Tahun Baru Imlek 2024 Akan Tiba, Inilah 9 Tradisi yang Dipercaya Bawa Hoki!
Ilustrasi Lentera pada Tahun Baru Imlek (Pixabay/Lancier)
17:30
29 Januari 2024

Tahun Baru Imlek 2024 Akan Tiba, Inilah 9 Tradisi yang Dipercaya Bawa Hoki!

 

 – Imlek menjadi salah satu Hari Raya bagi masyarakat Tionghoa, dimana pada tahun ini, Imlek akan jatuh pada 10 Februari 2024 mendatang. 

Dalam merayakan Tahun Baru Imlek, setiap keluarga tentu memiliki cara dan kebiasaannya masing-masing.

Namun, ada beberapa tradisi turun-temurun yang dipercaya bisa membawa keberuntungan dan selalu dilakukan saat Hari Raya Imlek.

Dikutip dari Top China Travel, Senin (29/1), beberapa tradisi yang dianggap membawa keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa adalah sebagai berikut.

  1. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah menjelang tahun baru merupakan tradisi yang sangat tua bagi masyarakat Tionghoa.

Setelah membersihkan rumah bagian luar dan dalam, nasib buruk yang selama ini terkumpul sepanjang tahun bisa dibuang dan akan mendatangkan nasib baik di tahun baru.

  1. Mendekorasi rumah menjadi cantik

Membersihkan segalanya berarti awal baru untuk tahun depan yang akan datang. Dengan mendekorasi rumah, energi positif di dalam rumah dapat terjaga dengan baik.

Dekorasi untuk tahun baru biasanya adalah bunga, kuplet, simpul cina, gambar tahun baru, dan potongan kertas di jendela. Warna merah dan emas merupakan warna utama untuk dekorasi.

Letakkan beberapa buah-buahan segar juga di rumah, seperti apel, jeruk, pomelo (jeruk bali), dan anggur melambangkan simbol kemakmuran.

Jangan ragu untuk menyiapkan beberapa hiasan untuk menyambut tahun baru yang penuh keberuntungan dan berbuah.

  1. Membeli baju baru

Di awal tahun baru cina, semua hal akan diperbarui dan suasana baru akan datang dari dalam hingga luar. Akibatnya, masyarakat Tiongkok menganggap perlu memakai pakaian baru untuk menyambut tahun baru.

Terlebih lagi, memakai pakaian baru adalah cara yang dipercaya mampu mengusir kejahatan dan mendapatkan keberkahan yang baik.

Namun sebaiknya diingat untuk memilih warna cerah dan menghindari warna hitam. Secara umum, warna merah adalah warna paling beruntung untuk Tahun Baru Imlek.

  1. Makan malam reuni keluarga

Tahun Baru Imlek adalah waktu yang tepat untuk reuni keluarga. Mengadakan 'makan malam reuni' yang beruntung bersama keluarga adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan untuk Festival Musim Semi.

Ini hal yang sangat bermanfaat untuk menyiapkan beberapa makanan keberuntungan seperti pangsit dan ikan sebagai harapan untuk kemakmuran.

Karena kata 'ikan' dan 'keuntungan' memiliki pelafalan yang sama dalam bahasa Mandarin. Biasanya orang Tiongkok tidak akan memakan ikan utuh untuk hidangan besar ini karena mereka ingin meminta niat baik agar memiliki keuntungan dari tahun ke tahun.

  1. Mengenakan sesuatu yang berwarna merah

Mengenakan sesuatu yang berwarna merah adalah cara yang baik untuk mendapat keberuntungan maksimal dan memperingatkan roh jahat.

Jika itu tepat pada tahun zodiak seseorang, 'benming nian' dalam bahasa Mandarin, maka mengenakan sesuatu berwarna merah merupakan keharusan, seperti baju merah, kaus kaki, dan pakaian dalam.

Beberapa orang lebih suka memakai warna merah di bagian dalam karena ini akan meningkatkan energi dan kebahagian dari dalam ke luar.

Jika tidak menyukai warna merah, cukup pakai sesuatu dengan warna cerah. Tetap jaga sesuatu tetap berwarna dan masa depan gemilang akan menghampiri di masa depan.

  1. Makan yang manis-manis

Orang akan merasa senang dan bahagia saat memakan sesuatu yang manis dan mengonsumsi makanan manis saat Tahun Baru Imlek akan mencerahkan hidup seseorang, dengan kata lain, mereka dapat memulai tahun baru yang penuh kegembiraan dengan kebahagiaan dan energi.

Tikoy, 'Nianghao' dalam bahasa Mandarin, adalah makanan populer di Sebagian besar wilayah.

Karena pengucapannya yang mirip dalam bahasa Mandarin, memakan 'Nianghao' selama Tahun Baru Imlek memberikan kemungkinan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di tahun baru.

Sementara itu, hal ini juga dilakukan untuk menyiratkan niat baik untuk promosi karir seseorang.

  1. Memberikan Angpao

Orang Tionghoa akan menyelipkan uang di dalam amplop merah dan para orang tua akan memberikan amplop merah tersebut kepada anak-anak.

Tradisi membagikan Angpao memberikan harapan terbaik bagi generasi muda, sekaligus membawa keberuntungan bagi pemberinya.

Biasa orang dewasa yang sudah bekerja juga akan memberikan Angpao kepada orang tua dan kakek-neneknya yang artinya mendapatkan keberuntungan dan kesehatan.

Yang dimaksud adalah untuk menghindari angka '4', yang memiliki arti 'kematian' dalam bahasa Mandarin.

Sebaliknya, cobalah memilih angka keberuntungan seperti '6' (Semuanya berjalan lancar) dan '8' (Semoga berhasil dalam menghasilkan uang.)

  1. Ucapkan kata-kata keberuntungan

Orang Tionghoa akan melakukan kunjungan Tahun Baru ke kerabat dan teman mereka selama Tahun Baru Imlek untuk berbagai keberuntungan dan kebahagiaan pada satu sama lain.

Itu adalah sesuatu yang sangat bermakna bagi mereka untuk mengucapkan kata-kata keberuntungan untuk memberikan harapan terbaik di tahun baru.

Ketika seseorang bertemu dengan teman asal Tionghoa pada Tahun Baru Imlek berlangsung, mereka akan senang mendengar kata-kata 'Xin nian hao' (Selamat Tahun Baru), 'Wanshi ruyi' (Semoga kamu mendapatkan yang terbaik), dan 'Gongxi facia' (Semoga kamu penuh rezeki.)

  1. Menyalakan petasan dan kembang api

Sesuai dari cerita legenda tentang hewan bernama 'Nian', tradisi menyalakan petasan dan kembang api adalah salah satu hal pembawa keberuntungan yang dilakukan di Tahun Baru imlek.

Di satu sisi, kebisingan suaranya akan menakuti semua roh jahat. Dan di sisi lain, masyarakat Tiongkok percaya bahwa menyalakan petasan dan kembang api pertama kali saat jam menunjukan tengah malam akan membawa keberuntungan bagi mereka di tahun tersebut.

Selain itu, warna merah dari petasan menandakan hari-hari di tahun baru yang akan booming dan kembang api warna-warni melambangkan masa depan yang cerah.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tahun #baru #imlek #2024 #akan #tiba #inilah #tradisi #yang #dipercaya #bawa #hoki

KOMENTAR