Dengan Menggunakan Air Mawar Saja Dapat Membantu Meredakan Jerawat dan Bekasnya: Ini Hasil Penelitiannya
Manfaat air mawar untuk kulit sangatlah beragam. (sumber: pexels/Charlotte May)
18:10
26 September 2024

Dengan Menggunakan Air Mawar Saja Dapat Membantu Meredakan Jerawat dan Bekasnya: Ini Hasil Penelitiannya

Air mawar adalah air yang dibuat dari kumpulan uap rebusan bunga mawar atau distilasi.

Produk ini telah digunakan selama beraturan tahun sebagai alat kecantikan di Timur Tengah sana.

Dilansir dari Healthline, air mawar memiliki manfaat anti inflammatory, astringent, anti bakteri, dapat menetralkan pH dan kaya antioksidan.

Karena manfaat anti inflammatory ini air mawar dapat mengurangi kemerah-merahan pada kulit, mengurangi peradangan, dan menenangkan jerawat.

Khasiat ini didapatkan dari vitamin C yang ada pada kandungan air mawar alami. Berkat kandungan ini, air mawar juga dapat membantu mengurangi bekas luka jerawat pula.

Air mawar juga bermanfaat sebagai astringent karena kaya akan tanin, yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah, mengeringkan minyak pada kulit, dan mengencangkan pori-pori.

Akan tetapi kandungan ini dapat memperparah jerawat bagi kulit sensitif. Maka sebaiknya konsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu.

Produk air mawar juga memiliki khasiat antiseptik yang dapat membunuh bakteri. Pada penelitian yang dilakukan di tahun 2010, minyak mawar terbukti dapat membunuh bakteri Propionibacterium acnes, bakteri ini merupakan salah satu bakteri yang ada pada jerawat.

Pada penelitian di tahun 2018, kulit kita memiliki kadar pH 4.1 hingga 5.8, dan air mawar memiliki kadar pH 4.0 hingga 4.5. Dengan begitu dengan bantuan air mawar, kita dapat mengurangi iritasi pada kulit.

Air mawar yang juga memiliki khasiat antioksidan dapat mengurangi peradangan pula.

Produk ini dapat digunakan sebagai toner dengan cara dituangkan ke kapas sedikit dan dioleskan ke wajah.

Dengan metode ini air mawar dapat membersihkan wajah dari minyak berlebih dan kotoran debu yang masih menempel setelah mencuci muka.

Air mawar juga dapat diaplikasikan dengan menyemprotkannya ke wajah. Dengan metode ini air mawar dapat menghidrasi kulit dan menyeimbangkan kadar keasaman pada wajah.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker mata. Basahi dua kapas dengan air mawar yang didinginkan, lalu letakan di atas mata atau kantung mata. Metode ini dapat mengurangi bengkak pada mata.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #dengan #menggunakan #mawar #saja #dapat #membantu #meredakan #jerawat #bekasnya #hasil #penelitiannya

KOMENTAR