Mendiang Nenek Maarten Paes Ikut Jadi 'Man of the Match' di Laga Indonesia vs Australia, Kok Bisa?
Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes (Instagram/maartenpaes)
10:49
11 September 2024

Mendiang Nenek Maarten Paes Ikut Jadi 'Man of the Match' di Laga Indonesia vs Australia, Kok Bisa?

Maarten Paes menjadi man of the match Timnas Indonesia vs Australia di kualifikasi Piala Dunia 2026. Berkat penampilan cemerlangnya, kiper Timnas Indonesia ini sukses membawa tim asuhan Shin Tae-yong menahan imbang Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024).

Menariknya, masyarakat Indonesia tidak hanya mengelu-elukan kiper kelahiran Belanda itu sebagai pahlawan. Nenek Maarten Paes yang sudah meninggal dunia, Nel Appels-van Heyst, juga dipuji fans Timnas sebagai man of the match pertandingan tersebut.

Hal ini terlihat dari cuitan akun X @/strutsie. Ternyata, akun ini mengucap syukur karena mendiang nenek Paes itu memutuskan untuk melahirkan anaknya di Kediri, Jawa Timur, alih-alih Ukraina.

"Man of the Match: Neneknya Maarten Paes. Makasih karena waktu itu lahirnya di Kediri bukan di Ukraina, beristirahatlah dengan tenang di atas sana nek," tulis akun @/strutsie pada Selasa (11/9/2024).

Baca Juga: Raih 2 Poin, Modal Penting Skuad Garuda saat Tandang ke Bahrain dan China

Nenek Paes memang tidak memiliki darah Indonesia. Namun, ia lahir di Pare, Kediri pada 20 Maret 1940 silam, dan dibesarkan di sana. Nenek Paes pindah ke Indonesia akibat menjadi korban Perang Dunia II.

Di kota itu pula ia memutuskan untuk melahirkan anaknya. Hal itu membuat Paes akhirnya memilih untuk membela Timnas Indonesia dan menjadi pemain naturalisasi.

Paes mengaku begitu dekat dengan sang nenek. Ia juga sangat mengagumi ketegaran neneknya. Apalagi, kata Paes, neneknya juga pernah kehilangan ibu di kamp konsentrasi akibat pembantaian yang dilakukan Jerman dan Hitler.

Peran nenek Paes dalam karier sepak bola cucunya turut mendapatkan pujian dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang mendoakan sang nenek dan buyut Paes.

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes (Instagram/maartenpaes)Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes (Instagram/maartenpaes)

"Nek lihat lah cucu mu itu," tulis warganet dengan emoji cinta.

Baca Juga: Rekap Hasil Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jepang Tegaskan Bakal Jadi Ujian Berat Timnas Indonesia

"Semoga ditempatkan di tempat terbaik di sisi Nya," doa warganet.

"Ya terima kasih ke emaknya neneknya alias buyutnya Paes. Neneknya mana bisa minta lahir di Kediri," celetuk warganet.

"Salut juga sama yang bisa nemuin Paes dan masukin dia ke daftar eligible buat dinaturalisasi. Sedetil itu anjir," puji warganet.

"Makasih buyutnya Paes yang gak pulang mudik dulu buat lahiran neneknya Paes," celetuk warganet.

Sebelum memutuskan naturalisasi, Paes sempat membela timnas Belanda di level junior. Dalam periode 2016-2019, ia mencatatkan penampilan sebanyak 10 kali bersama timnas Belanda U-19, U-20, dan U-21.

Namun Paes belum pernah tampil bersama timnas Belanda senior. Meski demikian, ia sekarang berhasil tampil bersinar bersama timnas Indonesia di level senior. Sementara di level klub, Paes masih membela FC Dallas di Liga Amerika Serikat MLS.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #mendiang #nenek #maarten #paes #ikut #jadi #match #laga #indonesia #australia #bisa

KOMENTAR