Komunitas Hindu Turun ke Jalan, Serukan 'Bangladesh Tanah Air Kami, Kami Tak Akan Pergi'
Ilustrasi unjuk rasa di Bangladesh. [Munir UZ ZAMAN / AFP]
11:04
12 Agustus 2024

Komunitas Hindu Turun ke Jalan, Serukan 'Bangladesh Tanah Air Kami, Kami Tak Akan Pergi'

Komunitas Hindu di Bangladesh yang menghabiskan waktu berjam-jam dengan cemas setelah pengunduran diri pemimpin Liga Awami Sheikh Hasina sebagai Perdana Menteri. Mereka pada hari Minggu (10/8) turun ke jalan dalam jumlah besar di kota pelabuhan Chittagong, menuntut keselamatan jiwa, harta benda, dan tempat ibadah mereka sambil menyatakan 'Bangladesh adalah tanah air kami dan kami tidak akan pergi ke mana pun'.

Telah ada laporan tentang kekerasan yang meluas dan terarah terhadap umat Hindu di Bangladesh, dengan masalah tersebut dicatat oleh PBB yang menyerukan pemerintah sementara Bangladesh yang dipimpin oleh Mohammed Yunus untuk melindungi kaum minoritas.

Ekonom pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Yunus, yang dilantik sebagai kepala pemerintahan sementara Bangladesh pada hari Kamis, juga mengutuk serangan terhadap komunitas minoritas, menyebutnya sebagai "kejam".

Dhaka, Bangladesh

"Bukankah mereka rakyat negeri ini? Kalian (para mahasiswa) telah mampu menyelamatkan negeri ini; tidak bisakah kalian menyelamatkan beberapa keluarga? Mereka adalah saudara-saudaraku... kita berjuang bersama, dan kita akan tetap bersama," kata pemenang Hadiah Nobel itu kepada para mahasiswa di sebuah universitas di Bangladesh baru-baru ini.

Baca Juga: Bangladesh Semakin Bahaya, Puluhan Anggota Partai Mantan Sheikh Hasina Tewas di Berbagai Kota

Pada hari Minggu, umat Hindu dan kelompok minoritas lainnya - di bawah naungan 'Bangladesh Hindu, Buddha, Christian Unity Group - melakukan unjuk rasa besar-besaran terhadap dugaan serangan terhadap umat Hindu di Bangladesh setelah Sheikh Hasina mengundurkan diri setelah protes keras pada tanggal 5 Agustus dan meninggalkan negara itu. Umat Hindu di Bangladesh telah menjadi pendukung tradisional partai Liga Awami milik Hasina.

"Tanah kami, ibu kami adalah Bangladesh. Kami tidak akan pernah meninggalkan ibu kami," tulis salah satu plakat yang terlihat selama unjuk rasa.

"Selamatkan Masyarakat Hindu Bangladesh. "Selamatkan Umat Hindu!" seruan lainnya.

Protes hari Minggu itu diikuti oleh banyak orang dari berbagai kelompok minoritas yang dipimpin oleh umat Hindu, kelompok minoritas terkemuka di negara itu.

Para pengunjuk rasa juga mengibarkan bendera nasional Bangladesh bersama dengan bendera berwarna kunyit yang menggambarkan Dewa Ram dengan tulisan 'Jai Shri Ram'.

Baca Juga: Satu WNI Tewas di Bangladesh saat Kerusuhan, KBRI Imbau untuk Waspada

Ia juga mendesak para mahasiswa, yang berada di garis depan protes, untuk melindungi semua keluarga Hindu, Kristen, dan Buddha dari bahaya apa pun.

Umat Hindu yang berunjuk rasa di Chittagong juga mempertanyakan mengapa tempat ibadah mereka diserang.

"Kami butuh jawaban. Mengapa ini terjadi pada kami? Kami ingin hidup damai. "Biarkan kami hidup," demikian bunyi plakat lain di lokasi unjuk rasa.

"Mengapa saudara perempuan dan ibu kami dilecehkan secara fisik," bunyi catatan tulisan tangan lain di atas kardus yang muncul selama 'unjuk rasa menuntut keadilan'.

Sejak 5 Agustus, setidaknya 232 orang dilaporkan tewas dalam berbagai serangan dan konflik di seluruh Bangladesh sementara juga terjadi setidaknya 205 insiden serangan di 52 distrik terhadap kaum minoritas sejak jatuhnya pemerintahan yang dipimpin Sheikh Hasina.

Menurut laporan media, lebih dari 100 umat Hindu dan kaum minoritas lainnya telah terbunuh di seluruh negeri sejak jatuhnya pemerintahan sebelumnya.

Protes Chittagong pada hari Minggu menyaksikan emosi yang meluap-luap dengan kaum minoritas yang mengekspresikan kemarahan, kecemasan, dan kekhawatiran mereka, dengan harapan bahwa pihak berwenang mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi kekhawatiran mereka.

Ironisnya, mengingat kerusuhan saat ini di negara tersebut, plakat 'AMAR SONAR BANGLA' juga ditampilkan selama protes. Diterjemahkan menjadi 'Bengal Emasku', plakat ini merupakan plakat nasional lagu kebangsaan Bangladesh yang ditulis oleh peraih Nobel Rabindranath Tagore yang juga merupakan komposer lagu kebangsaan India.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #komunitas #hindu #turun #jalan #serukan #bangladesh #tanah #kami #kami #akan #pergi

KOMENTAR