Kekayaan Ahmad Dhani, Anggota DPR Terkaya dari Kalangan Artis
Ahmad Dhani dan Mulan Jameela [Instagram]
20:05
3 Oktober 2024

Kekayaan Ahmad Dhani, Anggota DPR Terkaya dari Kalangan Artis

Pelantikan anggota DPR periode 2024-2029 beberapa waktu yang lalu sukses menyita perhatian masyarakat khususnya warganet di media sosial. Hal ini bukannya tanpa alasan, pasalnya, banyak kalangan artis yang terjun ke dunia politik dan diangkat menjadi anggota DPR.

Beberapa artis yang ikut berkecimpung di dunia politik untuk menjadi wakil rakyat di antaranya ada Ahmad Dhani, Mulan Jameela, Rano Karno, Nico Siahaan, Denny Cagur, Rieke Diah Pitaloka, Melly Goeslaw, Tommy Kurniawan, Nafa Urbach, Eko Patrio, Pasha Ungu, dan masih banyak lagi.

Para artis yang terpilih menjadi anggota dewan ini pun diwajibkan untuk melaporkan jumlah harta kekayaan yang mereka miliki di laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara elektronik atau e-LHKPN.

Ahmad Dhani disebut-sebut sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 yang memiliki harta paling banyak alias paling kaya jika dibandingkan dengan rekan sesama artis yang juga telah dilantik.

Baca Juga: Serba Glamor Keluarga Wakil Rakyat, Adu Gaya Para Artis Anggota DPR RI saat Pelantikan

Seberapa kaya sebenarnya Ahmad Dhani?

Harta Kekayaan Ahmad Dhani

Sebelum mencalonkan diri sebagai salah satu anggota DPR RI periode 2024-2029, Ahmad Dhani sempat melaporkan jumlah harta kekayaannya kepada e-LHKPN saat maju sebagai calon wakil bupati Bekasi periode 2017-2022 untuk mendampingi Sa’duddin.

Saat itu, total harta kekayaan yang dimiliki oleh suami Mulan Jameela itu berjumlah Rp31,8 miliar. Laporan ini dibuat pada tanggal 29 September 2016.

Selang 8 tahun kemudian, Ahmad Dhani kembali melaporkan harta kekayaan yang ia miliki kepada Komisi Pemilihan Umum atau KPU RI. Hal ini untuk memenuhi salah satu persyaratan maju menjadi calon anggota DPR RI.

Baca Juga: Anggota DPR Baru Bakal Diguyur Tunjangan usai Tak Lagi Diberi Rumah Dinas, Berapa Besarannya?

Total harta kekayaan yang ia miliki per tanggal 10 September 2024 berjumlah Rp190,88 miliar. Nilai ini naik sangat signifikan jika dibandingkan dengan total harta kekayaan yang ia miliki 8 tahun silam.

Rincian harta kekayaan milik Ahmad Dhani sebagai berikut:

  • Tanah dan bangunan : Rp187.000.000.000
  • Alat transportasi dan mesin : Rp2.900.000.000
  • Harta bergerak lainnya : -
  • Surat berharga : -
  • Kas dan setara kas : Rp 3.474.989.859
  • Harta lainnya : -
  • Utang : Rp 2.491.253.981

Ahmad Dhani menyebutkan dalam LHKPN miliknya bahwa ia memiliki 9 bidang tanah dan/atau bangunan yang terletak di Jakarta Selatan serta Bogor, Jawa Barat. Ia juga memiliki 6 unit kendaraan bermotor, di antaranya Toyota Alphard Minibus, motor Peugeot Minibus 2008 A/T, motor Cadillac Escalade Platinum Jeep, motor Toyota Vellfire Minibus ZG 2.4 AT, mobil Mercy Benz Jeep S.C.HDTP GL 400, serta mobil Suzuki Jimny Jeep.

Kontributor : Rizky Melinda

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #kekayaan #ahmad #dhani #anggota #terkaya #dari #kalangan #artis

KOMENTAR