Umat Kristen Demo Bela Palestina Menuntut Gencatan Senjata di Gaza, Ditangkap Polisi di Capitol Hill
AKSI BELA PALESTINA- Aksi Bela Palestina dilakukan oleh ratusan umat Kriten di Capitol Hill, namun aksi mereka untuk menuntut Gencatan Senjata di Gaza itu dihentikan, dan mereka ditangkap polisi AS. Melansir Al Jazeera, pengunjuk rasa Kristen yang bernyanyi untuk gencatan senjata Gaza di Kongres AS ditangkap. Sekitar 150 orang ditangkap setelah melakukan protes duduk di dalam Kongres AS yang menyerukan gencatan senjata di Gaza. 
20:50
18 Januari 2024

Umat Kristen Demo Bela Palestina Menuntut Gencatan Senjata di Gaza, Ditangkap Polisi di Capitol Hill

Aksi Bela Palestina dilakukan oleh ratusan umat Kriten di Capitol Hill, namun aksi mereka untuk menuntut Gencatan Senjata di Gaza itu dihentikan, dan mereka ditangkap polisi AS.

Melansir Al Jazeera, pengunjuk rasa Kristen yang bernyanyi untuk gencatan senjata Gaza di Kongres AS ditangkap. Sekitar 150 orang ditangkap setelah melakukan protes duduk di dalam Kongres AS yang menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Anggota kelompok Mennonite Action menyanyikan lagu dan himne yang menyerukan perdamaian dan keadilan untuk warga Gaza.

Melansir Washington Post, sekitar 130 Mennonite yang menyerukan gencatan senjata di Gaza, ditangkap di Capitol Hill. Sekitar 130 demonstran ditangkap pada Selasa di Capitol Hill dalam aksi duduk yang diselenggarakan oleh kelompok Mennonite yang menyerukan gencatan senjata di Gaza, kata polisi dan penyelenggara protes.

Video yang beredar di media sosial oleh kelompok bernama Mennonite Action menunjukkan pengunjuk rasa ditangkap di Gedung Kantor Cannon House saat mereka menyanyikan himne atau meneriakkan “Gencatan senjata!”, “Biarkan Gaza hidup!”, "Kirim Makanan bukan Kirim Bom".

Situs web penyelenggara protes, Mennonite Action, menyerukan “gencatan senjata permanen, pembebasan semua sandera, dan diakhirinya pendudukan Palestina.”

“Mennonite Action adalah gerakan Mennonite yang terikat oleh keyakinan bersama bahwa kita mempunyai tanggung jawab untuk menggunakan suara kita sekuat mungkin demi perdamaian dan keadilan,” kata situs tersebut.

“Kami tahu bahwa apa yang terjadi saat ini di Israel dan Palestina merupakan hal yang tragis dan belum pernah terjadi sebelumnya. Kami memanfaatkan sejarah Mennonite kami dalam menentang perang, dan dalam memberikan bantuan dan bantuan kepada Palestina dan Timur Tengah.”

Dalam pernyataannya, Kepolisian Capitol AS mengatakan sekelompok orang secara sah memasuki Gedung Kantor Cannon House setelah mereka melalui pemeriksaan. Sekitar 130 orang ditangkap dan didakwa melakukan “kerumunan, menghalangi, atau tidak nyaman” berdasarkan Kode D.C., menurut badan tersebut.

“Demonstrasi tidak diperbolehkan di dalam Gedung Kongres, jadi ketika mereka mulai melakukan protes dan menolak berhenti, kami mulai menangkap mereka,” kata pernyataan itu.


Menentang Kekerasan dalam Segala Bentuknya

Jonathan Brenneman, juru bicara Mennonite Action, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Mennonite adalah bagian dari “gereja perdamaian bersejarah” yang menentang kekerasan dalam segala bentuknya. Dia mengatakan sekitar 150 pengunjuk rasa ditangkap di dalam gedung, dan ada juga 200 pengunjuk rasa di luar gedung.

Kelompok ini telah mengadakan 40 aksi di kantor pembuat kebijakan sejak kekerasan terjadi di Gaza, menurut Brenneman. Karena banyak Mennonite yang tinggal di daerah pedesaan, mereka mewakili “sebagian besar masyarakat,” katanya.

“Sebagai umat Kristiani yang melihat kaum nasionalis Kristen memperjuangkan genosida Israel, kami merasa terdorong untuk berbicara dengan jelas sebagai umat Kristiani,” katanya. “Untuk menuntut gencatan senjata. Menuntut diakhirinya pendanaan militer AS terhadap militer Israel. Menyerukan pembebasan semua sandera – Israel dan Palestina – dan diakhirinya pendudukan.”

Ini bukan pertama kalinya protes yang menyerukan gencatan senjata di Gaza berakhir dengan penangkapan di gedung Cannon. Pada bulan Oktober, sekitar 300 pengunjuk rasa Yahudi ditangkap di tempat yang sama.

(Sumber: Al Jazeera, Washinton Post)

Tag:  #umat #kristen #demo #bela #palestina #menuntut #gencatan #senjata #gaza #ditangkap #polisi #capitol #hill

KOMENTAR