Kenali 8 Ciri-Ciri Orang Punya Mental Kuat, Mempunyai Pikiran Rasional hingga Kemampuan Beradaptasi
Memiliki pikiran yang rasional dan logis adalah salah satu ciri-ciri orang punya kuat mental (freepik)
12:04
27 September 2024

Kenali 8 Ciri-Ciri Orang Punya Mental Kuat, Mempunyai Pikiran Rasional hingga Kemampuan Beradaptasi

 

 – Pada dasarnya ciri-ciri orang punya kuat mental bisa dikenali dari kemampuan mereka untuk memahami realitas sebagaimana adanya dan kemudian mengelola emosi dengan sehat dan produktif.

Biasanya ciri-ciri orang punya mental kuat terungkap melalui apa yang mereka lakukan dan apa yang tidak mereka lakukan terutama ketika menghadapi semua masalah dan tantangan.

Lantas apa saja ciri-ciri orang punya mental kuat? Dilansir dari laman Aqr International, Jumat (27/9), berikut ciri-ciri orang yang mempunyai kekuatan mental:

  1. Memiliki kesadaran diri dan kemandirian

Ciri-ciri orang punya kuat mental salah satunya memiliki kesadaran diri dan kemandirian. Mereka tidak bergantung pada orang lain, tidak suka manipulasi orang lain, posesif atau suka mengontrol orang lain.

Mereka juga tidak bergantung pada orang lain untuk mengelola emosi mereka dan mereka tidak melampiaskan emosi kepada orang lain pula.

  1. Harga diri yang sehat

Terkadang harga diri yang tinggi dan sehat disalahartikan dengan narsisme mulai dari kepercayaan diri yang palsu, perilaku tidak hormat, penampilan, uang, kekuasaan, ketenaran dan kemampuan menipulasi orang lain.

Padahal orang yang kuat mental bukanlah orang yang berpura-pura percaya diri. Mereka justru menyadari dan menerima kekuatan serta kelemahan mereka.

Bahkan mereka bisa belajar untuk mengevaluasi dan memvalidasi diri sendiri secara akurat sehingga mereka tidak bergantung pada pujian dari orang lain maupun patah semangat karena adanya penolakan.

  1. Proaktif, bukan pasif atau reaktif

Orang yang kuat mental menyadari bahwa mereka mampu bertanggung jawab atas hidup Anda sendiri jika ada masalah dan mereka dapat mempertimbangkan pilihan mereka dan membuat keputusan dengan bijak.

Sebaliknya, orang yang pasif biasanya merasa kewalahan atau terputus hubungan sampai mereka merasa lumpuh dan tidak mampu mengambil tindakan apa pun.

Orang yang pasif atau reaktif jarang menyadari bahwa mereka sedang membuat keputusan dalam hidup mereka. Orang yang proaktif selalu memperhatikan emosi, pikiran dan motif mereka.

  1. Pikiran yang rasional

Orang-orang yang memiliki mental kuat cenderung memiliki pikiran yang rasional. Artinya mereka pandai mengonseptualisasikan kenyataan secara akurat dengan menggunakan nalar, logika, observasi dan akal sehat.

Sebagai perbandingan, orang yang tidak rasional meskipun mereka sangat logis, mereka hanya dapat menghasilkan kesimpulan atau hubungan yang masuk akal bagi mereka tetapi secara objektif sangat picik dan menggelikan.

Selain itu, mereka yang punya mental kuat mampu mempertahankan tingkat kesadaran tinggi dimana Anda dapat menerima situasi apa adanya tanpa menipu diri sendiri atau tidak mampu mengatur emosi Anda.

  1. Literasi emosional dan refleksi diri

Tanda kekuatan mental lainny adalah mampu melakukan refleksi diri. Artinya mereka mampu mengenali apa sebenarnya yang mereka rasakan dan apa alasannya.

Mereka bahkan tidak terburu-buru dalam menjalani hidup dan masih meluangkan waktu untuk melihat ke belakang dan merenungkan apa yang terjadi dalam kehidupan mereka selama ini.

  1. Empati dan kasih sayang

Orang yang kuat mental memiliki rasa empati yang tajam terhadap diri mereka sendiri dan juga merasa empati terhadap orang lain. 

Empati tidak selalu berarti Anda setuju dengan orang lain atau tindakan mereka tetapi Anda memahami bagaimana perasaan, pikiran dan tindakan orang lain serta alasannya.

Perpanjangan lain dari empati diri adalah belas kasih. Karena Anda memahami perasaan Anda dan karena Anda memahami perasaan orang lain maka Anda jelas memiliki banyak belas kasih bagi orang yang benar-benar terluka.

  1. Kemampuan beradaptasi

Orang yang kuat secara mental mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan tetap bersikap masuk akal dalam situasi yang bermasalah atau tidak terduga.

Ini juga berarti beradaptasi saat terjadi kesalahan seperti yang biasa terjadi dalam hidup. Anda memiliki keyakinan bahwa Anda akan baik-baik saja karena Anda mudah beradaptasi. 

  1. Menerima apa yang berada dalam kendali Anda dan apa yang tidak berada dalam kendali Anda

Orang yang mempunyai mental kuat mampu membedakan antara apa yang dapat dan tidak dapat mereka kendalikan.

Mengalihkan fokus dari hal-hal yang tidak berada dalam kendali Anda akan menghasilkan perasaan yang lebih baik, menemukan pilihan dan peluang baru dan kebahagiaan secara keseluruhan. ***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #ciri #ciri #orang #punya #mental #kuat #mempunyai #pikiran #rasional #hingga #kemampuan #beradaptasi

KOMENTAR