Niat Puasa Ayyamul Bidh, Ini Jadwal berpuasa di Bulan Oktober 2024
Niat Puasa Ayyamul Bidh, Ini Jadwal berpuasa di Bulan Oktober 2024 (Freepik)
09:34
8 Oktober 2024

Niat Puasa Ayyamul Bidh, Ini Jadwal berpuasa di Bulan Oktober 2024

Dalam Islam, ada beberapa puasa sunnah yang bisa dikerjakan umat Muslim pada bulan Oktober 2024. Salah satunya puasa ayyamul bidh. Lantas apa bacaan niat puasa ayyamup bidh Oktober 2024? Simak berikut ini ulasannya.

Diketahui bahwa puasa ayyamul bidh ini merupakan puasa sunnah yang dikerjakan oleh umat Muslim pada setiap pertengahan bulan dalam kalender hijriah, tepatnya pada tangga 13, 14, dan 15 bulan Hijriah.

Untuk melaksanakan puasa ayyamul bidh pun harus membaca niat terlebih dulu. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini bacaan niat puasa ayyamup bidh Oktober 2024 lengkap dengan jadwal, hukum, tata cara, dan boleh atau tidak gabung Qadha Ramadhan.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2024

Berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, bulan Oktober 2024 bertepatan dengan bulan Rabiul Akhir 1446 H. Adapun awal tanggal bulan Rabiul Akhir 1446 H yakni  bertepatan dengan tanggal  4 Oktober 2024.

Baca Juga: 3 Bacaan Latin Sholawat untuk Ibu Hamil Beserta Artinya

Seperti yang telah disebutkan di atas, puasa ayyamul bidh dilaksanakan setiap tanggal 13, 14 dan 15 Oktober bulan Hijriah. Itu artinya, rincian jadwal puasa Ayyamul Bidh Oktober 2024 yakni sebagai berikut:

  • Tanggal 13 Rabiul Akhir 1446 H  bertepatan dengan hari Rabu, 16 Oktober 2024
  • Tanggal 14 Rabiul Akhir 1446 H bertepatan dengan hari Kamis, 17 Oktober 2024
  • Tanggal 15 Rabiul Akhir 1446 H bertepatang dengan hari Jumat, 18 Oktober 2024

Hukum Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh ini hukumnya sunnah. Anjuran puasa ayyamul bidh ini tercantum dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Dawud berikut ini:


وَعَنْ قَتَادَةَ بْنِ مِلْحَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا بِصِيَامِ أَيَّامِ الْبِيْضِ: ثَلاثَ عَشْرَةَ ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ. (رواه أَبُو داود)

Artinya: "Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan RA, ia berkata: 'Rasulullah SAW telah memerintah kami untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15'." (HR Abu Dawud).

Sebelum melaksanakan puasa ayyamul bidh, maka harus membaca niatnya terlebih dulu. Adapun bacaan niatnya seperti berikut ini lengkap dengan tulisan arab, latin dan artinya.

Baca Juga: Ini Sholawat Hari Jumat Penghapus Dosa 80 Tahun, Bacalah 80 Kali

 نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ayyamil bidl lilahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta'al."

Untuk tata cara puasa Ayyamul bidh ini sama seperti puasa pada umumnya. Adapun tata caranya seperti berikut ini:

- Membaca Niat puasa ayyamul bidh

- Dilaksanakan dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau azan maghrib berkumandang.

- Selama puasa dilarang untuk makan dan minum

- Harus menahan hawa nafsu atau hal-hal yang membatal puasa

Bolehkah Menggabung Puasa Ayyamul Bidh dan Qadha Ramadhan

Terdapat perbedaan pendapat terkait hukum menggabungkan puasa Dzulhijjah dengan puasa qadha. Untuk memahaminya, simak penjelasannya untuk setiap pendapat yang dikutip dari situs Nahdlatul Ulama Jabar dan Jatim.

  • Pendapat yang Membolehkan

Hukum menggabungkan puasa ayyamul bidh dan puasa qadha ramadhan ini ada perbedaan pendapat dari para ulama.  Untuk pendapat yang membolehkan ada dalam kitab I'anatut Thalibin milik Sayyid Bakri.

Adapun dalam kitab tersebut menyatakan bahwa menunaikan puasa pada hari-hari yang dianjurkan untuk puasa maka akan dapat keutamaan puasa sunnah di hari tersebut, walaupun niatnya untuk qadha Ramadhan atau puasa nazar.

“Di dalam Al-Kurdi terdapat nash yang tertulis pada Asnal Mathalib dan sejenisnya yaitu Al-Khatib as-Syarbini, Syekh Sulaiman al-Jamal, Syekh ar-Ramli bahwa puasa sunnah pada hari-hari yang sangat dianjurkan untuk puasa memang dimaksudkan untuk hari-hari tersebut. Tetapi orang yang berpuasa dengan niat lain pada hari-hari tersebut, maka dapatlah baginya keutamaan... Ia menambahkan dalam kitab Al-I'ab. Dari sana, Al-Barizi berfatwa bahwa seandainya seseorang berpuasa pada hari tersebut dengan niat qadha atau sejenisnya, maka dapatlah keduanya, baik ia meniatkan keduanya atau tidak.” (Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha ad-Dimyathi, I'anatut Thalibin, juz II, halaman: 224).

Namun jika punya hutang puasa Ramadhan, maka sebaiknya mengutamakan bayar puasa hutang  (qadha) Ramadhan dulu. Jika puasa qadha Ramadhan sudah tuntas, selanjutnya  bisa mengamalkan sunnah puasa ayyamul bidh.

  • Pendapat yang Tak Membolehkan

Menggabungkan puasa qadha Ramadhan dan puasa sunnah seperti puasa ayyamul bidh ini ada ulama yang berpendapat hukumnya tidak boleh. Hal ini dikarenakan jika masih ada puasa hutang Ramdhan makan harus bayar hutang puasa Ramadhan lebih dulu.

Ada ulama yang berpendapat, puasa qadha Ramadhan saat ayyamul bidh ini tidak akan memperoleh keutamaan puasa sunnah pada bulan tersebut. Meski puasa sunnah pada bulan tersebut, namun Ia tak akan dapat pahala puasa sunnnah jika belum bayar puasa hutang Ramadhan.

Demikian ulasan mengenai niat puasa ayyamup bidh Oktober 2024 lengkap dengan jadwal, hukum, tata cara, dan boleh atau tidak gabung dengan puasa Qadha Ramadhan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #niat #puasa #ayyamul #bidh #jadwal #berpuasa #bulan #oktober #2024

KOMENTAR