Apa Itu Buta Warna Parsial? Kondisi yang Dialami Rio Dewanto: Sulit Bedakan Beberapa Warna?
Rio Dewanto saat ditemui di Jakarta, Jumat (2/12). [Suara.com/Oke Atmaja]
16:55
7 September 2024

Apa Itu Buta Warna Parsial? Kondisi yang Dialami Rio Dewanto: Sulit Bedakan Beberapa Warna?

Aktor Rio Dewanto mengungkap kondisi mengejutkan tentang dirinya yang mengalami buta warna parsial sejak lahir. Suami Atiqah Hasiholan tersebut mengatakan jika hal ini baru diketahuinya saat ia akan mendaftar kuliah untuk jurusan desain grafis. 

Pada Praz Teguh, Rio Dewanto menceritakan jika dirinya tidak bisa menyelesaikan tes ishihara yang biasa digunakan untuk memeriksa kemampuan mata dalam melihat dan membedakan warna

"Gue buta warna, karena emang dari lahir kan. (Buta warna) parsial," katanya seperti Suara.com kutip pada akun TikTok @/zkragl, Sabtu (7/9/2024).

Bintang film Filosofi Kopi tersebut mengatakan jika dirinya tidak bisa membedakan beberapa warna campuran atau turunan. Namun, untuk warna-warna solid, Rio Dewanto masih bisa membedakannya.

Baca Juga: Cara Menyesuaikan Warna dan Suara Kamera Xiaomi

Sebenarnya, kata Rio Dewanto, beberapa gejalanya sudah ia rasakan sejak kecil. Bahkan ada satu momen di mana ia tak bisa membedakan topi berwarna pink dan putih saat pergi ke sebuah mal untuk membeli topi.

Namun kondisi ini baru diketahui saat dirinya akan mendaftar kuliah di Universitas Trisakti. Mengambil jurusan Desain Grafis, Rio Dewanto diharuskan untuk mengikuti tes ishihara. 

"Gue sempet tes kuliah desain grafis di Trisakti. Nah ada gambar perspektif sama yang kedua tes tes yang dot dot lo ngeliat di dalamnya ada angka atau ada huruf," kisahnya.

Saat itu, ada banyak halaman yang tidak bisa ia kerjakan dari tes tersebut. Menandakan jika dirinya buta warna. Ia pun memeriksakan dirinya ke dokter mata bersama sang ibu.

Dari sanalah diketahui, jika pria 37 tahun tersebut mengalami buta warna parsial. Hal ini pun membuat Rio Dewanto tak bisa melanjutkan mimpinya menjadi desainer grafis.

Baca Juga: Xiaomi Siap Rilis Redmi 14C, Bakal Meluncur dengan 3 Varian Warna Begini?

"Gue enggak bisa ngeliat, banyak halaman yang gua enggak tau. Enggak keliatan di mata gue. Nah setelah itu gua baru ngomong ke nyokap gue terus akhirnya dibawa ke dokter mata dicek oh ya emang buta warna parsial," pungkasnya.

Apa Itu Buta Warna Parsial?

Dikutip Halodoc, buta warna parsial merupakan jenis buta warna yang paling umum dialami. Pengidap buta warna akan memiliki pandangan yang berbeda tentang warna serta tidak dapat membedakan beberapa warna tertentu.

Buta warna parsial biasanya terjadi ketika salah satu anggota keluarga memiliki kelainan pada fotopigmen, yaitu molekul yang bertugas dalam mendeteksi warna dalam sel-sel pada retina.

Selain karena adanya faktor keturunan, buta warna dapat disebabkan oleh paparan zat kimia berbahaya atau cedera fisik pada beberapa area tubuh, seperti mata, saraf penglihatan, bagian otak yang bertugas memproses informasi warna.

Tak hanya itu, katarak dan usia juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami buta warna. Sejak lahir, manusia sudah kenali dengan warna-warna di sekitarnya. Oleh karena itu, sebagian besar pengidap buta warna parsial tidak menyadari jika mereka mengalami gangguan tersebut. 

Untuk mengatasinya, pengidap dapat menggunakan lensa kontak yang dapat membantu membedakan warna. Sedangkan untuk mendiagnosis kondisi ini, dibutuhkan sebuah tes guna memastikan seseorang memang benar mengidap buta warna parsial. 

Buta warna parsial yang diwariskan melalui genetik keluarga tidak dapat disembuhkan, karena tidak mungkin menggantikan sel kerucut pada retina.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #buta #warna #parsial #kondisi #yang #dialami #dewanto #sulit #bedakan #beberapa #warna

KOMENTAR