Menguak Keistimewaan Tempe: Lauk Kaya Gizi yang Disinggung Celine Evangelista sebagai 'Makanan Orang Miskin'
Ilustrasi tempe.(Pexels/cottonbro studio)
21:04
16 September 2024

Menguak Keistimewaan Tempe: Lauk Kaya Gizi yang Disinggung Celine Evangelista sebagai 'Makanan Orang Miskin'

Tempe kini mendapat predikat yang buruk dari sosok figur publik Celine Evangelista. Adapun Celine mengesampingkan nilai gizi tempe dan menyinggung makanan dari kedelai ini sebagai "makanan orang miskin".

Celine dalam sebuah siniar mengaku dirinya realistis dan tak mau suami yang tak bermodal. Bahkan, ia terang-terangan mengaku dirinya enggan diberi makan tempe oleh sang suami.

"Tapi, gue juga realistis. Gue nggak mungkin dong makan cinta, habis itu gue biarin anak gue makan nasi sama garam sama tempe," ujar Celine Evangelista dalam video yang viral.

Lantas, apakah benar tempe layak menyandang gelar makanan orang miskin?

Baca Juga: Sindir Tempe Makanan Orang Miskin, Ini 6 Kontroversi Celine Evangelista yang Bikin Heboh Media Sosial

Gizi Tempe, Sumber Protein Nabati yang Baik

Ilustrasi Tempe.(Freepik/tyasindayanti)Ilustrasi Tempe.(Freepik/tyasindayanti)

Ahli Novita Agustina, Ns, M.Kep, Sp.Kep. A melalui situs Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Yankes Kemenkes) menyebutkan segudang nilai gizi yang terdapat dalam seporsi tempe.

Bahan pangan berbahan dasar kedelai yang bisa diolah berbagai macam menu ini ternyata mengandung berbagai macam vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam satu porsi tempe yakni Vitamin A, D, E dan K.

Selain itu, tempe juga menjadi sumber Vitamin B1 (Tiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), asam pantotenat, asam nikotinat (Niasin), Vitamin B6 (Piridoksin), dan Vitamin B12 (Sianokobalamin) yang baik.

Yankes Kemenkes juga menyebutkan bahwa satu porsi tempe bisa mengandung 15 gram protein tiap 84 gram, sehingga tak heran mendapat predikat sumber protein nabati yang baik.

Baca Juga: Jawab Keraguan Celine Evangelista, Pendeta yang Menikahkan Stefan William dan Ria Andrews Ungkap Fakta

Tempe juga bisa memenuhi 12% zat besi dari angka kecukupan gizi (AKG). Disebutkan juga bahwa tempe mudah dicerna, diserap dan dimanfaatkan tubuh.

Keunggulan Tempe Diakui oleh Dunia

Ilustrasi tempe (Pixabay/Bintang_Galaxy).Ilustrasi tempe (Pixabay/Bintang_Galaxy).

Keunggulan tempe sebagai bahan pangan nabati juga diakui oleh dunia. Pasalnya, masyarakat dunia menyambut baik tempe lantaran bisa diolah menjadi beraneka ragam menu sesuai dengan selera tiap kelompok masyarakat.

Artikel kuliner internasional Bonappetit menyebut tempe sebagai bahan pangan yang serbaguna. Jurnalis Lara Lee mencatatkan beranekaragam menu dari tempe yang digandrungi oleh masyarakat dunia.

Beberapa di antaranya yakni salad tempe, taco tempe, hingga steak tempe. Bahkan, masyarakat dunia sudah mulai berinovasi dengan olahan tempe seperti bacon tempe.

Lee menyebut tempe juga disambut baik oleh komunitas vegan dan vegetarian sedunia lantaran bisa menjadi bahan pengganti menu olahan daging.

Masyarakat vegan dan vegetarian di berbagai negara di dunia juga sangat terbantu dengan kandungan protein yang tinggi pada tempe sehingga tak perlu bergantung kepada protein hewani untuk memenuhi kebutuhan harian.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #menguak #keistimewaan #tempe #lauk #kaya #gizi #yang #disinggung #celine #evangelista #sebagai #makanan #orang #miskin

KOMENTAR