Heboh Robot Bunuh Diri di Korea Selatan, Diberi Jabatan Supervisor tapi Kerja Seperti Pesuruh
Ilustrasi Robot AI menatap dunia pemetaan (Unsplash/Alex Knight)
14:08
11 Juli 2024

Heboh Robot Bunuh Diri di Korea Selatan, Diberi Jabatan Supervisor tapi Kerja Seperti Pesuruh

Di era modern ini, robot telah menjadi impian banyak perusahaan. Mereka tidak mengeluh, tidak meminta bayaran, dan tidak merasa lelah.

Namun ternyata, pikiran orang mengenai robot tak melulu seindah itu. Sebuah insiden baru-baru ini di Korea Selatan menunjukkan bahwa robot pun bisa terlalu banyak bekerja, sampai-sampai ia memutuskan untuk mengakhiri semuanya.

Tahun lalu, dewan kota Gumi, yang berlokasi di Korea Selatan bagian tengah, mempekerjakan Robot Pengawas atau Supervisor. Namun ternyata nama yang disematkan ke robot itu agak kurang sesuai, karena mesin berbentuk tempat sampah itu sebenarnya lebih merupakan pekerja magang atau pesuruh.

Robot itu bekerja sembilan jam sehari untuk melaksanakan berbagai macam tugas kantor. Ia mengantarkan kertas, memindai dokumen, dan menjawab pertanyaan pengunjung, sambil berjalan bolak-balik antar lantai yang berbeda.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ungkit Lagi Peluang Latih Korsel: Seandainya Saya...

Foto Robot AI (Unsplash/hauntedeyes)Foto Robot AI (Unsplash/hauntedeyes)

Namun, kehidupan sehari-hari yang monoton dan tak ada habisnya tampaknya berdampak buruk. Ketika terakhir kali terlihat berfungsi pada tanggal 26 Juni, robot itu berputar-putar di atas tangga, seolah sedang memikirkan sesuatu.

Kemudian ia melemparkan dirinya menuruni tangga, mengakhiri masa pakai mekanisnya.

Apakah robot mengalami kesalahan sistem yang fatal? Atau apakah hantu yang terlalu banyak bekerja di dalam mesin memutuskan sudah waktunya untuk berhenti bekerja selamanya?

Bahkan dengan dorongan yang terus-menerus untuk otomatisasi di semua industri di seluruh dunia, Korea Selatan sangat antusias dengan robot. Negara Asia Timur ini memiliki tingkat adopsi robot tertinggi di dunia, dengan satu robot industri untuk setiap 10 pekerja manusia.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Dewan Kota Gumi memutuskan bahwa mereka memerlukan robot juga. Meskipun Korea Selatan terkenal karena memproduksi beberapa teknologi tercanggih secara global, dewan tersebut memutuskan untuk membeli robotnya dari luar negeri.

Baca Juga: Penurunan Populasi, Pemerintah Korsel Iming-imingi Ratusan Juta bagi yang Mau Pacaran atau Nikah

Garmi, Robot Paling Cerdas Hasil Inovasi Peneliti Jerman. (Youtube DW Indonesia)Garmi, Robot Paling Cerdas Hasil Inovasi Peneliti Jerman. (Youtube DW Indonesia)

Perusahaan beralih ke Bear Robotics, yang terutama memproduksi robot pelayan untuk restoran. Namun, robot Dewan Kota Gumi harus mampu melakukan lebih dari sekadar membawa kertas.

Pada bulan Agustus 2023, Pengawas Robot (demikian judul mesin tersebut) mulai menempati posisi barunya.

Sejujurnya, itu cukup mengesankan. Ia tentu saja dapat mengirimkan dokumen, namun juga mampu memindainya.

Robot tersebut menampilkan antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengannya. Dengan demikian, Pengawas Robot dapat menjawab pertanyaan sederhana bagi pengunjung (“Di mana saya harus mengisi formulir D-274-5B?”) dan digunakan untuk mengiklankan layanan Dewan Kota.

