Donald Trump Nyatakan Dukungan untuk Israel: Selesaikan Masalahnya
Mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump, bersama putranya Eric (kiri) dan Donald (kanan), berbicara di pesta jaga selama kaukus kepresidenan Partai Republik Iowa tahun 2024 di Des Moines, Iowa, pada 15 Januari 2024. 
07:40
7 Maret 2024

Donald Trump Nyatakan Dukungan untuk Israel: Selesaikan Masalahnya

Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, menyatakan dukungannya terhadap Israel dalam perang di Gaza.

Donald Trump menyampaikan komentarnya yang paling eksplisit mengenai pertempuran tersebut.

“Ya,” jawab Trump dalam wawancara di Fox News ketika ditanya saat apakah dia berada di kubu Israel.

Pewawancara kemudian bertanya apakah mantan presiden tersebut setuju dengan cara Israel melancarkan serangannya di Gaza.

“Anda harus menyelesaikan masalahnya,” jawab Trump.

Donald Trump memang telah menjadi pendukung kuat Israel sepanjang karier politiknya.

Ia bahkan pernah melanggar konsensus AS dan internasional dengan memindahkan kedutaan besar AS untuk Israel ke Yerusalem dan mengakui klaim Israel atas Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki secara ilegal.

Tekanan internasional terhadap AS meningkat, mendesak negara tersebut untuk mengekang Israel karena sudah lebih dari 30.000 warga Palestina tewas dalam perang.

Mantan Presiden Donald Trump turun dari pesawatnya saat tiba di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, Kamis, 24 Agustus 2023, di Atlanta. Trump menuju ke Penjara Fulton County. (AP Photo/Alex Brandon) Mantan Presiden Donald Trump turun dari pesawatnya saat tiba di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, Kamis, 24 Agustus 2023, di Atlanta. Trump menuju ke Penjara Fulton County. (AP Photo/Alex Brandon) (AP/Alex Brandon)

Presiden Joe Biden, yang akan bersaing dengan Trump pada Pilpres bulan November mendatang, semakin mendapat kecaman baik dari dunia internasional maupun dari basis Demokratnya.

Biden juga terus mendukung Israel meski jumlah korban tewas di Gaza melonjak dan momok kelaparan semakin membayangi.

Kelompok Palestina Hamas menyerang Israel selatan pada 7 Oktober, mengakibatkan sekitar 1.160 kematian, menurut angka Israel.

Serangan Israel di Jalur Gaza telah menewaskan 30.534 orang, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang terkepung.

Gerakan protes di AS mendesak para pemilih untuk "menghukum" Biden di tempat pemungutan suara atas dukungannya terhadap Israel.

Lebih dari 100.000 orang di Michigan memilih "tidak berkomitmen" ketimbang memberikan suara mereka untuk Biden dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di negara bagian AS pekan lalu.

Ketika kondisi memburuk, Israel menghadapi teguran yang semakin tajam dari sekutu utamanya, Amerika Serikat.

Wakil Presiden Kamala Harris menyatakan keprihatinan mendalam mengenai kondisi kemanusiaan di Gaza selama pembicaraan di Washington pada hari Senin dengan anggota kabinet perang Israel Benny Gantz.

Washington telah meningkatkan tekanan pada sekutunya Israel agar berbuat lebih banyak untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

PBB memperingatkan bahwa seperempat dari 2,3 juta orang di wilayah tersebut berada di ambang kelaparan.

Update Perang Israel-Hamas

Setidaknya 30.717 warga Palestina telah tewas dan 72.156 luka-luka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober, mengutip Aljazeera.

Jumlah korban tewas di Israel akibat serangan Hamas 7 Oktober mencapai 1.139 orang.

Seruan untuk memperbolehkan lebih banyak bantuan ke Jalur Gaza semakin keras ketika para pejabat kesehatan melaporkan total 20 orang kini telah meninggal karena kekurangan gizi dan dehidrasi.

“Kami yakin belasan orang meninggal secara diam-diam akibat kelaparan tanpa sampai ke rumah sakit,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qudra dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Afrika Selatan meminta tindakan tambahan, perintah gencatan senjata segera dari Mahkamah Internasional untuk mencegah kelaparan skala penuh di Gaza.

Serangan terhadap kapal kargo yang diklaim Houthi, menyebabkan kematian pertama sejak kelompok tersebut memulai serangan terhadap kapal-kapal Laut Merah sebagai tanggapan terhadap perang Israel di Gaza.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #donald #trump #nyatakan #dukungan #untuk #israel #selesaikan #masalahnya

KOMENTAR