Menurut Psikologi, Inilah 6 Ciri Orang yang Memiliki Kecenderungan Psikopat yang Tidak Banyak Diketahui
Ilustrasi psikopat (freepik)
14:50
23 September 2024

Menurut Psikologi, Inilah 6 Ciri Orang yang Memiliki Kecenderungan Psikopat yang Tidak Banyak Diketahui

Definisi psikopat menurut WebMD adalah seseorang yang tidak memiliki hati nurani, tidak memiliki empati, dan kurang menghargai orang lain.

Diperlukan psikolog atau psikiater yang berkualifikasi untuk menilai apakah seseorang adalah seorang psikopat.

Jika Anda ingin tahu cara mengenali seorang psikopat di sekitar Anda, JawaPos.com telah melansir dari laman YourTango, Senin (23/9), enam ciri psikopat yang tidak banyak diketahui orang, menurut ilmu psikologi.

1. Mereka memancarkan pesona

Mereka sering kali berlebihan, dan cenderung terlihat sangat ramah, peduli, dan sangat membantu, tetapi mereka menggunakan peniruan.

Umumnya, mereka tidak memiliki belas kasihan tetapi meniru sifat tersebut untuk membuat Anda merasa aman bersama mereka.

Anda mungkin akan berpikir bahwa mereka orang yang sangat baik, tetapi di belakang Anda, psikopat itu merencanakan cara untuk mengeksploitasi Anda. Kemudian, mereka akan memanipulasi Anda demi keuntungan mereka.

2. Mereka kurang memiliki rasa kasih sayang dan empati

Mereka tidak dapat memahami atau membayangkan bagaimana perasaan orang lain.

Orang cenderung berpikir tentang mengambil tindakan, lalu tentang bagaimana tindakan itu akan membuat orang lain merasa, dan kemudian bertindak sesuai dengan itu.

Namun, seorang psikopat tidak menyadari bagian tengah dari “Bagaimana tindakan saya memengaruhi orang lain?” Mereka tidak dapat membayangkan bagaimana perasaan Anda jika mereka berperilaku negatif terhadap Anda.

3. Mereka narsis

Psikopat cenderung mementingkan diri sendiri, mereka membanggakan diri dan kemampuan mereka atau mencuri ide-ide Anda dan mengklaimnya sebagai milik mereka sendiri.

Mereka membuat orang percaya bahwa organisasi akan menderita jika mereka mengambil cuti dan cenderung membuat semua orang terkecoh dengan kemampuan mereka.

4. Mereka bersifat rahasia

Psikopat cenderung tertutup dan membiarkan Anda mengetahui rahasia mereka jika itu menguntungkan mereka.

Psikopat korporat sering kali akan berbicara di belakang Anda dan membicarakan Anda dengan atasan, mereka juga sering kali mencoba menyabotase Anda di tempat kerja.

5. Mereka memiliki IQ tinggi

Psikopat korporat memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, tidak seperti orang lain yang memiliki kecenderungan antisosial.

Mereka dapat menduduki jabatan eksekutif tingkat tinggi, mengelola bisnis, dan sering kali menduduki posisi berkuasa.

Mereka senang menjadi bos bagi orang lain dan mendominasi. Menurut penelitian dari National Library of Medicine, psikopat korporat sering mencari posisi berkuasa untuk memanfaatkan kekuasaan itu demi mencapai tujuan mereka.

6. Mereka adalah pembohong kompulsif

Psikopat perusahaan mengingat kebohongan mereka. Mereka merencanakan siapa yang akan mereka eksploitasi, manipulasi, dan cenderung mengingat setiap detail.

Mereka cenderung berbohong untuk menunjukkan keunggulan mereka dan meyakinkan semua orang di sekitar mereka bahwa apa yang mereka katakan adalah kebenaran.

Ketika seorang psikopat korporat tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Anda, target mereka berikutnya adalah Anda, dan ketika itu terjadi, Anda akhirnya menjadi korban kehancuran mereka, kecuali Anda dapat menyamai kemampuan mereka.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #menurut #psikologi #inilah #ciri #orang #yang #memiliki #kecenderungan #psikopat #yang #tidak #banyak #diketahui

KOMENTAR