Kenali 7 Tanda Hidupmu Sudah Di Jalur Benar, Berlatih Bersyukur hingga Menetapkan Batasan
Ilustrasi: Wanita yang hidup bahagia.(freepik)
20:20
26 September 2024

Kenali 7 Tanda Hidupmu Sudah Di Jalur Benar, Berlatih Bersyukur hingga Menetapkan Batasan

 

 – Pada dasarnya kita pernah berpikir hingga bertanya-tanya kepada diri sendiri, tentang perubahan yang terjadi dalam hidup kita dan kita sendiri kerap tidak yakin, apakah perubahan itu baik dan membangun.

Tentunya semua orang hampir pernah merasakan fase tersebut. Sebenarnya hal ini wajar, sebab sama halnya kita sedang mencari jati diri dan jalan hidup kita, apakah sudah berada di jalan benar atau justru sebaliknya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa tanda hidupmu sudah berada di jalan benar, sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Kamis (26/9) sebagai berikut :

  1. Anda bersemangat untuk bangun setiap pagi

Tanda hidupmu berada di jalan benar adalah selalu bersemangat untuk bangun setiap pagi. Hal ini bukan tentang memiliki kehidupan yang sempurna, tetapi tentang menemukan kegembiraan dan tujuan dalam aktivitas sehari-hari anda. 

Jika anda bangun dengan semangat untuk menghadapi hari, bersemangat untuk mengerjakan proyek atau bertemu orang-orang dalam hidup anda, maka itu pertanda jelas bahwa anda sedang menuju ke arah yang benar.

Namun tidak apa apa juga untuk mengalami hari yang buruk, sebab kita semua tentu pernah mengalaminya. Yang penting adalah antusiasme terhadap kehidupan secara keseluruhan.

Jadi, jika sebagian besar pagi anda dimulai dengan suasana yang positif, maka itu sebagai tanda kuat bahwa anda berada di jalan yang benar. 

  1. Anda membuat keputusan berdasarkan nilai-nilai Anda

Salah satu tanda hidupmu berada di jalur benar, adalah ketika keputusan anda selaras dengan nilai-nilai pribadi anda. Ini berarti anda jujur pada diri sendiri dan apa yang paling penting bagi anda.

Mulai dari kejujuran, kebaikan, kerja keras atau kreativitas dan apa pun nilai-nilai anda. Anda tidak hanya mengikuti arus atau melakukan apa yang orang lain harapkan dari anda. 

Sebaliknya anda justru memperjuangkan apa yang anda yakini, meskipun itu bukan pilihan yang mudah. Ini adalah tanda yang bagus bahwa anda berada di jalur yang benar, karena menunjukkan bahwa anda hidup dengan autentik dan tidak mengorbankan prinsip-prinsip anda.

  1. Anda tidak takut meminta bantuan

Tanda lain jalan hidupmu sudah benar adalah, anda tidak takut meminta bantuan. Hal ini menunjukkan bahwa anda menyadari keterbatasan dan terbuka untuk belajar dan berkembang.

Menurut beberapa penelitian, orang yang meminta bantuan sebenarnya dianggap lebih kompeten oleh orang lain. Ini karena hal itu menunjukkan, bahwa mereka memiliki rasa percaya diri dan kebijaksanaan untuk menyadari, saat mereka tidak dapat melakukan sesuatu sendirian.

  1. Anda sedang berlatih bersyukur

Rasa syukur adalah alat yang sangat ampuh serta mampu mengalihkan fokus kita, dari apa yang kurang dalam hidup kita ke kelimpahan yang sudah ada. Pada gilirannya, pandangan positif ini memicu kebahagiaan dan kepuasan.

Jika anda mendapati diri anda secara teratur menghargai hal-hal kecil, hangatnya matahari dan secangkir kopi, maka anda sudah berada di jalan yang benar.

Rasa syukur menandakan bahwa anda menjalani hidup saat ini dan menghargai hidup yang sedang berlangsung. 

  1. Anda menetapkan batasan

Menetapkan batasan memang bisa jadi hal sulit, tetapi itu adalah bagian penting untuk berada di jalur yang benar. Saat anda menetapkan batasan, maka anda berkata “ya” kepada diri sendiri, meskipun terkadang itu berarti berkata “tidak” kepada orang lain.

  1. Anda tidak mencari persetujuan

Tanda hidupmu berada di jalan benar lain adalah, anda sudah tidak mencari persetujuan dari orang lain. Anda mulai memercayai insting dan penilaian sendiri. Anda menyadari bahwa anda sudah cukup, apa adanya tanpa perlu persetujuan orang lain. 

Ini bukan berarti anda tidak menghargai pendapat orang lain. Ini hanya berarti anda tidak membiarkan pendapat orang lain menentukan hidup atau harga diri anda. 

  1. Anda berinvestasi pada diri Anda sendiri

Berinvestasi pada diri sendiri artinya bisa melalui pendidikan, pengembangan pribadi, kesehatan dan kebugaran atau aktivitas apa pun, yang berkontribusi pada pertumbuhan dan kesejahteraan anda.

Orang yang berinvestasi pada diri mereka sendiri, cenderung lebih sukses dalam karir mereka dan memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi.

Investasi ini bisa dilakukan dengan berbagai bentuk, mulai dari mempelajari keterampilan baru hingga menjaga kesehatan mental anda.

Editor: Kuswandi

Tag:  #kenali #tanda #hidupmu #sudah #jalur #benar #berlatih #bersyukur #hingga #menetapkan #batasan

KOMENTAR