Ambivert vs Omnivert: Apa Perbedaannya dan Apakah Kamu Salah Satunya, Begini Kata Ahli Psikologi
Ilustrasi otak atau pikiran. (Pixabay)
13:44
21 September 2024

Ambivert vs Omnivert: Apa Perbedaannya dan Apakah Kamu Salah Satunya, Begini Kata Ahli Psikologi

Omnivert berbeda sedikit dengan ambivert. Ketika ambivert merupakan gabungan dari ekstrovert dan introvert, omnivert dapat menjadi introvert atau ekstrovert seutuhnya, tapi tidak merasa bahwa mereka keduanya.

Menurut penjelasan simply psychology, omnivert menunjukkan kepribadian ekstrovert dan introvert, tapi tidak berada di antara kedua kepribadian tersebut atau menggambarkan kedua kepribadian tersebut pada saat bersamaan.

Sebaliknya, mereka dapat sepenuhnya menunjukkan bahwa mereka introvert atau ekstrovert dalam waktu yang berbeda.

Kepribadian mereka cenderung berubah-ubah tergantung dengan kondisi perasaan mereka pada hari itu.

Seorang ambivert bisa diajak ngobrol oleh orang banyak, tapi belum tentu dapat menjadi seorang pembicara di depan banyak orang. Karena kepribadian ekstrovertnya seimbang dengan introvertnya.

Akan tetapi seorang omnivert dapat menjadi pembicara yang baik atau tidak bisa bersuara sama sekali. Tergantung dengan suasana hatinya.

Seorang ambivert dapat menyesuaikan diri mereka dengan orang-orang di sekitar mereka dengan tenang.

Akan tetapi seorang omnivert yang dengan mudah berpindah dari 100 persen ekstrovert ke 100 persen introvert mungkin agak kesulitan untuk dibaca oleh orang-orang.

Karena seorang ambivert dapat menyesuaikan diri mereka dengan orang-orang sekitarnya, mereka lebih mudah juga berempati.

Omnivert hanya akan menyesuaikan diri mereka dengan orang-orang yang menurut mereka memiliki kepribadian yang sama dengan diri mereka saat itu.

Contohnya, ketika mereka merasa ingin bersosialisasi, mereka akan mendekati orang-orang yang lebih suka mengobrol daripada hening.

Seorang ambivert akan lebih stabil secara emosi karena mereka dapat menengahi introvert dan ekstrovert.

Omnivert tidak bisa melakukan ini karena mereka tidak pernah berada di tengah-tengah keduanya.

Sedangkan omnivert dapat merasakan kelebihan dan kekurangan dari menjadi introvert atau ekstrovert. Ini adalah sesuai yang belum tentu ambivert dapat rasakan.

Tidak ada yang salah dari kepribadian omnivert dan ambivert, karena kedua kepribadian tersebut menambah keberagaman pada komunitas global.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ambivert #omnivert #perbedaannya #apakah #kamu #salah #satunya #begini #kata #ahli #psikologi

KOMENTAR