Ada Meja Perjamuan dan Hidangan, Warga Thailand Gelar Pesta dan Nobar Film bagi Arwah di Kuburan
Ilustrasi kuburan (Shutterstock).
19:28
23 Juli 2024

Ada Meja Perjamuan dan Hidangan, Warga Thailand Gelar Pesta dan Nobar Film bagi Arwah di Kuburan

Perjamuan hantu yang diadakan di pemakaman dekat Rayong, Thailand pada tanggal 20 Juli, menjadi viral setelah 'sosok bayangan' menakuti pengunjung setempat.

Petugas penyelamat Siam Rayong mengadakan perjamuan di pemakaman Kuil Chag Phak Kud, yang terletak di Nikom Phatthana, Provinsi Rayong.

Pemakaman adalah tempat peristirahatan terakhir bagi 'jiwa yang diklaim dan tidak diklaim', termasuk bayi yang meninggal. Perjamuan tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Asalha Puja, yang dimaksudkan untuk menghormati roh-roh tak dikenal yang bersemayam di kuburan.

Ilustrasi makanan Bakcang atau Bacang. [Ist]Ilustrasi makanan tradisional. [Ist]

Menurut Sanook, pesta tersebut mencakup hidangan gurih dan manis, termasuk ikan bass kukus dengan jeruk nipis, kari hijau dengan mie, seafood tom yum, dan campuran manisan Thailand, serta buah-buahan seperti lengkeng, rambutan, dan semangka.

Baca Juga: Koi Pla, Kudapan Tradisional Mematikan dari Mekong yang Renggut 20.000 Nyawa per Tahun

Meskipun tidak ada orang yang hadir secara fisik, banyak penduduk setempat dilaporkan mengambil gambar sosok bayangan yang menyerupai orang yang sedang duduk di meja.

Pemutaran film, Journey to the West, juga diselenggarakan untuk dinikmati para arwah di malam hari.

Sementara itu, gambar dari pemutaran film terpisah di pemakaman Tiongkok di provinsi Nakhon Ratchasima menjadi viral di media sosial Tiongkok. Pemutaran film tersebut, yang berlangsung antara tanggal 2 hingga 6 Juni dari jam 7 malam hingga tengah malam, menampilkan satu proyektor yang dipasang dan deretan kursi kosong yang diatur untuk para arwah.

Menurut Must Share News, warga Tionghoa Thailand percaya bahwa mengadakan upacara seperti itu, termasuk pemutaran film untuk orang mati, dapat menghibur jiwa yang gelisah dan membantu mereka merasa diingat dan dihormati.

Baca Juga: Cemburu Buta! Pemuda di Bogor Tega Tusuk Kepala Pacar Pakai Pisau Cutter, Korban Banjir Darah di Jalanan

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #meja #perjamuan #hidangan #warga #thailand #gelar #pesta #nobar #film #bagi #arwah #kuburan

KOMENTAR