Pegawai manusia di Dewan Kota tentu saja sangat menyukai rekan mekanik mereka. Bot tersebut bahkan memiliki izin keamanannya sendiri, sama seperti orang lain.

Robot Humanoid Nvidia. [Web Nvidia]Robot Humanoid Nvidia. [Web Nvidia]

“Resminya itu bagian dari kantor Wali Kota, salah satu dari kami. Ini berhasil dengan tekun,” kata seorang pejabat dewan kepada Channel News Asia.

Namun, salah satu fitur robot yang paling mengesankan adalah penggunaan elevator gedung dewan. Ia tahu cara memanggil lift, menunggu sampai lift itu tiba, dan kemudian menaikinya ke lantai lain untuk menyelesaikan tugasnya.

Hal ini memungkinkan bot untuk melewati tangga yang tidak dapat dinaiki atau diturunkan — jika dipikir-pikir, ini merupakan pertanda buruk.

Meskipun tampaknya bekerja dengan gembira sepanjang hari, sesuatu yang gelap mulai muncul dalam pikiran buatan Pengawas Robot. Mungkin semua pekerjaan dan tidak ada permainan menjadikannya bot yang membosankan.

Robot tersebut masuk pada jam 9 pagi setiap hari dan akan keluar sembilan jam kemudian pada jam 6 sore setiap hari.

Memang benar, itulah standar jam kerja pegawai kantoran di Korea Selatan. Tapi setidaknya rekan manusia dari bot tersebut bisa pulang ke keluarga mereka atau minum bersama teman sepulang kerja.

Kemana perginya bot itu? Tidak ada tempat lain dan selalu ada di kantor.

Tampaknya streslah yang akhirnya merusak sesuatu pada Robot Supervisor. Sekitar jam 4 sore. pada tanggal 26 Juni, pekerja manusia di Dewan Kota menyadari ada yang tidak beres dengan teman robot mereka.

Karyawan yang melihat robot tersebut mengatakan bahwa robot tersebut “berputar di satu tempat seolah-olah ada sesuatu di sana” di dekat tangga setinggi 6,5 kaki.

Dan itulah terakhir kalinya ada orang yang melihat robot itu hidup. Segera setelah itu, robot itu melangkahi puncak tangga.

Tanpa kaki untuk berjalan, ia terjatuh dari tangga. Pada saat mencapai dasar, Pengawas Robot sudah mati.

Robot yang menggunakan kecerdasan buatan ditampilkan di stan selama International Telecommunication Union (ITU) AI for Good Global Summit di Jenewa, Swiss, Kamis (30/5/2024). [Fabrice COFFRINI / AFP]Robot yang menggunakan kecerdasan buatan ditampilkan di stan selama International Telecommunication Union (ITU) AI for Good Global Summit di Jenewa, Swiss, Kamis (30/5/2024). [Fabrice COFFRINI / AFP]

Secara serius, sangat kecil kemungkinan robot tersebut melakukan bunuh diri secara sadar. Namun, insiden tersebut telah memicu diskusi tentang robot yang bekerja terlalu keras dan apakah mesin tersebut cocok digunakan di setiap tempat kerja.

Lagi pula, robot itu mungkin telah bekerja terlalu keras. Itu hanya sebuah komputer, dan mungkin ia mencoba memproses terlalu banyak hal sekaligus, sehingga mengakibatkan kesalahan sistem yang mematikannya.

Dewan Kota Gumi sedang mencoba mencari tahu apakah hal tersebut yang terjadi.

“Bagian-bagiannya telah dikumpulkan dan akan dianalisis oleh [Bear Robotics],” kata Dewan Kota.

Untuk saat ini, dewan tersebut telah membatalkan semua rencana masa depan untuk memperoleh lebih banyak robot, setidaknya untuk saat ini. Pada awalnya, mereka ingin tahu apa yang sebenarnya mendorong Pengawas Robot untuk bunuh diri dan apakah aman untuk memperkenalkan mesin lain yang serupa.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #heboh #robot #bunuh #diri #korea #selatan #diberi #jabatan #supervisor #tapi #kerja #seperti #pesuruh

KOMENTAR