 di Taman Safari Bogor, Taro Rangers Camp, mempertemukan 40 peserta anak yang telah disaring dari 400 pendaftar untuk mengeksplorasi, berimajinasi, dan belajar dari pengalaman langsung.

Dalam konferensi pers baru-baru ini, Riza Arief Rahman, VP- Head of Marketing FKS Food, mengungkapkan, Taro Rangers Camp ini merupakan bagian dari komitmen Taro untuk terus mendampingi pertumbungan anak-anak Indonesia. Tentunya lewat kegiatan yang membangkitkan imajinasi  anak-anak menjelajah dunia dengan cara yang kreatif dan mendidik.

“Selama 40 tahun Taro berada, selalu ada petualangan baru. Kali ini, kami tak hanya menyediakan camilan lezat tapi juga ingin memberikan nilai-nilai budi pekerti dan keberanian anak-anak melalui petualangan,” ujar Riza.

Dijelaskan Riza, Taro Rangers Camp berisi kegiatan anak-anak diajak berpetualang untuk mencari harta karun yang mewakili 4 elemen alam penting, yaitu air, api, udara, dan tanah. Petualangan mencari harta karun ini tentunya menghubungkan anak-anak dengan alam.

Dalam pencariannya, peserta atau para rangers akan mendapatkan misi lewat bentuk permainan character building yang seru. Seperti beradu kecepatan memecahkan kode hingga bereksperimen membuat balon roket di pos udara, mencari kunci tersembunyi dalam gundukan tanah hingga menyelesaikan memory game menggunakan ipad di pos tanah, memindahkan fireball melalui pipa hingga eksperimen membuat volcano eruption di pos api, serta menyelesaikan mencari clue di curug di pos air.

Para peserta Taro Rangers Camp dan Riza Arief Rahman, VP- Head of Marketing FKS Food. (IST)

Lalu, ketika mereka selesai melakukan misi permainan, para peserta diminta untuk berekspresi dan mengemukakan pendapat lewat buku jurnal yang dibagikan. Menurut Riza, jurnal ini merupakan salah satu pembeda dan membuat Taro Rangers Camp spesial dibandingkan kegiatan serupa lainnya.

Sebab, mereka diharuskan mencatat, merefleksi diri atas tantangan yang dihadapi di camp, serta mengekspresikan nilai-nilai budi pekerti yang dipetik lewat journaling yang dibantu prosesnya oleh positive discipline coach. Dengan adanya pendampingan psikolog, anak-anak diharapkan mampu mengasah emosi mereka dalam berekspresi. 

“Mereka bisa lebih memahami diri sendiri, mengekspresikan pendapat dengan lebih terbuka, dan membentuk karakter yang lebih baik. Kami berharap akan lebih banyak anak Indonesia dapat menikmati petualangan edukatif yang tak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat untuk masa depan mereka,” ujar Riza.

Lantas, nilai-nilai apa saja yang bisa anak-anak dapatkan dari Taro Rangers Camp?

Seperti yang sudah dikatakan Riza, tujuan diadakannya Taro Rangers Camp adalah agar anak-anak tumbuh dengan karakter baik yang paham akan nilai-nilai kehidupan. Setidaknya, ada 5 nilai dasar yang  akan membantu membentuk karakter mereka dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain compassion (kepedulian), integrity (dapat diandalkan), courage (keberanian), resilience (ketangguhan), hingga creativity (kreativitas).

“Dari pengalaman ngemil yang enak sekaligus menjadi inspirasi ajarkan nilai positif. Kami percaya bahwa masa depan anak-anak terletak pada kesempatan mereka mengeksplorasi, berimajinasi, dan belajar dari pengalaman langsung,” sambungnya.

Ilustrasi. Kegiatan Taro Rangers Camp yang mengunakan pendekatan adventure parenting untuk mengembangkan karakter dan berbudi pekerti. (IST)

Dalam kesempatan yang sama, Damar Wahyu Wijayanti selaku Certified Positive Discipline Parent Educator sekaligus co-Founder goodenoughparents.id, mengungkapkan, sejatinya nilai-nilai yang diterapkan dalam Taro Rangers Camp merupakan hasil dari pengembangan Significant Seven.

Significant Seven sendiri terdiri dari dua bagian, yakni 3 hal yang berkaitan dengan citra diri positif dan 4 Essential Skills atau yang sering dikenal keterampilan hidup. Dua bagian ini menjadi bagian penting dari pembentukan karakter anak, yang ujungnya menghasilkan 5 nilai-nilai kehidupan yang digagas Taro.

Diungkapkan Damar, 3 citra diri positif yang harus dimiliki anak agar tumbuh menjadi individu berkualitas antara lain perasaan mampu, perasaan berharga, dan perasaan memiliki kendali. Tiga citra diri positif ini bisa ditumbuhkan dengan memberi tantangan, eksplorasi, hingga menyelesaikan masalahnya sendiri.

Dari situ akan muncul kreativitas, di mana anak-anak merasa mampu, berharga, dan memiliki kendali atas apa yang terjadi dalam hidup mereka. Lalu, yang juga diasah dalam Taro Rangers Camp adalah 4 Essential Skills.

Pertama keterampilan intrapersonal, hal ini berkaitan dengan mengendalian emosi, mampu menahan diri hingga tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Lalu kedua Keterampilan Interpersonal, hal ini meliputi kemampuan berkomunikasi secara efektif, bernegosiasi, dan berempati dengan orang lain.                                             

Keterampilan-keterampilan ini tentunya muncul dalam kegiatan yang dirancang Taro Rangers Camp. Lalu yang ketiga ada Kemampuan Sistemik. Pada bagian ini, anak mengasah kemampuannya untuk beradaptasi dalam memahami aturan dan norma dengan naik. Dan yang keempat Kemampuan Menimbang, di mana seorang anak bisa membuat keputusan dengan penuh pertimbangan.

“Sehingga harapannya setelah dari Taro Rangers Camp, keterampilan-keterampilan tersebut terasah, hingga muncul 5 nilai yang diterapkan Taro yakni memiliki empati, integritas, keberanian, ketahanan, dan kreativitas,” ujar Damar.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #ajak #anak #anak #lakukan #petualangan #alam #taro #rangers #camp #asah #significant #seven #untuk #tumbuhkan #nilai #dasar #kehidupan

KOMENTAR