Jangan Abaikan! Ini 5 Kebiasaan yang Membantu Memperpanjang Umur, Salah Satunya Menjaga Berat Badan Ideal
Menjaga berat badan ideal adalah salah satu kebiasaan membantu memperpanjang umur (freepik)
15:28
17 September 2024

Jangan Abaikan! Ini 5 Kebiasaan yang Membantu Memperpanjang Umur, Salah Satunya Menjaga Berat Badan Ideal

– Dalam sebuah penelitian di jurnal Circulation, para peneliti mempelajari lima faktor gaya hidup yang memengaruhi berapa lama manusia hidup.

Para peneliti menghitung bahwa orang yang mematuhi lima hal meliputi tidak minum lebih dari satu alkohol per hari, menjaga berat badan sehat, mengonsumsi makanan berkualitas, tidak merokok dan berolahraga rutin memiliki peluang lebih besar untuk hidup lebih alam melewati usia 50 tahun.

Perempuan yang mengikuti kelima praktik tersebut hidup 14 tahun lebih lama secara rata-rata dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang tidak mengikuti salah satu pun dari praktik tersebut. Begitu pula hidup 12 tahun lebih lama dalam kondisi yang sama.

Jadi jika Anda ingin memperpanjang umur maka mulai sekarang perlu menerapkan beberapa kebiasaan berikut sebagaimana dilansir dari laman Ortho Carolina, Selasa (17/9) sebagai berikut :

1. Menjaga berat badan yang sehat dan ideal

Untuk memahami pengaruh berat badan, para peneliti berfokus pada indeks massa tubuh atau BMI. Angka tersebut adalah perbandingan antara tinggi dan berat badan seseorang.

Anda dapat menghitungnya sendiri dengan membagi berat badan Anda dengan kuadrat tinggi badan Anda. BMI bisa saja tampak rumit.

Pasalnya Dokter menggunakannya untuk mendapatkan perkiraan kasar lemak tubuh tetapi untuk setiap orang hasilnya bisa jadi tidak akurat.

Menariknya, para peneliti menemukan bahwa orang dengan BMI antara 18,5 dan 22,9 memiliki peluang lebih tinggi untuk hidup lebih lama daripada mereka yang memiliki BMI di luar rentang tersebut.

Pasalnya membawa lemak berlebih dapat mengubah cara kerja sel Anda sehingga menyebabkan kondisi seperti diabetes tipe dua dan membuat sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih keras

Akhirnya membuat Anda lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan sebanyak 5 hingga 10 persen saja dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan.

Bahkan terlalu kurus juga merugikan kesehatan Anda yaitu bisa menghambat pergerakan hormone ke seluruh tubuh.

2. Mengurangi mengonsumsi alkohol

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang memiliki peluang lebih baik untuk hidup lebih lama daripada mereka yang merupakan peminum berat.

Para peneliti juga memiliki bukti kuat yang menyatakan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat membahayakan kesehatan Anda.

Intinya jika Anda mencoba membuat keputusan kesehatan terbaik berdasarkan bukti yang ada maka langkah yang paling cerdas adalah minum sangat sedikit atau tidak minum sama sekali.

3. Menerapkan pola makan berkualitas

Ada sebuah penelitian bagus yang menunjukkan bahwa pola makan yang buruk memiliki pengaruh langsung pada berbagai faktor seperti tekanan darah, kadar kolesterol dan berat badan.

Bahkan sampai saat ini, diet terbaik yang bisa diikuti adalah diet Mediterania. Namun, jika Anda berfokus pada mengonsumsi berbagai makanan utuh yaitu yang tidak diolah sebagian besar waktu maka Anda telah melakukan hal yang hebat bagi kesehatan Anda.

4. Tidak merokok

Ada bukti penelitian kuat menunjukkan bahwa merokok secara signifikan meningkatkan risiko kanker paru-paru serta penyakit paru-paru dan jantung lainnya.

Uniknya, penurunan jumlah perokok selama 50 tahun terakhir atau lebih merupakan alasan utama meningkatnya harapan hidup di rata-rata di Amerika.

Jadi intinya, jika Anda ingin hidup lebih lama dan Anda masih merokok atau menggunakan vape maka dipastikan hal ini tidak masuk akal.

5. Berolahraga setiap hari

Dalam sebuah penelitian, peneliti menemukan bahwa mereka yang berolahraga setidaknya 30 menit sehari dengan kecepatan sedang hingga berat maka mereka memiliki risiko terendah untuk terserang penyakit dan memiliki potensi hidup lebih lama.

Pada dasarnya olahraga memiliki dua fungsi utama yaitu meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan atau menstabilkan berat badan. Kedua faktor tersebut secara signifikan mampu meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama. ***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jangan #abaikan #kebiasaan #yang #membantu #memperpanjang #umur #salah #satunya #menjaga #berat #badan #ideal

KOMENTAR