Orang yang Berkelas dan Elegan Tidak akan Melakukan 14 Hal Ini, Menggunakan Kekayaan serta Kekuasaannya
Ilustrasi, orang yang elegan dan berkelas. Freepik/ svetlanasokolova.
00:08
20 September 2024

Orang yang Berkelas dan Elegan Tidak akan Melakukan 14 Hal Ini, Menggunakan Kekayaan serta Kekuasaannya

Tidak melulu tentang apa yang dipakai dan apa yang digunakan. Seringkali cara bersikap dan membawa diri lebih mengungkapkan jati diri seseorang.

Bagi orang yang berkelas dan elegan ada 14 kebiasaan yang tidak pernah dilakukan dalam hidupnya, salah satu diantaranya yaitu menggunakan kekayaan serta kekuasaan yang dimiliki demi meraih apa yang diinginkannya.

Lebih lengkapnya terkait 14 hal yang tidak mungkin dilakukan oleh orang yang berkelas dan elegan seperti dilansir JawaPos.com dari Hack Spirit pada Kamis (19/9) sebagai berikut.

1. Menggunakan Kekuasaan dan Kekayaannya

Meski dikelilingi oleh kekayaan dan kekuasaan, seseorang yang berkelas dan elegan tidak pernah menggunakan kelebihannya tersebut untuk mencapai apa yang diinginkannya.

Lebih jelasnya, orang yang benar-benar elegan dan berkelas tidak serta merta menunjukkan kartu "Anda tahu siapa saya?" saat mereka tidak mendapatkan tempat atau meja di restoran yang diinginkannya untuk sekadar makan malam.

Hal ini dilakukan karena mereka sadar bahwa alam semesta tidak hanya berputar di sekitar mereka saja.

Jadi, mereka anti menggunakan latar belakang dirinya untuk keinginannya tersebut apalagi dengan tujuan pamer.

2. Banyak Bicara Sedikit Mendengarkan

Seringkali orang yang banyak bicara karena mereka ingin membuktikan diri kepada orang-orang di sekitarnya. Namun tidak bagi orang yang berkelas dan elegan.

Mereka sudah merasa nyaman dan percaya diri dengan diri mereka sendiri sehingga tidak perlu lagi membuktikan kepada orang lain.

Mereka lebih senang mengikuti arus pembicaraan dan menilai bahwa mendengarkan orang lain adalah kesempatan belajar untuk mereka.

Jadi, dalam hal ini, orang yang elegan dan berkelas cenderung untuk sedikit berbicara dan banyak mendengarkan.

3. Merendahkan Orang Lain

Merendahkan orang lain adalah salah satu taktik yang digunakan oleh seseorang yang tidak percaya diri sehingga membuatnya terlihat lebih tinggi dan lebih baik dari lainnya.

Tentu, hal ini tidak akan dilakukan oleh orang yang berkelas dan elegan karena rasa percaya diri mereka sudah cukup, namun tidak mereka tunjukkan kepada dunia. Sebaliknya, mereka justru memberikan dukungan kepada orang-orang di sekitar mereka.

4. Fokus dengan Apa yang Diluar Kendali

Orang yang berkelas dan elegan menyadari bahwa di dunia ini ada hal yang dapat dikendalikan serta tidak.

Oleh karena itu, mereka tidak akan fokus pada hal-hal yang diluar kendali karena akan menyebabkan stres dan frustasi.

Dengan kata lain, mereka akan membiarkan hujan itu turun ketika waktunya turun. Hal demikian menjadikan mereka efektif dalam menjalani kehidupan dan pekerjaan mereka.

5. Menjadi Orang Lain

Ketahuilah, orang yang berkelas dan elegan tidak akan menjadi orang lain demi mengikuti trend yang sedang berlangsung.

Kalaupun terjadi, yang mereka lakukan hanyalah mengambil inspirasi, karena sebagian besar dari mereka sudah memiliki identitas masing-masing dan tidak dengan mudah identitas tersebut berubah apalagi sekadar mengikuti apa yang sedang populer saat ini.

6. Selalu Berusaha Menyenangkan Orang Lain

Sebagian besar orang mungkin merasa bahwa dirinya harus menyenangkan orang lain bagaimanapun caranya, meski harus mengorbankan waktu dan kebahagiaannya.

Tetapi itu salah, bukanlah kewajiban Anda untuk membuat orang lain senang dan terkesan atas apa yang Anda lakukan. Hal inilah yang tidak akan dilakukan oleh orang yang berkelas dan elegan, mereka memang memikirkan orang lain, namun tidak melupakan dirinya sendiri.

