5 Manfaat Buat Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Sangat Cocok Jadi Menu Tambahan Saat Diet
Ilustrasi buah nanas. (Freepik.com)
20:38
3 Oktober 2024

5 Manfaat Buat Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Sangat Cocok Jadi Menu Tambahan Saat Diet

- Nanas adalah salah satu jenis buab tropis yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang asam manis membuatnya sering dijadikan rujak, yaitu makanan berisi campuran buah dan sayuran yang diberi bumbu kacang atau gula merah.

Si kuning yang berduri ini bisa dikonsumsi secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Namun, perlu diperhatikan cara mengolahnya, jika tidak dibersihkan dengan benar akan menyebabkan lidah gatal.

Biasanya, nanas dijadikan sebagai pelengkap rujak, yaitu makanan berisi campuran buah dan sayuran yang diberi bumbu kacang atau gula merah cair.

Berikut lima manfaat nanas untuk kesehatan tubuh, yang dikutip JawaPos.com pada situs healthline.com:

1. Mengandung banyak nutrisi, meliputi: vitamin C, tiamin, magnesium, kalium, serta manganese.

2. Kaya antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi risiko masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

3. Baik bagi pencernaan, adanya kandungan bromelin di dalamnya mampu memecahkan protein bisa membantu proses pencernaan.

4. Meningkatkan sistem imun sehingga meminimalisir terjadinya peradangan.

5. Cocok dimasukan ke daftar menu saat diet. Selain rasanya yang manis dan asam, buah ini juga baik dikonsumsi untuk membantu penurunan berat badan.

Ketika seseorang melakukan program penurunan berat badan, tentu mereka akan menghitung kalori setiap makanan yang mereka konsumsi.

Buah ini aman dikonsumsi saat diet karena mengandung rendah kalori, tetapi kaya akan nutrisi baik bagi tubuh.

Berdasarkan penjelasan dr. Riska Larasati yang dikutip pada laman alodokter.com, nanas dapat membantu proses penurunan berat badan karena adanya kandungan bromelin yang dapat membantu memecah protein dalam tubuh.

Proses tersebut akan membuat hormon leptin menjadi kurang aktif, sehingga kita tidak mudah lapar. Selain itu, pineapple juga memiliki beberapa manfaat lain meliputi:

Membantu proses pembakaran lemak tubuh

Memelihara pencernaan

Dapat mengurangi nafsu makan

Meskipun nanas sudah teruji dapat membantu proses pengurangan berat badan, tentu harus diselingi dengan konsumsi makanan lain seperti sayur dan protein, agar tubuh mendapat nutrisi yang cukup.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #manfaat #buat #nanas #untuk #kesehatan #tubuh #sangat #cocok #jadi #menu #tambahan #saat #diet

KOMENTAR