6 Perilaku Perempuan Pintar Tetapi Tidak Mempunyai Keterampilan Sosial, Salah Satunya Sulit Basa-basi
Salah satu perilaku perempuan yang cerdas dengan keterampilan sosial terbatas adalah tidak suka basa-basi (freepik)
20:58
23 September 2024

6 Perilaku Perempuan Pintar Tetapi Tidak Mempunyai Keterampilan Sosial, Salah Satunya Sulit Basa-basi

 

 – Menjadi perempuan pintar tidak selalu berarti Anda cerdas secara sosial. Faktanya, sering kali perempuan yang sangat cerdas justru kurang memiliki keterampilan sosial tertentu dan sama sekali tidak menyadari kekeliruan mereka.

Lantas bagaimana kita memahami bahwa kita sebenarnya tidak mempunyai keterampilan sosial yang bagus meskipun sangat pintar?

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa perilaku perempuan yang pintar tetapi tidak mempunyai keterampilan sosial sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Senin (23/9) sebagai berikut :

  1. Terlalu banyak berpikir tentang interaksi sederhana

Salah satu ciri umum perempuan yang sangat cerdas dengan keterampilan sosial yang terbatas adalah cenderung terlalu banyak berpikir bahkan terhadap interaksi sosial yang paling sederhana.

Mereka adalah perempuan-perempuan yang sangat analitis sehingga selalu berusaha memahami dunia di sekitar mereka dengan sangat rinci. 

Pasalnya pola pikir analitis ini meskipun bermanfaat dalam banyak bidang kehidupan namun bisa menjadi hambatan jika diterapkan di situasi sosial.

  1. Kesulitan dengan obrolan ringan

Perilaku lain perempuan yang cerdas namun kurang keterampilan sosialnya adalah kesulitan basa-basi. 

Hal ini bukan berarti mereka kasar atau tidak tertarik dengan isi percakapan namun mereka merasa sulit untuk terlibat dalam percakapan yang tidak berkisar pada intelektual yang lebih dalam.

Perjuangan dalam basa-basi ini sering kali membuat perempuan-perempuan ini tampak jauh dan sulit didekati.

  1. Lebih suka menyendiri

Perempuan yang sangat cerdas dengan keterampilan sosial yang terbatas sering kali lebih suka menyendiri. Bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain bisa menjadi sumber kegembiraan dan kepuasan bagi banyak orang.

Namun bagi perempuan ini sering kali menemukan kepuasan mereka dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan sendiri. Mulai dari membaca buku yang bagus, mengerjakan proyek pribadi atau sekadar menghabiskan waktu untuk memikirkan diri sendiri.

Kecenderungan ini bukan sekadar preferensi acak tetapi berakar pada psikologi. Menurut penelitian, ada korelasi antara kecerdasan dan kebutuhan untuk menyendiri.

Ditemukan bahwa individu yang lebih cerdas dapat menghibur diri dengan pikiran dan ide mereka sehingga mengurangi kebutuhan mereka untuk berinteraksi sosial.

  1. Kesalahpahaman tentang sarkasme

Perilaku umum lainnya perempuan yang sangat cerdas dengan keterampilan sosial yang terbatas adalah salah memahami atau mengabaikan sarkasme dan bentuk bahasa non literal lainnya.

Khususnya sarkasme tentu diperlukan tingkat pemahaman sosial dan konteks tertentu untuk memaknainya dengan benar. 

Para perempuan ini, meskipun cerdas dalam bidangnya masing-masing justru kesulitan menangkap isyarat halus yang menunjukkan bahwa suatu pernyataan dimaksudkan sebagai sarkasme.

Hal ini tentunya dapat menyebabkan momen canggung dalam percakapan saat mereka menanggapi komentar sarkastik.

  1. Perlunya komunikasi yang jelas

Perempuan yang sangat cerdas tetapi tidak memiliki keterampilan sosial tertentu sering kali lebih menyukai komunikasi yang jelas dan langsung. Mereka tidak cocok dengan ambiguitas atau hal-hal yang samar dalam percakapan.

Mereka adalah perempuan-perempuan yang logis dan analitis. Mereka menghargai ketika sesuatu dijabarkan dengan jelas dan ringkas. Hal ini berarti bahwa petunjuk, sindiran dan pernyataan yang tidak jelas sering kali tidak mereka pahami.

Sementara kebutuhan akan komunikasi yang jelas dapat menghasilkan percakapan yang efektif dan efisien dalam beberapa situasi namun bisa juga menciptakan tantangan dalam suasana sosial yang lebih santai.

  1. Peka terhadap kritik

Menjadi cerdas dan peka sering kali berjalan beriringan. Banyak perempuan yang sangat cerdas dengan keterampilan sosial yang terbatas juga cenderung peka terhadap kritik.

Kepekaan ini terkadang membuat para perempuan ini sulit menerima masukan yang membangun atau menangani perbedaan pendapat dengan baik. 

Bukan karena mereka tidak mampu menangani kritik, tetapi karena mereka sangat peduli dengan pekerjaan yang mereka lakukan dan ide-ide yang mereka bagikan.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #perilaku #perempuan #pintar #tetapi #tidak #mempunyai #keterampilan #sosial #salah #satunya #sulit #basa #basi

KOMENTAR