Tidak Melulu Harus Emas, Mahar Pernikahan atau Tunangan Juga Bisa Pakai Batu Permata
Ilustrasi: Batu permata merupakan jenis perhiasan yang banyak dicari untuk keperluan tunangan dan pernikahan. (Istimewa)
13:40
7 Oktober 2024

Tidak Melulu Harus Emas, Mahar Pernikahan atau Tunangan Juga Bisa Pakai Batu Permata

 Perhiasan emas kini bukan lagi sebuah barang wajib yang dikenakan oleh mereka yang bertunangan atau menikah. Kemajuan zaman dan pola pikir manusia yang kian progresif membuat mereka banyak menggunakan materi lain yang tidak kalah menarik dibanding emas. Salah satunya adalah batu permata.

Batu permata merupakan batu yang dihasilkan dari proses geologi dengan waktu pembentukan yang sangat lama. Batuan ini biasanya terdiri atas satu atau beberapa unsur kimia serta memiliki harga jual yang tinggi sehingga banyak diminati.

Sebelum dijual dalam bentuk perhiasan atau bentuk lainnya, gemstone harus melewati tahap pemolesan untuk meningkatkan keindahan dan kilaunya. Gemstone memiliki warna dan karakteristik yang berbeda-beda karena perbedaan dalam komposisi kimia, struktur kristal, dan proses pembentukannya.

Batu permata, atau gemstone, kini dapat digunakan sebagai perhiasan untuk tunangan serta pernikahan. Perhiasan ini bisa ditemukan di beberapa tempat, salah satunya adalah Pasar Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur.

Billy Tanu, pemilik JETE Fine Jewelry yang berada di sana menuturkan, ada banyak varian batu permata yang bisa digunakan. misalnya batu permata ruby, safir, emerald, topas, citrine, zircon, dan banyak lagi.

"Barangnya didatangkan dari Bangkok dan Sri Lanka. Kualitas batu permata di sana memang salah satu yang terbaik," ujar Billy.

 

Billy muturkan, ia menjual batu permata dari harga Rp 5 jutaan. "Untuk prosesnya tergantung pemesanannya. Kalau yang biasa saja sehari dua hari udah jadi. Tapi kalau yang custom itu bisa 20 hari kerja karena harus menyesuaikan model," ujarnya.

Peminat batu permata, lanjut Billy, juga tidak sedikit. Menurutnya, perhiasan jenis ini sudah punya pangsa pasarnya tersendiri. "Untuk peminatnya sangat bagus ya. Sehari kita bisa menerima pesanan 15-20 pesanan," terangnya.

“Berharap juga kepada pemerintah dapat mendorong pasar batu permata di tanah air lebih luas lagi, merambah dunia internasional," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Pasar Rawa Bening Achmad Subhan mengaku pihaknya memang fokus mengembangkan serta mempromosikan Batu Akik serta Batu Permata di pasar yang dipimpinnya. Pihaknya juga merangkul Asosiasi yang berada di pasar tersebut.

"Kita terus promosikan batu akik serta batu permata. Salah satunya melalui media sosial serta event. Alhamdulillah, hasilnya sangat positif. Pasar kerap kedatangan tamu dari mancanegara seperti Korea dan lainnya. Ini sangat bagus untuk perkembangan pasar, " tutupnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #tidak #melulu #harus #emas #mahar #pernikahan #atau #tunangan #juga #bisa #pakai #batu #permata

KOMENTAR