Menlu India Datangi Pimpinan Iran: Hentikan Serangan ke Gaza Satu-satunya Solusi untuk Menjaga Kestabilan
Menlu India bertemu Presiden Iran. (Tehran Times)
15:45
16 Januari 2024

Menlu India Datangi Pimpinan Iran: Hentikan Serangan ke Gaza Satu-satunya Solusi untuk Menjaga Kestabilan

Minggu (15/1), Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar bertamu kepada pimpinan Iran di Teheran, Iran.

Diplomat terkemuka India itu disambut rekannya dari Iran, Hossein Amir Abdollahian, dilanjutkan dengan duduk bersama Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Dilansir dari Teheran Times, Selasa (16/1), sebagian besar diskusi antara menteri luar negeri India dan pejabat Iran berpusat pada masalah Laut Merah. Meskipun berbagai isu ekonomi, politik, dan diplomatik, dibahas, para analis yakin bahwa sebagian besar diskusi antara menteri luar negeri India dan Iran membahas masalah lalu lintas dagang internasional tersebut.

Menurut laporan, Jaishankar dikatakan telah menyampaikan pesan dari Amerika ke Iran. Yakni mendesak Teheran memanfaatkan pengaruh untuk membantu menghentikan serangan Yaman terhadap kapal-kapal Israel.

Dalam beberapa pekan terakhir, angkatan bersenjata Yaman telah memulai serangan terhadap kapal-kapal milik atau ditujukan untuk Israel di wilayah perairan negara tersebut. Gerakan Ansarullah yang populer di Yaman telah mengklarifikasi bahwa tindakan itu merupakan bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza, yang dibantai dan tidak diberikan makanan, air, dan obat-obatan, menghadapi pengeboman Israel di wilayah kantong pesisir tersebut.

Pekan lalu, alih-alih mendesak rezim Israel menghentikan pelanggaran hak asasi manusia yang sedang berlangsung, Amerika Serikat dan Inggris memilih melakukan serangan udara di wilayah Yaman, untuk mendukung Israel.

Selain itu, baik Washington maupun London menuduh Iran mendalangi serangan Yaman terhadap kapal-kapal tujuan Israel.

Iran dengan keras membantah tuduhan-tuduhan itu dan menekankan bahwa meskipun Sana’a mempertahankan aliansi dengan Iran, Sana’a tetap menjaga independensi dalam merumuskan pendapat, mengambil keputusan, dan mengambil tindakan.

Sepanjang diskusi dengan Jaishankar, para pejabat Iran tampaknya menegaskan kembali posisi mereka mengenai peristiwa di Laut Merah.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jaishankar, Presiden Iran Raisi menggarisbawahi akar permasalahan dari situasi yang tidak menentu saat ini di Asia Barat.

Raisi menegaskan, penghentian serangan terhadap Gaza, hukuman terhadap rezim Zionis, dan realisasi hak-hak rakyat Palestina adalah satu-satunya solusi untuk mengembalikan stabilitas dan keamanan di kawasan tersebut. Pengepungan di wilayah itu serta penegakan hak-hak rakyat Palestina merupakan hal yang sangatlah penting dalam prosesnya.

Dalam konferensi pers bersama di Teheran, menteri luar negeri Iran mengecam kemunafikan Amerika, dengan mengatakan bahwa Washington tidak dapat berpartisipasi bersama Israel dalam membunuh rakyat Gaza dan memulai perang dan ketegangan baru di Laut Merah. Pada saat yang sama, meminta semua pihak dan negara-negara di kawasan untuk menahan diri dan mencegah penyebaran perang.

Diplomat top Iran itu juga mengatakan bahwa, dalam perjalanan dua minggu lalu, salah satu pejabat tinggi Sana'a meyakinkan bahwa mereka tidak akan mengganggu keamanan maritim.

”Namun, selama perang dan genosida di Gaza terus berlanjut, mereka akan bertindak untuk menghalangi jalan masuknya Gaza. kapal-kapal rezim Israel, serta kapal-kapal yang menuju ke pelabuhan-pelabuhan Israel,” ujar pejabat tinggi Sana'a kepada diplomat top Iran tersebut.

Menlu Iran itu juga menasihati Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken untuk tidak mengaitkan keamanan dan kepentingan nasional negara dengan nasib Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang sedang terpuruk.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #menlu #india #datangi #pimpinan #iran #hentikan #serangan #gaza #satu #satunya #solusi #untuk #menjaga #kestabilan

KOMENTAR