Jenis dan Fakta Menarik Chili Oil, Salah Satu Bumbu Asia yang Memberikan Kesempurnaan pada Hidangan
Gambar chili oil yang merupakan kondimen khas Tiongkok (immieats.com)
09:12
21 Januari 2024

Jenis dan Fakta Menarik Chili Oil, Salah Satu Bumbu Asia yang Memberikan Kesempurnaan pada Hidangan

- Chili oil atau minyak cabai, merupakan kondimen yang sering dijumpai di restoran-restoran chinese food, untuk menambahkan rasa pedas dan gurih pada makanan.

Selain itu, menambahkan chili oil pada hidangan, akan meningkatkan aroma yang khas pada makanan.

Dilansir dari immieats.com, chili oil terbuat dari minyak apa saja yang telah mendapatkan campuran cabai dan rempah-rempah untuk menambah cita rasa dan aroma.

Pada awalnya, chili oil terkenal di Tiongkok dan semakin populer di seluruh kawasan Asia Timur. Khususnya di Indonesia, chili oil sering hadir di restoran dengan menu makan khas Jepang hingga Tiongkok.

Ternyata, di balik rasa pedas dan aroma yang khas, chili oil memiliki jenis yang beragam dan fakta menarik, berikut jenis dan fakta chili oil.

1. Jenis Chili Oil

Sejak awal kemunculan, banyak orang menciptakan chili oil dengan berbagai jenis, sehingga masing-masing dari jenis chili oil tersebut memiliki rasa yang khas.

2. Chili Oil Klasik

Chili oil jenis ini terbuat dari komposisi cabai dan minyak panas dengan takaran yang sesuai. Hal tersebut berguna untuk memberikan tekstur pada cabai yang setengah matang.

3. Chili Oil Bawang Putih

Chili oil bawang putih merupakan jenis yang cukup populer, sesuai dengan namanya, chili oil yang satu ini memiliki bahan tambahan yaitu bawang putih.

Tambahan bawang putih akan menambah cita rasa chili oil yang tajam, baik dari segi rasa hingga aroma.

4. Sichuan Chili Oil

Pada chili oil jenis ini bukan lagi bawang putih yang ditambahkan, melainkan merica sichuan yang halus dan melalui proses yang sama seperti chili oil klasik.

Dari komposisi yang berbeda, rasa dari jenis chili oil yang satu ini akan memberikan sensasi kesemutan ringan dan sedikit rasa manis dari merica sichuan.

5. Chili Oil Bawang Putih Kering

Chili Oil jenis ini memberikan rasa yang renyah dan gurih dari bawang putih kering. Sehingga, chili oil jenis ini cocok sebagai konsumen di beberapa jenis hidangan.

Fakta Chili Oil

1. Manfaat Kesehatan

Terdapat senyawa capsaicin yang terkandung di dalam chili oil, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam chili oil dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan baik untuk pencernaan.

2. Bertahan Lama

Chili oil dapat bertahan hingga dua bulan setelah melalui proses yang tepat. Misalnya pada saat memasukan chili oil ke tempat penyimpanan, pastikan minyak dalam kondisi dingin.

Selain itu, sebelum masuk ke wadah, dapat menyaring minyak agar dapat terpisah dengan cabai. Gunakan wadah seperti botol kaca yang sudah melalui proses sterilisasi dan pilih tempat sejuk dan kering.

3. Sambal Populer di Dunia

Chili oil yang menjadi kondimen khas Tiongkok ini, menjadi salah satu sambel yang populer dan banyak penggemar di berbagai belahan dunia.

Hal tersebut setara dengan Cajun dari Amerika, Gochujang dari Korea, Peri-Peri dari Afrika, dan Mexican Salsa dari Meksiko.

4. Memiliki Banyak Jenis

Banyaknya jenis chili oil, disebabkan oleh perbedaan jenis minyak yang digunakan di setiap negara. Misalnya di negara asalnya, chili oil menggunakan minyak la jiou you.

Sedangkan di Jepang, menggunakan minyak sayur dan minyak wijen, biasa disebut dengan rayu. Di Meksiko memiliki nama salsa macha dengan bahan-bahan yang beragam, sedangkan di Italia minyak pada chili oil disebut olio di pepperoncino.

5. Bernutrisi

Chili oil memiliki berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya, mulai dari protein, vitamin A, vitamin E, hingga vitamin K, yang memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat membantu membentuk sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, chili oil juga mengandung vitamin C, zat besi, dan baik untuk jantung, karena memiliki kemampuan untuk menjaga sistem kardiovaskular.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #jenis #fakta #menarik #chili #salah #satu #bumbu #asia #yang #memberikan #kesempurnaan #pada #hidangan

KOMENTAR