Ikuti Langkah Italia, Singapura Tak Ambil Bagian Serangan Militer Pimpinan AS ke Houthi di Yaman
Rudal AS menyerang sasaran di Yaman terkait dengan Milisi Houthi. Serangan yang dipimpin Amerika Serikat ini terjadi sebagai respons terhadap lebih dari dua lusin serangan drone dan rudal Houthi terhadap kapal komersial menuju Israel di Laut Merah sejak perang Israel-Hamas dimulai. 
08:30
14 Januari 2024

Ikuti Langkah Italia, Singapura Tak Ambil Bagian Serangan Militer Pimpinan AS ke Houthi di Yaman

Pemerintah Singapura mengonfirmasi pihaknya tidak akan terlibat dalam serangan militer pimpinan Amerika Serikat (AS) yang menargetkan kelompok bersenjata Houthi di Yaman.

Kementerian Pertahanan Singapura lebih memilih menyumbangkan personel untuk Operation Prosperity Guardian (OPG), sebuah upaya di bawah lingkup Satuan Tugas Gabungan 153 Pasukan Maritim Multinasional Keamanan Maritim Laut Merah.

“Singapura akan berpartisipasi dalam operasi tersebut dengan mengerahkan tim perencana untuk bekerja dengan mitra internasional di kantor pusat mereka untuk merumuskan rencana,” kata Ng Eng Hen, Menteri Pertahanan Singapura.

“OPG tidak ada hubungannya dengan serangan militer terhadap Houthi,” sambungnya.

Selain itu, Singapura juga akan mengirimkan tim dari Pusat Penggabungan Informasi Angkatan Laut untuk mendukung pertukaran informasi dan penjangkauan keterlibatan kepada komunitas pelayaran komersial, serta perwakilan nasional senior untuk Pasukan Maritim Gabungan (CMF) di Bahrain.

Italia Tolak Gabung Koalisi AS untuk Serang Houthi

Sebelumnya, Italia telah menolak bergabung dengan koalisi yang dimotori Amerika Serikat (AS) dan Inggris untuk menghajar kelompok bersenjata Houthi di Yaman yang selama ini dianggap sudah mengganggu kepentingan mereka di Laut Merah.

Sebuah sumber mengatakan Italia akan lebih memilih strategi yang “menenangkan” di Laut Merah.

Sumber yang tidak disebutkan namanya itu juga mengatakan bahwa Pemerintah Italia memerlukan dukungan parlemen untuk mengambil bagian dalam tindakan militer apa pun, sehingga persetujuan cepat tidak mungkin dilakukan.

Awal pekan ini Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto mendesak Houthi untuk menghentikan serangan terhadap kapal komersial di Laut Merah.

“Serangan Houthi harus segera dihentikan agar tidak mengganggu aktivitas pelayaran di Laut Merah,” kata Croseetto.

Editor: Seno Tri Sulistiyono

Tag:  #ikuti #langkah #italia #singapura #ambil #bagian #serangan #militer #pimpinan #houthi #yaman

KOMENTAR