Profil Lengkap Said Aqil, Eks Ketum PBNU Bak Benarkan Cak Imin Soal Ulama Bisa Dibeli Demi Politik
Calon Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu (8/12/2021). Ketua Umum PBNU petahana, Said Aqil Siraj mengumumkan kesediaannya untuk maju sebagai calon Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 di Muktamar ke-34 NU, Lampung. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
09:09
10 Januari 2024

Profil Lengkap Said Aqil, Eks Ketum PBNU Bak Benarkan Cak Imin Soal Ulama Bisa Dibeli Demi Politik

Belum lama ini Cawapres 01 Muhaimin Iskandar mengungkap adanya operasi berduit untuk menggembosi dukungan kiai-kiai PKB kepada pasangan Anies Baswedan dan dirinya.

“Ya ada operasi ke kiai-kiai PKB, supaya tidak bergerak membantu AMIN,” ungkap Cak Imin di Tuban, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023). “Tidak juga disuruh membantu yang lainnya, tapi di-pause supaya tidak bantu AMIN intinya, tapi alhamdulillah mereka tetap bergerak.”

Pernyataan ini kian disorot setelah eks Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj bak ikut membenarkannya. Pasalnya menurut Said Aqil, operasi berduit yang menyasar ulama seperti ini bukan hal baru.

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. [ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi]Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. [ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi]

“Sudah hal yang biasa, yang namanya politik sejak dulu,” beber Said Aqil di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2024).

Bahkan menurutnya praktik semacam ini sudah terjadi sejak masa Dinasti Umayyah dan Dinasti Ottoman.

“Banyak sekali ‘Ulama Isyu’ namanya, Ulama Isyu kalau kata Imam Ghazali, itu ulama yang bisa dibeli,” tuturnya menambahkan.

Pernyataan Said Aqil yang seolah membenarkan apa kata Cak Imin tersebut membuat sosoknya ikut disorot publik. Lantas seperti apa profil lengkap dari KH Said Aqil Siradj?

Profil Lengkap KH Said Aqil Siradj

Mantan Ketum PBNU Said Aqil Siradj di Nasdem Tower, Selasa (9/1/2024). (Suara.com/Rakha)Mantan Ketum PBNU Said Aqil Siradj di Nasdem Tower, Selasa (9/1/2024). (Suara.com/Rakha)

KH Said Aqil Siradj merupakan seorang ulama yang dilahirkan di Cirebon, Jawa Barat pada 3 Juli 1953.

Sosoknya dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena pernah menduduki sejumlah jabatan penting, seperti Ketua Umum PBNU selama dua periode, yakni tahun 2010-2021. Setelahnya, Said Aqil juga menjabat sebagai Mustasyar (Penasihat) PBNU periode 2022-2026.

Selain itu, Said Aqil juga dikenal sebagai Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia serta Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon.

Tentu semua jabatan mentereng ini selaras dengan pendidikan dan latar belakangnya yang tidak main-main. Sebab baik dari sisi sang ayah maupun ibundanya, Said Aqil merupakan keturunan dari Sayyidah Fatimah Az Zahra binti Rasulullah Muhammad SAW. Selain itu, Said Aqil juga merupakan keturunan Sunan Gunung Jati.

Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) dan Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK), Said Aqil Siroj dalam acara Konsolidasi Kebangsaan LPOI dan LPOK, Jumat (8/9/2023). (Suara.com/Bagaskara)Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) dan Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK), Said Aqil Siroj dalam acara Konsolidasi Kebangsaan LPOI dan LPOK, Jumat (8/9/2023). (Suara.com/Bagaskara)

Sedangkan untuk pendidikannya, Said Aqil tercatat pernah mengenyam pendidikan tingkat S1 di Fakultas Ushuluddin Universitas King Abdul Aziz, Jeddah serta di Institut Agama Islam Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Kemudian Said Aqil melanjutkan studi ke jenjang S2 Perbandingan Agama di Universitas Ummul Qura, Mekkah dan lulus pada tahun 1987. Lalu dilanjutkan ke jenjang S3 Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam di universitas yang sama dan lulus pada tahun 1994.

Said Aqil juga memperdalam ilmu agama Islam di Pondok Pesantren Al Munawwir Yogyakarta, Ponpes Lirboyo Kediri, serta Ponpes KHAS Kempek Cirebon yang diasuh sendiri olehnya.

Sedangkan untuk kehidupan pribadinya, ulama berusia 70 tahun ini menikah dengan Hj. Nur Hayati Abdul Qodir dan dikaruniai empat orang anak, yakni Muhammad Said Aqil, Nisrin Said Aqil, Rihab Said Aqil, serta Aqil Said Aqil.

Editor: Agatha Vidya NariswariElvariza Opita

Tag:  #profil #lengkap #said #aqil #ketum #pbnu #benarkan #imin #soal #ulama #bisa #dibeli #demi #politik

KOMENTAR