Jadi, mereka membuat batasan yang jelas, ketika orang lain meminta sesuatu namun itu mustahil untuk mereka penuhi, mereka akan menolaknya dengan hati-hati tanpa menyakiti atau membuat orang tersebut tersinggung.

7. Meninggikan Suara

Menjadi hal yang wajar bila seseorang yang sedang marah meninggikan suaranya, namun itu tidak dilakukan oleh orang yang berkelas dan elegan.

Mereka lebih memilih jalan diskusi yang jujur dan terbuka ketika terjadi masalah, meskipun di situasi yang menyinggung perasaan atau membuatnya marah.

8. Tidak Menghormati Orang Lain

Alih-alih mencaci-maki orang lain, orang dengan sikap berkelas dan elegan akan menanyakan terlebih dahulu alasan orang lain mengapa sampai memperlakukan mereka dengan perbuatan yang tidak menyenangkan.

Mereka lebih mengedepankan empati dan bersikap baik ketika berhadapan dengan orang lain, karena mereka tidak tahu apa yang terjadi dibalik layar orang tersebut, mungkin saja orang tersebut telah melalui hari yang buruk dan melelahkan.

9. Bergosip

Seperti diketahui bahwa bergosip tidak akan memberikan kontribusi atau keuntungan apa pun untuk kehidupan professional atau pribadi seseorang. Oleh karena itu, orang yang berkelas dan elegan akan menghindari ini.

Mereka lebih menghargai waktu dan kesehatan mental mereka, jadi mereka lebih memilih menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna.

Tetapi, bila terjebak dalam situasi ini, yang dilakukan mereka adalah mengalihkan topik pembicaraan ke sesuatu yang lebih penting, mengangguk, atau tersenyum saja tanpa berusaha menambahkan pembicaraan.

10. Rela Melakukan Apapun Demi Membuat Orang Lain Terkesan

Sebagian besar orang pasti terkesan dengan mobil mewah, rumah besar, barang-barang branded, dan lainnya yang menandakan pencapaian, keberhasilan, dan kesuksesan.

Lalu, sebagian yang lain rela melakukan apa pun untuk mendapatkan kesan tersebut, tetapi tidak bagi orang yang berkelas dan elegan.



Daripada pamer dengan kekayaan, kekuasaan, keberhasilan, dan semacamnya, mereka lebih menghargai menjalin hubungan yang tulus berdasarkan sejarah dan kenangan yang telah dilalui bersama.

11. Melupakan Orang-Orang Disekitar

Meski orang-orang berkelas dan elegan lebih menghargai waktu dan berjumpa dengan orang baru setiap harinya, namun tidak membuat mereka lupa kepada orang-orang disekitarnya. Terutama orang-orang yang menemani perjuangan mereka sejak awal.

12. Memaksakan Pikiran pada Orang Lain

Ketika dalam masalah saja orang yang berkelas dan elegan lebih memilih jalan diskusi, bagaimana dengan hal-hal lainnya, pasti cara yang sama pun ditempuh.

Namun, diskusi yang dilakukan tentu bukan diskusi yang memaksakan kehendak, melainkan diskusi yang saling terbuka dan memahami bahwa apa yang mereka anggap benar belum tentu benar bagi orang lain.

13. Merusak Suasana Sosial

Orang yang berkelas dan elegan tidak suka merusak suasana sosial, bahkan mereka tidak sungkan untuk diam atau tidak mengatakan apa pun bila tidak memiliki sesuatu yang berharga untuk dikatakan. Jadi, orang seperti ini pandai membaca situasi.

14. Memikirkan Diri Sendiri

Walaupun hidupnya sudah sempurna, namun bukan berarti berhenti sampai disitu saja.

Orang yang benar-benar berkelas dan elegan tetap menghormati nilai-nilai yang berlaku, seperti tidak sungkan untuk mengantri di kasir atau sekadar datang lebih awal ketika ada meeting di pagi hari karena mereka sadar bahwa terlambat itu tidak sopan dan waktu adalah sesuatu yang berharga.

Demikianlah 14 hal yang tidak mungkin dilakukan oleh orang yang berkelas dan elegan, Anda pun dapat menirunya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #orang #yang #berkelas #elegan #tidak #akan #melakukan #menggunakan #kekayaan #serta #kekuasaannya

KOMENTAR