5 Cara Untuk Mendapatkan Kedamaian Pikiran, Mulai Dari Belajar Ikhlas hingga Bermain ke Alam
Mencari Ketenangan di Sela-sela Aktivitas yang Padat. (Foto: Freepik)
19:26
21 September 2024

5 Cara Untuk Mendapatkan Kedamaian Pikiran, Mulai Dari Belajar Ikhlas hingga Bermain ke Alam

– Menerima kenyataan terkadang jauh lebih sulit dari apa yang kita bayangkan. Seringkali, masalah akan muncul begitu saja dan berpengaruh pada keseharian, menjadikan tubuh mudah lelah, dan timbul rasa cemas di waktu yang bersamaan.

Beberapa hal tersebut jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan akan mendatangkan stress yang seringkali datang di waktu tidak terduga.

Melansir dari psychcentral, berikut adalah 5 cara untuk mendapatkan kedamaian pikiran:

1. Menerima Hal yang Tidak Bisa Diubah

Manusia tidak sepenuhnya bisa mengontrol pikiran dan perasaan yang sedang dialaminya. Proses ini memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mulai terbiasa.

Wajar jika seseorang merasa khawatir ketika berhadapan dengan situasi yang kurang baik, sehingga memicu rasa kecewa dan marah yang berlebih. Tapi, jika terlalu fokus dengan perasaan negatif, lama-kelamaan emosi menjadi semakin tidak terkontrol.

Mencoba mengabaikan perasaan juga tidak selamanya efektif. Memendam emosi terlalu lama juga dapat meningkatkan stress yang ada. Untuk itu, perlahan menerima kenyataan atas hal yang tidak bisa diubah dan dikontrol bisa menjadi solusi.

Berikan afirmasi positif kepada diri sendiri ketika sedang berhadapan dengan situasi yang kurang menyenangkan, seperti:

"Apa yang terjadi sekarang tidak akan berlangsung selamanya. Aku sudah melakukan yang terbaik."

"Ini memang situasi yang sulit, tapi aku pasti bisa melaluinya."

Wajar jika seseorang ingin menghindar dari rasa sakit dan butuh waktu lama untuk belajar menerima keadaan. Tapi ketika mulai terbiasa, perasaan akan cenderung lebih tenang dan meminimalisir stress.

2. Latihan Memaafkan

Merasa terluka atau marah ketika seseorang berbuat salah atau berlaku tidak adil adalah reaksi yang wajar dan dialami oleh semua orang.

Namun, dengan terus-menerus merasa kesal tidak akan banyak membantu dalam menemukan kedamaian pikiran.

Menyimpan perasaan marah, kecewa, atau dendam bisa menguras banyak energi emosional dan memicu berbagai masalah kesehatan, baik fisik maupun mental, seperti kesehatan jantung yang memburuk, tidur, gangguan pencernaan, depresi, hingga kecemasan.

Mencoba mulai memaafkan atas segala hal yang terjadi akan membuat perasaan jauh lebih lapang dan tenang. Karena memaafkan bukan hanya tentang orang lain, tapi fokus untuk melepaskan beban yang ada pada diri.

3. Me Time

Terlalu banyak menghabiskan waktu sendirian terkadang menimbulkan rasa bosan dan kesepian. Tapi jika dilakukan sesuai porsinya, me time bisa bermanfaat untuk menciptakan ketenangan hati dan pikiran di sela-sela kesibukan.

Memberi ruang untuk diri sendiri justru bisa membantu sebagian orang merasa lebih puas dan tenang seiring berjalannya waktu.

4. Menulis Jurnal

Menuangkan perasaan ke dalam tulisan ternyata bisa memberi sudut pandang yang berbeda. Menulis jurnal dapat membantu memproses dan mengekspresikan emosi yang terpendam.

Namun, tentu saja tidak akan langsung menghilangkan masalah yang ada. Tapi mungkin akan muncul kelegaan setelah mencurahkan perasaan ke dalam tulisan.

5. Bermain ke Alam

Banyak penelitian mendukung bahwa lingkungan terbuka, terutama ruang hijau, bisa meredakan stress dan membawa ketenangan batin.

Menghabiskan waktu di alam bisa membantu seseorang untuk mendapatkan kedamaian dengan berbagai manfaat, seperti:

- Meredakan kekhawatiran, kemarahan, atau ketakutan

- Mengurangi stress dan membuat pikiran lebih rileks

- Menurunkan risiko depresi dan masalah kesehatan mental

- Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Beberapa kegiatan yang bisa dicoba, antara lain:

- Mengunjungi taman atau hutan kota

- Berkebun

- Mendaki gunung

- Bersantai di pantai atau tepi danau

Apapun aktivitas yang dilakukan, cobalah untuk tinggalkan ponsel di rumah atau nonaktifkan ponsel saat kegiatan berlangsung. Karena notifikasi dari media sosial bisa dengan mudah mendistraksi ketenangan yang sudah didapatkan sebelumnya.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #cara #untuk #mendapatkan #kedamaian #pikiran #mulai #dari #belajar #ikhlas #hingga #bermain #alam

KOMENTAR