Hindari 10 Pantangan di Tahun Baru Imlek, Keberuntungan Akan Menghampirimu Selama Setahun
Warga keturunan Tionghoa bersembahyang di Wihara Boen San Bio, Kota Tangerang, Banten, Senin (31/1/2022) merakayakan Tahun Baru Imlek. (Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
10:36
3 Pebruari 2024

Hindari 10 Pantangan di Tahun Baru Imlek, Keberuntungan Akan Menghampirimu Selama Setahun

 Perayaan Tahun Baru Imlek 2024, diketahui akan jatuh pada 10 Februari 2024 mendatang. 

Tinggal hitungan hari, seluruh masyarakat etnis Tionghoa tak lama lagi akan menyambut Tahun Baru Imlek 2024.

Saat perayaan Imlek tiba, konon menyambutnya dengan senyuman dan kebahagiaan akan membiarkan keberuntungan yang terus berlanjut.

Pada saat yang sama, perayaan Imlek juga melibatkan beberapa aktivitas yang harus dihindari dalam upaya mengharapkan panen yang baik.

Dilansir dari Chinese New Year, Sabtu (3/2), berikut adalah 10 pantangan utama selama Tahun Baru Imlek. Ikuti ini dan keberuntungan akan muncul selama setahun kedepan:

1. Jangan mengucapkan kata-kata negatif

Semua kata-kata yang berkonotasi negatif dilarang selama Imlek! Ini termasuk: kematian, sakit, kekosongan, kesakitan, hantu, miskin, kehancuran, pembunuhan dan banyak lagi.

Alasan di balik ini pelarangan ini jelas. Kita tentu tidak ingin membawa sial pada diri sendiri atau membawa kemalangan tersebut pada kita dan orang yang kita cintai.

2. Jangan memecahkan keramik atau kaca

Melanggar sesuatu saat Imlek akan memutus hubungan kita dengan kemakmuran dan kekayaan. Jika piring atau mangkok terjatuh, segera bungkus dengan kertas merah sambil membisikkan kalimat keberuntungan.

Ada yang mengatakan 岁岁平安 (suì suì píng ān). Hal ini menuntut perdamaian dan keamanan setiap tahunnya. 岁 (suì) juga merupakan homofon dari , yang berarti ‘rusak’ atau ‘hancur.’ Setelah Tahun Baru, buang pecahan yang terbungkus ke danau atau sungai.

3. Jangan membersihkan atau menyapu

Sebelum Festival Musim Semi atau Imlek , ada hari pembersihan untuk menghilangkan kesialan. Namun saat perayaan sebenarnya, hal itu menjadi hal yang tabu. Membersihkan atau membuang sampah justru bisa menghilangkan keberuntungan.

Jika harus membersihkan, pastikan untuk memulai dari tepi luar ruangan dan menyapu ke dalam. Kantongi semua sampah dan buang setelah hari ke-5. Demikian pula, kita sebaiknya tidak mandi pada Hari Tahun Baru Imlek.

4. Jangan menggunakan gunting, pisau atau benda tajam lainnya

Ada 2 alasan di balik aturan, gunting dan jarum tidak boleh digunakan. Di masa lalu, hal ini bertujuan untuk memberi wanita istirahat yang layak.

Benda tajam pada umumnya dipercaya akan memotong aliran kekayaan dan kesuksesan kita. Inilah sebabnya mengapa 99% salon rambut tutup selama liburan. Memotong rambut adalah hal yang tabu dan dilarang sampai semua perayaan selesai.

5. Tidak mengunjungi keluarga istri

Secara tradisional, beberapa generasi hidup bersama. Pengantin wanita pindah ke rumah pengantin pria setelah menikah. Dan tentunya dia akan merayakan Tahun Baru Imlek bersama mertuanya.

Kembali ke orang tua (mudik) di Tahun Baru berarti ada masalah pernikahan dan mungkin juga membawa kesialan bagi seluruh keluarga.

Pasangan hendaknya mengunjungi keluarga istri/suami pada hari ke-2. Pasangan seharusnya membawa anak-anak mereka, serta hadiah sederhana (karena yang terpenting adalah pemikirannya).

6. Tidak menuntut pelunasan utang

Kebiasaan ini menunjukkan sifat pengertian pada orang lain. Hal ini memungkinkan setiap orang berkesempatan untuk merayakan Imlek tanpa khawatir.

Jika kita mengetuk pintu rumah seseorang dan meminta pembayaran kembali, kita akan membawa nasib buruk bagi kedua belah pihak. Namun, permainan ini adil setelah hari ke-5. Meminjam uang juga merupakan hal yang tabu. Kita mungkin harus meminjam sepanjang tahun.

7. Hindari berkelahi dan menangis

Kecuali ada keadaan khusus, usahakan untuk tidak menangis. Namun jika ada anak yang menangis, jangan ditegur. Semua masalah harus diselesaikan secara damai.

Di masa lalu, para tetangga akan datang untuk berperan sebagai pembawa damai jika ada pertengkaran yang terjadi. Ini semua untuk memastikan kelancaran berjalan di tahun yang baru.

8. Hindari minum obat

Usahakan untuk tidak minum obat selama Festival Musim Semi atau Imlek agar tidak sakit sepanjang tahun. Tentu saja, jika Anda sakit kronis atau tiba-tiba terjangkit penyakit serius, kesehatan tetap harus diutamakan.

Beberapa pantangan terkait:

  • Jangan mengunjungi dokter

  • Jangan melakukan/menjalani operasi

  • Jangan tertembak

9. Jangan memberikan berkah tahun baru kepada seseorang yang masih di tempat tidur

Kita seharusnya memberikan berkah Tahun Baru (拜年 / bài nián). Namun biarkan penerimanya bangun dari tempat tidurnya terlebih dahulu.

Jika tidak, mereka akan terbaring di tempat tidur sepanjang tahun. Kita juga tidak boleh menyuruh seseorang untuk bangun. Kita tentu tidak ingin mereka diburu-buru dan diperintah sepanjang tahun.

10. Tabu dalam memberi hadiah di Tiongkok

Telah disebutkan di atas bahwa kita harus membawa hadiah saat berkunjung. Itu adalah pemikiran yang penting, tetapi beberapa hadiah dilarang.

Jam adalah hadiah terburuk. Memberi hadiah jam (送钟 / sòng zhōng) adalah homofon dari memberikan penghormatan terakhir (送终). Pir yang membelah (分梨 / fèn lí) juga merupakan homofon dari pemisahan (分离).

Beberapa daerah juga mempunyai pantangan lokalnya sendiri. Misalnya, dalam bahasa Mandarin, ‘apel’ (苹果) diucapkan píng guǒ. Namun dalam bahasa Shanghai, itu adalah bing1 gu, yang terdengar seperti ‘meninggal karena sakit’.

Hal ini tidak hanya berlaku pada Festival Musim Semi atau Perayaan Imlek, jadi ingatlah hal ini!

Untuk Festival Musim Semi, aturan ini mungkin terkesan berlebihan. Apalagi jika ditambah dengan norma budaya, adat istiadat, dan tata krama.

Tapi seperti kata orang tua, itu semua demi kebaikan kita sendiri. Terbentuk selama ribuan tahun, tabu ini mencerminkan keyakinan, keinginan, dan kekhawatiran masyarakat Tionghoa.

   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hindari #pantangan #tahun #baru #imlek #keberuntungan #akan #menghampirimu #selama #setahun

KOMENTAR