Protes Melawan Kuota Kerja di Bangladesh Berujung Chaos, Sebabkan 110 Orang Tewas
Pengunjuk rasa anti kuota bentrok dengan mahasiswa pendukung Partai Awami League di Dhaka, Bangladesh pada Selasa (16/7/2024). ANTARA/Mamunur Rashid/Shutterstock.
11:16
21 Juli 2024

Protes Melawan Kuota Kerja di Bangladesh Berujung Chaos, Sebabkan 110 Orang Tewas

Total sudah ada 110 orang tewas pada aksi mahasiswa di Bangladesh yang meminta kuota pekerjaan pemerintah, Sabtu (20/7/2024) waktu setempat.

Saat ini berdasarkan berita yang dimuat NDTV, para Tentara Bangladesh berpatroli di jalan-jalan sepi di ibu kota Dhaka pada hari Sabtu dan memasang penghalang jalan selama jam malam.

Bahkan, Layanan internet dan pesan teks telah dihentikan sejak Kamis, memutus hubungan negara ini dengan dunia luar ketika polisi menindak protes yang terus berlanjut meskipun ada larangan pertemuan publik.

Panggilan telepon luar negeri sebagian besar gagal tersambung, sementara situs web organisasi media yang berbasis di Bangladesh tidak diperbarui dan akun media sosial mereka tetap tidak aktif.

Baca Juga: Guru Sekolah Dituduh Kirim Foto Seksual Eksplisit ke Siswa Remaja, Langsung Ditangkap Polisi

“Menghapuskan negara berpenduduk hampir 170 juta orang dari Internet adalah langkah drastis, yang belum pernah kita lihat sejak revolusi Mesir tahun 2011,” kata John Heidemann, kepala ilmuwan divisi jaringan dan keamanan siber di USC Viterbi’s. Institut Ilmu Informasi, dikutip Minggu (21/7/2024).

Selain korban jiwa, bentrokan tersebut telah melukai ribuan orang, menurut data dari rumah sakit di seluruh Bangladesh. Rumah Sakit Perguruan Tinggi Kedokteran Dhaka menerima 27 jenazah antara jam 5 sore. dan jam 7 malam. (1100-1200 GMT) pada hari Jumat.

Selama lima hari polisi telah menembakkan gas air mata dan melemparkan granat suara untuk membubarkan pengunjuk rasa ketika para demonstran bentrok dengan petugas keamanan, melemparkan batu bata dan membakar kendaraan.

Demonstrasi tersebut yang terbesar sejak Perdana Menteri Sheikh Hasina terpilih kembali untuk masa jabatan keempat berturut-turut tahun ini, juga dipicu oleh tingginya pengangguran di kalangan generasi muda, yang merupakan seperlima dari 170 juta penduduk negara Asia Selatan tersebut.

Ketika jumlah korban tewas meningkat dan polisi serta pasukan keamanan lainnya tidak mampu membendung protes, pemerintahan Hasina memberlakukan jam malam nasional dan mengerahkan militer.

Baca Juga: Jembatan Runtuh dan Banjir Bandang Melanda China, Puluhan Orang Tewas dan Hilang

Jam malam dilonggarkan selama dua jam sejak siang hari pada hari Sabtu untuk memungkinkan orang berbelanja perbekalan dan menyelesaikan tugas-tugas lainnya, saluran televisi melaporkan. Ini akan berlangsung hingga pukul 10 pagi (04.00 GMT) pada hari Minggu, ketika pemerintah akan menilai situasi dan memutuskan tindakan selanjutnya, tambah laporan tersebut.

Mereka yang turun ke jalan diperiksa kartu identitasnya oleh personel militer di berbagai titik pemeriksaan, menurut tayangan TV. Pasukan memasang penghalang jalan dan bunker menggunakan karung pasir di lokasi-lokasi strategis di Dhaka, pusat protes anti-kuota.

Kerusuhan nasional terjadi karena kemarahan mahasiswa terhadap kuota pekerjaan pemerintah yang kontroversial, termasuk 30% untuk keluarga mereka yang memperjuangkan kemerdekaan dari Pakistan.

Pemerintahan Hasina telah menghapus sistem kuota pada tahun 2018, namun pengadilan menerapkannya kembali bulan lalu. Negara bagian tersebut mengajukan banding terhadap pemulihan tersebut dan Mahkamah Agung menangguhkannya selama satu bulan, menunggu sidang pada tanggal 7 Agustus.

Di distrik Narsingdi, Dhaka tengah, pengunjuk rasa menyerbu sebuah penjara pada hari Jumat, membebaskan lebih dari 850 narapidana dan membakar fasilitas tersebut, saluran TV melaporkan, mengutip polisi. Insiden pembakaran yang tersebar juga dilaporkan pada hari Sabtu di beberapa wilayah negara tersebut.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #protes #melawan #kuota #kerja #bangladesh #berujung #chaos #sebabkan #orang #tewas

KOMENTAR