Kemenparekraf:eKuliner Awards Dongkrak Omzet UMKM dan Promosikan Wisata Kuliner Daerah
Gelaran eKuliner Awards Kemenparekraf bersama Paxel (Dok. Istimewa)
07:42
19 September 2024

Kemenparekraf:eKuliner Awards Dongkrak Omzet UMKM dan Promosikan Wisata Kuliner Daerah

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) baru saja sukses menggelar eKuliner Awards. Acara yang berkolaborasi bersama Paxel ini menjadi platform untuk mendorong para pelaku UMKM subsektor kuliner dapat terus berkembang dan semakin inovatif. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan bahwa eKuliner Awards ini merupakan salah satu bentuk kolaboraksi bersama dalam menyukseskan kampanye Indonesia Spice Up The World, untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk rempah, bumbu dan kuliner Indonesia ke mancanegara. 

"Indonesia Spice Up The World memiliki cita-cita menghubungkan 4000 restoran diaspora Indonesia di luar negeri. Dan saya berharap Paxel bisa menjadi solusi dalam permasalahan logistik ini. Sehingga target ekspor rempah dan bahan makanan dari Indonesia bisa mencapai 2 miliar dolar AS pada tahun 2025," kata Menparekraf Sandiaga.

Dalam ajang ini, terpilih 10 pemenang eKuliner Award 2024. Sandiaga Uno berharap jika ke depannya, UMKM subsektor kuliner dapat lebih kuat dan berdaya saing serta memberikan dampak signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Baca Juga: UMKM RI Berpotensi Jadi Pemain Utama di Pasar Global

Penghargaan eKuliner Awards ini juga telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah. Para pemenang dari tahun-tahun sebelumnya sukses meningkatkan usaha mereka dan berkontribusi terhadap ekonomi lokal dengan mempromosikan kuliner khas daerah ke pasar yang lebih luas.

"Acara eKuliner ini diadakan untuk merayakan para UMKM pebisnis kuliner yang sudah setia bertumbuh bersama Paxel, mengantarkan produk dan layanan yang terbaik untuk konsumen Indonesia," kata Bryant Christanto, CEO Paxel.  

Sepanjang tahun 2024, tercatat lebih dari 30 ribu UMKM telah menggunakan layanan pengiriman Paxel untuk mendistribusikan produk mereka ke seluruh Indonesia. 

Dari jumlah tersebut, 94 UMKM berhasil masuk dalam 12 nominasi eKuliner Awards 2024 dengan perolehan jumlah transaksi pengiriman terbanyak sepanjang 2024 dan total perdagangan yang mencapai hampir 50 miliar Rupiah, para UMKM ini membuktikan potensi luar biasa dalam pengembangan pasar kuliner lokal.

Bahkan, dari hasil data Kemenparekraf, Paxel membawa peningkatan untuk pengenalan destinasi wisata sampai 66 persen. Dan tahun 2023, Paxel telah menjadi mitra resmi co-branding Wonderful Indonesia.

Baca Juga: Pemkot Medan Tegaskan MFF Sebagai Upaya Nyata Jadikan UMKM Naik Kelas

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #kemenparekrafekuliner #awards #dongkrak #omzet #umkm #promosikan #wisata #kuliner #daerah

KOMENTAR