Kuat dan Tahan Banting! Inilah 6 Pengalaman Hidup yang Membuat Kamu Menjadi Pribadi Lebih Tangguh secara Emosional Menurut Psikologi
Ilustrasi orang yang memiliki pribadi lebih tangguh secara emosional. (foto : Unsplash.com/AnthonyTran)
08:02
26 September 2024

Kuat dan Tahan Banting! Inilah 6 Pengalaman Hidup yang Membuat Kamu Menjadi Pribadi Lebih Tangguh secara Emosional Menurut Psikologi

- Kehidupan memang tidak hanya berisi kebahagiaan, banyak pengalaman hidup yang tidak sesuai harapan dan pada akhirnya kita harus menerima dengan ikhlas.

Melansir dari laman Ge Editing, psikolog menyatakan bahwa pengalaman hidup tertentu akan membentuk ketahanan dan mengajarkan kita untuk bangkit dari keterpurukan.

Inilah 6 pengalaman hidup yang membuat kamu menjadi pribadi lebih tangguh secara emosional menurut psikologi :

1. Kesulitan Ekonomi

Jika kamu pernah berada di fase bingung untuk membayar tagihan dan tidak ada uang untuk makan, maka disitulah kamu menemukan kekuatan-kekuatan yang tak pernah diketahui sebelumnya dengan banyaknya akal dan bertumbuhnya jiwa kreatif.

Seseorang yang berhasil melewati kesulitan ekonomi telah berhasil untuk beradaptasi tapi tetap berharap bahwa kemudahan itu selalu ada.

2. Pengangguran

Jika kamu pernah dipecat atau memang kesulitan mencari pekerjaan setelah lulus sekolah, pasti merasakan stres yang cukup luar biasa. Kamu tak hanya tidak ada penghasilan, tetapi juga mengalami pukulan besar pada harga diri.

Ditambah lagi dengan pikiran yang menimbulkan kecemasan bahwa entah kapan pengangguran ini akan berakhir dan banyak hal yang harus dipikirkan.

Namun, jika kamu melakukannya dengan benar dan selalu mencari cara jalan keluarnya maka menjadi pengangguran dapat mengajarkan untuk menjadi pribadi lebih tangguh secara emosional.

3. Kematian Orang Tersayang

Siapapun pasti merasa terpukul setelah kematian orang tersayang seperti orang tua atau pasangan, apalagi saat kita merasa bahwa kehadiran mereka sangat berarti dan seolah-olah tidak bisa hidup tanpanya.

Tapi kematian adalah kenyataan yang harus dihadapi, seiring berjalannya waktu harus bangkit karena hidup ini akan tetap berjalan. Bagi kamu yang merasakan ini akan membangun pribadi lebih tangguh secara emosional.

Cara untuk membantu bangkit dari keterpurukan ini adalah menerima hal-hal baik yang masih tersisa, mencari emosi positif, serta menetapkan rutinitas dan ritual untuk menjaga kenangan orang yang kamu cintai tetap hidup.

4. Patah Hati

Setelah mengalami patah hati, hari-hari yang dijalani seperti tidak berarti dan selalu mengerikan. Pikiran kita selalu bertanya-tanya tentang kesalahan diri sendiri dan tidak menyangka bahwa pasangan yang kita cintai akan mengkhianati.

Tapi secara perlahan akan mudah untuk beradaptasi, belajar dari kesalahan, dan menemukan cara untuk menyembuhkan. Disitulah kamu menjadi pribadi lebih tangguh secara emosional dan tidak semua orang kuat melewati ini.

Pada akhirnya, kamu juga akan bersyukur terhadap kehadirannya meskipun memberikan luka yang mendalam, dan artinya bahwa kamu sudah berdamai dengan kesedihan itu.

5. Penolakan

Penolakan adalah pelatih ketahanan yang sangat ampuh, karena hal itu sangat mengerikan dan memalukan. Seperti dari kisah J.K Rowling yang hasil karyanya ditolak 12 kali hingga akhirnya ia menjadi penulis terkenal.

Penolakan membuat kamu menjadi pribadi lebih tangguh secara emosional karena berpikir bahwa itu bukanlah akhir dari segalanya. Bahkan bisa menjadi pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi.

6. Kegagalan

Poin terakhir ini tentunya sering dialami oleh orang-orang sukses sebelum mereka mencapai puncak keberhasilannya. Dengan kegagalan yang dialami dan mampu bangkit dari keterpurukan itu akan membuat kamu menjadi pribadi lebih tangguh secara emosional.

Kegagalan secara lahir maupun batin akan membuat kamu lebih siap untuk menghadapi tantangan di hari esok, sehingga mampu mengendalikan emosi negatif dan bersikap tenang.

Dikutip dari laman Pijar Psikologi, kegagalan itu tidak selamanya buruk, manusia sering tidak menyadari bahwa dibalik itu ada hikmah yang dapat kita ambil.

Oleh karenanya pandanglah pengalaman hidup yang menyedihkan itu dari segi positifnya sehingga tidak akan terus menerus menyalahi diri sendiri dan memutuskan harapan untuk hidup.

Meskipun pengalaman hidup yang pahit itu awalnya sulit diterima, tapi yakinlah bahwa dia akan membawamu pada kehidupan yang tidak pernah diduga sebelumnya. Ada suatu masa kamu berkata "Mungkin kalau dulu tidak mengalami itu, aku tidak akan pernah ada di sini".

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kuat #tahan #banting #inilah #pengalaman #hidup #yang #membuat #kamu #menjadi #pribadi #lebih #tangguh #secara #emosional #menurut #psikologi

KOMENTAR