Tidak Hanya Dikonsumsi, Ada Sabun Pepaya Yang Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kecantikan dan Perawatan Kulitmu!
Ilustrasi buah pepaya yang kaya akan manfaat. (Racool_studio/Freepik)
08:16
5 Oktober 2024

Tidak Hanya Dikonsumsi, Ada Sabun Pepaya Yang Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kecantikan dan Perawatan Kulitmu!

Buah pepaya memiliki segudang manfaat tidak hanya menjadi obat pencahar pencernaan jika dikonsumsi.

Namun bisa sangat berguna untuk perawatan kulit, karena menyimpan banyak vitamin dan antioksidan.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kandungan dalam satu buah pepaya terdapat kalsium, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, K dan antioksidan.

Tidak hanya untuk dikonsumsi pepaya juga kerap kali menjadi bahan utama pembuatan produk perawatan kulit salah satunya sabun pepaya.

Dalam dunia kecantikan dan perawatan kulit sabun yang berbahan dasar pepaya sudah lama diminati karena kandungan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel kulit.

Memiliki kulit sehat dan terawat adalah idaman semua orang, tidak hanya merawat dari dalam perawatan dari luar pun perlu dilakukan untuk bisa mencapai hasil kulit yang diinginkan.

Dengan menggunakan sabun yang berbahan dasar alami seperti pepaya, diyakini bisa mengatasi semua permasalahan pada kulitmu.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa manfaat dari penggunaan sabun pepaya untuk kulit jika digunakan secara rutin, tidak hanya untuk membersihkan kotoran tetapi menjaga kelembaban kulit, dan sebagainya karena kaya akan vitamin C dan antioksidan untuk mengurangi permasalahan pada kulit.

4 Manfaat Menggunakan Sabun Pepaya Secara Rutin

Mengangkat Sel Kulit Mati

Sabun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang diekstraksi dari buah pepaya memiliki kemampuan alami untuk memecah protein yang membentuk struktur sel kulit mati.

Sehingga akan lebih mudah untuk mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit yang bisa membuat kulit terlihat kusam.

Kulit secara alami mengalami regenerasi setiap 28-30 hari, di mana sel-sel kulit baru menggantikan sel-sel kulit lama.

Namun, faktor seperti usia, polusi, atau paparan sinar matahari bisa memperlambat proses ini, menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan.

Dengan menggunakan sabun pepaya secara rutin, proses eksfoliasi alami ini bisa ditingkatkan, membantu menjaga permukaan kulit tetap segar dan bersih dari penumpukan sel mati. Sabun pepaya juga resikonya lebih rendah dalam menyebabkan iritasi.

Mengatasi Jerawat

Bagi kamu pemilik kulit bermasalah dengan jerawat menggunakan sabun pepaya bisa menjadi solusi kebutuhanmu.

Salah satu penyebab utama jerawat adalah pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak berlebih, sabun pepaya memiliki fungsi untuk membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori penyebab jerawat.

Selain membersihkan, papain juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat.

Ini menjadikannya bermanfaat dalam mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat yang meradang.

Sabun pepaya membantu proses regenerasi kulit dengan mempercepat pergantian sel. Proses ini penting untuk menyembuhkan luka bekas jerawat dan memperbaiki kerusakan kulit akibat jerawat, sehingga kulit terlihat lebih halus dan bebas dari bekas jerawat.

Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Enzim papain dalam sabun pepaya mampu meredakan peradangan pada kulit. Ketika sabun ini dioleskan pada area yang mengalami iritasi, seperti gigitan serangga atau luka kecil, papain bekerja dengan cara mengurangi respons inflamasi tubuh.

Kemerahan dan rasa gatal yang sering muncul akibat iritasi atau peradangan bisa berkurang dengan penggunaan sabun pepaya.

Papain bekerja untuk menenangkan kulit yang teriritasi, memberikan efek relaksasi pada area yang bermasalah, sehingga rasa gatal berkurang.

Papain membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Ini menjadikan sabun pepaya efektif dalam merawat luka ringan dan mengurangi bekas luka yang mungkin timbul.

Mencerahkan Kulit

Hiperpigmentasi terjadi ketika kulit mengalami peningkatan produksi melanin, yang menyebabkan bintik-bintik gelap atau bercak-bercak di permukaan kulit.

Penggunaan sabun pepaya secara rutin dapat membantu meratakan warna kulit dengan mempercepat pengangkatan sel-sel kulit mati yang menumpuk di area hiperpigmentasi.

Warna kulit yang tidak merata sering disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati, paparan sinar matahari, atau bekas jerawat.

Sabun pepaya dapat membantu memperbaiki masalah ini dengan cara meratakan warna kulit, mengangkat sel kulit mati lapisan kulit yang baru dan lebih segar akan muncul ke permukaan, membuat kulit terlihat lebih bersih dan cerah.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tidak #hanya #dikonsumsi #sabun #pepaya #yang #memiliki #segudang #manfaat #untuk #kecantikan #perawatan #kulitmu

KOMENTAR