Dampak Buruk Konsumsi Protein Berlebihan Bagi Tubuh, Termasuk Lelah Tanpa Sebab?
protein hewani (freepik)
09:03
4 Oktober 2024

Dampak Buruk Konsumsi Protein Berlebihan Bagi Tubuh, Termasuk Lelah Tanpa Sebab?

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta mendukung fungsi otot dan sistem kekebalan. Namun, mengonsumsi protein dalam jumlah berlebihan juga bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Banyak orang yang menjalani pola makan tinggi protein tidak menyadari bahwa asupan yang mereka konsumsi mungkin sudah berlebihan.

Salah satu tanda bahwa tubuh menerima terlalu banyak protein adalah sering merasa ingin buang air kecil. Ini terjadi karena ginjal hanya mampu memproses sejumlah protein dalam satu waktu, sehingga limbah protein menumpuk dan menciptakan lingkungan asam dalam tubuh.

Menurut studi dalam jurnal Nefrología pada 2019, penumpukan limbah yang berlebihan dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil.

Selain itu, produksi asam yang meningkat akibat konsumsi protein berlebih dapat menyebabkan masalah pada tulang dan hati.

Meski pola makan tinggi protein mungkin membantu mencapai berat badan ideal, ini juga dapat berdampak pada suasana hati. Sebuah studi dari Lifestyle Genomics tahun 2018 menemukan bahwa diet tinggi protein dan rendah lemak dapat meningkatkan risiko depresi.

Selain itu, penelitian dari Qom University of Medical Sciences Journal pada 2020 menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat memicu kecemasan dan depresi karena karbohidrat membantu produksi serotonin, hormon yang membuat seseorang merasa bahagia.

Diet tinggi protein juga sering kali rendah serat, terutama jika sumber utama proteinnya berasal dari produk hewani. Serat berperan penting dalam melancarkan pencernaan dan hanya ditemukan dalam makanan nabati.

Oleh karena itu, mengonsumsi serat dari sumber-sumber seperti biji-bijian utuh dan sayuran penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Meningkatkan Energi dengan Karbohidrat Sehat

Jika kamu merasa mudah lelah meskipun sudah tidur cukup, konsumsi protein berlebih bisa menjadi penyebabnya. Protein yang berlebihan membebani ginjal dan organ lain, memaksa tubuh bekerja lebih keras.

Selain itu, kekurangan karbohidrat bisa membuat otak sulit fokus karena karbohidrat adalah sumber energi utama bagi otak. Pastikan kamu mendapatkan asupan karbohidrat sehat, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk menjaga energi tetap stabil sepanjang hari.

Selain itu, konsumsi protein yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah seperti bau mulut, terutama pada diet rendah karbohidrat seperti diet keto, karena tubuh mulai memproduksi keton yang menghasilkan bau tidak sedap. (antara)

Editor: Riki Chandra

Tag:  #dampak #buruk #konsumsi #protein #berlebihan #bagi #tubuh #termasuk #lelah #tanpa #sebab

KOMENTAR