Tak Sekedar Jadi Peliharaan, Unggas-unggas ini Bisa Dijadikan Sebagai Penjaga. Ada yang Lebih Galak dari Anjing
Burung Jalak Reo-Reo yang diselundupkan bersama ratusan burung lainnya./Radar Surabaya
20:12
10 September 2024

Tak Sekedar Jadi Peliharaan, Unggas-unggas ini Bisa Dijadikan Sebagai Penjaga. Ada yang Lebih Galak dari Anjing

– Penggunaan hewan sebagai pengganti manusia untuk menjaga keamanan sudah jadi hal yang lumrah. Tak sekedar untuk memenuhi pekarangan atau hobi, hewan-hewan peliharaan bahkan sering kali jadi pilihan yang efektif untuk menjaga rumah.

Bicara hewan penjaga rumah, biasanya anjing adalah hewan yang paling umum digunakan. Tidak hanya setia, tetapi juga memiliki naluri penjaga yang alamiah.

Dengan cara membantu memberikan gonggongan peringatan, mencegah, mengejar bahkan menyerang pelaku kejahatan. Kelebihan ini membuat anjing dianggap paling berpotensi dalam menjaga keamanan.

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata selain anjing, ada beberapa hewan unggas yang tak sekedar bisa jadi peliharaan semata atau diternakan tapi juga dapat diandalkan sebagai penjaga hunian dari marabahaya.

1. Angsa

Siapa yang pernah merasakan dikejar oleh hewan satu ini?. Ternyata angsa tergolong hewan penjaga yang sangat baik. Unggas satu ini memiliki penglihatan yang cukup bagus dalam jarak dekat maupun jauh dibanding manusia. Sehingga sangat memungkinkan angsa untuk mengenali gerakan-gerakan kecil di sekitarnya.

Dikenal juga sebagai hewan yang sangat teritorial dan akan mengusir siapa saja yang mendekat, karena dianggap sebagai ancaman. Sehingga jika ada penyusup yang memasuki wilayahnya, angsa akan mengeluarkan suara keras.

Bahkan bukan hanya suara bising, angsa juga akan mengejar dan menyerang dengan paruhnya pada sesuatu yang dianggapnya bahaya. Hal ini juga dianggap jika angsa memiliki sifat yang tidak kalah galak dari anjing.

Jangan coba menyuap hewan satu ini dengan makanan agar tetap aman, angsa bahkan tetap akan mengeluarkan suara keras sebagai bentuk rasa senangnya. Suara kerasnya itu jadi pertanda bagi pemilik jika ada bahaya atau penyusup yang masuk.

Tidak hanya rumah, menggunakan angsa sebagai hewan penjaga juga telah dilakukan oleh beberapa kantor polisi di beberapa negara. Seperti di penjara di negara bagian Santa Catarina, Brasil.

Sejak tahun 2011 mereka mengganti anjing penjaga dengan angsa. Karena meyakini unggas satu ini tidak hanya unggul pada indera penglihatan tapi juga pendengarannya, yang lebih baik daripada anjing penjaga.

Angsa digunakan untuk mendeteksi suara atau gerakan aneh, misalnya jika ada tahanan yang mencoba melarikan diri.

2. Ayam Mutiara

Sebagian orang menganggap ayam mutiara tidak berbeda jauh dengan jenis ayam hias lainnya. Padahal hewan satu ini sangat efektif sebagai penjaga keamanan.

Sama seperti anjing, ayam mutiara juga memiliki naluri penjaga yang alami. Bahkan jenis ayam ini mampu mendeteksi suara atau gerakan yang tidak biasa di sekitarnya.

Tak cuma angsa, unggas satu ini juga memiliki suara yang khas. Dikenal dengan suaranya yang melengking, dan dapat didengar dari jarak yang cukup jauh. Ini jadi cara efektif sebagai tanda peringatan jika ada bahaya.

Naluri bawaan ini menjadikannya selalu waspada terhadap potensi ancaman. Sehingga jadi alasan tepat menjadikan ayam mutiara sebagai penjaga keamanan.

3. Burung Jalak Suren

Burung biasanya dipelihara karena memiliki kicauan yang indah dan dianggap dapat memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Namun, burung jalak suren banyak dipelihara dengan salah satu alasan yang tak biasa.

Memiliki suara yang cerewet dan punya kepekaan, membuat banyak orang menjadikannya sebagai burung penjaga. Ketika ada orang asing yang datang, jalak suren akan berkicau dengan sangat nyaring dan bervariasi.

Galak dan agresif saat menghadapi orang yang baru dilihatnya jadi ciri khas burung ini, sehingga jadi antisipasi pemilik akan adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi yang berminat menjadikan burung ini sebagai penjaga rumah, sebaiknya pastikan dulu burung jalak suren yang akan dibeli merupakan hasil budidaya atau penangkaran. Hal ini bertujuan untuk menjaga populasinya agar tetap terjaga di alam.

Memilih hewan sebagai penjaga rumah bisa jadi pilihan tepat. Selain tidak perlu mengeluarkan gaji, memelihara hewan juga dapat menemani keseharian di rumah agar tidak bosan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #sekedar #jadi #peliharaan #unggas #unggas #bisa #dijadikan #sebagai #penjaga #yang #lebih #galak #dari #anjing

KOMENTAR