Ada Merkuri di Produk Kecantikan? Jangan Diabaikan, Ini Dampak yang Terjadi jika Wajah Terkena Merkuri
Ciri-ciri wajah terkena merkuri (Depositphotos)
10:42
26 Januari 2024

Ada Merkuri di Produk Kecantikan? Jangan Diabaikan, Ini Dampak yang Terjadi jika Wajah Terkena Merkuri

– Memilih produk kecantikan tentu tak boleh sembarangan, kita harus mengetahui kandungan apa yang sesuai atau pas untuk wajah kita.

Namun, beberapa orang mungkin juga tak sadar bahwa produk kecantikan yang mereka gunakan mengandung merkuri.

Merkuri saat ini tengah menjadi perbincangan di sosial media lantaran dijadikan produk pemutih kulit secara instan.

Selain itu, produk yang mengandung merkuri juga dipasarkan sebagai pengobatan jerawat, maupun perawatan anti penuaan yang dapat menghilangkan bintik-bintik wajah, kulit kusam, dan kerutan.

Produk kecantikan bermerkuri awalnya memang memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi, yaitu membuat kulit wajah lebih putih.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti jika merkuri bisa mengakibatkan kerusakan kulit wajah jika digunakan dalam jangka Panjang.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jika produk skincare atau kosmetik itu mengandung merkuri?

Kamu bisa melakukan pengecekan pada daftar komposisi, biasanya merkuri tertulis dengan kata mercurous chloride, calomel, mercuric, mercurio, atau mercury.

Jika kamu menemukan kata tersebut dalam kandungan produk kecantikan maka ada baiknya kamu segera menghentikan penggunaannya.

Adapun berikut ini ciri-ciri wajah yang terkena merkuri menurut laman Siloam Hospital (26/1).

1. Iritasi pada Kulit Wajah

Mengalami iritasi di wajah adalah salah satu efek samping merkuri yang paling umum ditemukan.

Iritasi biasanya menimbulkan gejala seperti perih, gatal, dan kemerahan. Sebaiknya segera hentikan penggunaan produk dan konsultasikan dengan dokter dermatologi untuk mencegah kerusakan kulit lebih parah.

2. Kulit Wajah Mudah Terkelupas

Kulit wajah yang sudah terpapar merkuri dalam waktu yang panjang bisa membuat kulit mudah mengelupas dan mengakibatkan rasa perih terus-menerus.

3. Lapisan Kulit Wajah Semakin Menipis

Dampak lainnya dari paparan merkuri adalah kulit wajah akan semakin menipis. Hal ini terjadi karena kulit terlalu sering mengalami pengelupasan dan akan membuat skin barrier rusak. Sehingga, kulit wajah menjadi lebih sensitif.

4. Timbul Jaringan Parut

Jaringan parut biasanya akan muncul saat proses penyembuhan luka akibat masalah kulit tersebut.

Biasanya, kondisi ini cukup sulit diatasi dan memerlukan metode perawatan khusus di klinik atau rumah sakit.

Timbulnya jaringan parut pada wajah juga merupakan salah satu ciri-ciri wajah yang terkena merkuri.

5. Kulit menjadi Ruam Kemerahan

Kandungan yang ada pada krim bermerkuri yaitu merkuri klorida (HgCl2). Senyawa klorida tersebut bisa menyebabkan ruam atau kulit terasa terbakar.

Penggunaan merkuri dalam jangka panjang akan mempercepat munculnya ruam kemerahan disertai dengan rasa panas pada kulit wajah.

6. Perubahan Warna Kulit Wajah

Salah satu ciri-ciri wajah yang terkena merkuri adalah perubahan warna kulit wajah yang menjadi lebih putih secara cepat.

Hal ini disebabkan kandungan senyawa klorida yang mampu menghambat produksi melanin, sehingga kulit bisa putih secara instan.

Namun, perlu diketahui bahwa perlambatan produksi melanin tersebut lama-kelamaan justru dapat menyebabkan perubahan warna kulit tidak merata. Sehingga, berakibat memunculkan flek hitam atau hiperpigmentasi pada wajah.

Penggunaan merkuri pada kosmetik sebenarnya telah dilarang, namun ada saja oknum-oknum tak bertanggung jawab yang masih menggunakan kandungan tersebut demi keuntungan pribadi.

Merkuri yang dapat terserap melalui kulit bisa juga merusak otak, sistem saraf, dan ginjal.

Semakin lama dan sering produk yang mengandung merkuri digunakan, semakin besar pula risiko kesehatannya.

Oleh sebab itu, sangat penting mencari tahu mengenai produk kecantikan yang akan dibeli, jangan sampai hanya tergiur lantaran harganya yang murah dan efeknya yang instan.

Produk kandungan bermerkuri biasanya dikemas dalam wadah tanpa label sehingga kita tidak bisa mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam produk tersebut.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #merkuri #produk #kecantikan #jangan #diabaikan #dampak #yang #terjadi #jika #wajah #terkena #merkuri

KOMENTAR