Ketakutan Seorang Introvert dan Motivasinya yang Jarang diketahui Banyak Orang
Ilustrasi seorang perempuan sedang duduk dan berdiam diri. (Freepik)
12:06
11 September 2024

Ketakutan Seorang Introvert dan Motivasinya yang Jarang diketahui Banyak Orang

- Introvert merupakan kepribadian orang yang lebih suka menyendiri. Introvert lebih cenderung bersikap tenang, pendiam terutama pada saat berada di kerumunan orang banyak.

Karena kepribadiannya yang tenang menjadikan introvert banyak berfikir berlebihan hingga menjadi ketakutan tersendiri. Berikut beberapa ketakutan yang sering dipikirkan oleh introvert

1. Cemas dengan hal yang belum terjadi

Seorang introvert sering mencemaskan hal yang belum terjadi. Introvert takut akan terjadi hal buruk. Karena terlalu mencemaskan keadaan membuat introvert lebih berhati-hati dalam bertindak.

2. Takut akan pemikiran seseorang terhadap dirinya

Introvert sering kali terlalu memikirkan omongan orang lain. Jika sikap seseorang berubah terhadap dirinya, Introvert langsung berfikiran bahwa orang tersebut ada masalah dengannya. Dengan begitu introvert selalu berusaha bersikap baik kepada semua orang

3. Keramaian menjadi gangguan terbesar

Introvert sangat sensitif akan keramaian Menurut introvert keramaian bisa mengganggu pikirannya serta menguras energinya. Dengan begitu sebisa mungkin introvert lebih memilih tempat yang tenang.

4. Takut jadi pusat perhatian

Introvert sangat enggan menjadi sorotan. Karena introvert sangat takut akan penilaian seseorang terhadap dirinya. Dengan begitu introvert selalu berusaha untuk menutup diri.

5. Memilih diam karena takut salah bicara

Seorang introvert sering kali menyesali akan perkataannya. Sering kali introvert selalu mengingat omongannya terhadap orang lain karena takut setiap perkataan yang dibicarakan membuat orang lain tersinggung. Dengan begitu introvert lebih memilih untuk diam.

---------------

Seringkali introvert selalu berpikir berlebihan. Ketakutan-ketakutan seorang introvert menjadikannya lebih memilih waktu sendiri. Bagi introvert beraktivitas di luar mengeluarkan banyak energi. Setelah kehabisan energi kepribadian introvert akan lebih memilih waktu untuk beristirahat.

Beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi introvert ialah di antaranya faktor genetika. Kepribadian menjadi introvert dapat dilihat sejak usia dini. Introvert merupakan kepribadian yang terbilang kurang bahagia. Karena introvert lebih suka berpikir terlebih dahulu daripada langsung bertindak.

Dimana hal tersebut selalu menjadi beban bagi seorang introvert. Karena takut akan hal buruk yang akan terjadi. Keheningan menjadi momentum bagi seorang introvert. Hal ini menjadikan introvert dapat mengeksplor segala hal yang ingin dilakukannya.

Introvert bisa melakukan apapun jika mempunyai waktu sendiri. Karena tanpa ada orang lain memperhatikannya menjadikan introvert lebih percaya diri. Karena perilaku yang tertutup dengan lingkungan sekitar, Banyak yang beranggapan bahwa introvert merupakan seorang yang pemalu.

Faktanya malu dengan introvert merupakan dua hal yang berbeda. Malu merupakan sebuah indikator emosi sedangkan introvert merupakan kepribadian. Dua hal ini sangat berbeda. Jika orang malu berada pada perkumpulan, yang mereka rasakan ialah canggung, takut, hingga sakit perut.

Seorang introvert tidak menyukai perkumpulan karena memang mereka lebih menyukai hal yang sepi atau tenang serta melakukan suatu hal sendiri. Introvert cenderung mandiri atau independen. Sering melakukan semua sendiri menjadikan introvert memiliki rasa tidak enakan terhadap orang sekitar serta enggan meminta bantuan.

Hal tersebut yang membuat seorang introvert melakukan segala hal dengan sempurna dan memiliki ekspektasi tinggi akan hasil yang dikerjakannya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ketakutan #seorang #introvert #motivasinya #yang #jarang #diketahui #banyak #orang

KOMENTAR